No icon

Menakar Waktu Sholat Subuh

Menakar Waktu Sholat Subuh

Sholat adalah ibadah fardhu terjadwal yang sudah ditetapkan syariat. Karena itu, amat penting ketepatan waktu kapan dimulai dan berakhirnya shalat yang dijalankan setiap hari, termasuk sholat Subuh.

Rektor Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Prof Dr Huzaemah T Yanggo MA menjelaskan, tentu tidak sah jika sholat sebelum masuk waktunya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah an-Nisa ayat 103, "…Tegakkanlah sholat (karena) sesungguhnya sholat itu atas orang yang beriman (kepada Allah) adalah suatu ketetapan yang ditentukan waktunya ...."

"Alquran bilang begitu, sesuai dengan waktunya, waktunya tertentu. Kalau ada perbedaan pendapat, tentu kita mengambil mana pendapat terkuat," tutur dia.

Menurut Huzaemah, tidak masalah jika memundurkan waktu sholat sekitar lima menit untuk menjaga kehati-hatian sekaligus untuk menghilangkan perbedaan pendapat terkait penetapan waktu sholat.

"Bisa dibilang dimundurkan sedikit, sedikit saja, jangan banyak-banyak juga. Kalau sampai 1 jam, tidak benar juga. Orang-orang yang azan di masjid kita itu kan selalu 5 menit lebih lambat dari waktu yang ditentukan karena mungkin untuk menjaga kehati-hatian untuk menghilangkan perbedaan pendapat," kata dia.

Terlepas dari hal itu, Huzaemah mengatakan, bagi setiap Muslim sudah seharusnya mengikuti apa yang telah ditentukan oleh ahli ilmu falak dalam hal ketetapan waktu

Telah tayang di https://republika.co.id/berita/qm14x5483/menakar-waktu-sholat-subuh Senin 28 Dec 2020 10:12 WIB

Comment