No icon

Pelaksanaan Pemira Online IIQ Jakarta Gunakan Metode E-voting

Pelaksanaan Pemira Online IIQ Jakarta Gunakan Metode E-voting

Ada yang berbeda dari Pemira IIQ Jakarta tahun ini, jika sebelumnya Pemira dilaksanakan secara langsung, di tahun ini disaat pandemi masih mewabah Kampus IIQ Jakarta memutuskan untuk tetap melaksanakan Pemira namun, dilaksanakan secara online dengan metode e-voting. Pemira online ini dipersiapkan lebih matang. Pasalnya, pelaksanaan E-voting ini merupakan pemira perdana dalam sejarah IIQ Jakarta.

Pesta Demokrasi IIQ Jakarta baru saja dimulai, Tepat tanggal 20 Maret 2021 telah diadakan pemilihan Pimpinan Sema IIQ, Presiden Dema IIQ, dan Presiden Dema Fakuktas. Nadya selaku ketua panitia pelaksana menuturkan setelah dialog interaktif yang dilaksanakan pada 7 Maret 2021 agenda dilanjutkan dengan kampanye yang dilaksanakan pada 8-14 Maret 2021 lalu. Dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 21 Maret 2021.

Menurut Nadya selaku Ketua Panitia Pemira, Pemira online memiliki beberapa kelebihan salah satunya, mahasiswi tidak perlu datang langsung ke tempat tempat pemungutan suara karena mereka bisa mudah mengakses dan memilih lewat handphone. Selain itu, proses pemilihan dengan metode e-voting ini adalah langkah untuk mengefisien dan mengefektifkan proses pemira, perhitungan suara yang cepat dan lebih akurat serta tersistem dengan baik, metode e-voting ini juga akan lebih meminimalisir jumlah kesalahan dan akan lebih aman dari berbagai permasalahan dibanding dengan metode coblos.

Nadya juga mengungkapkan Panitia Pemira menemukan beberapa kendala dari Pemira online ini, salah satunya kurangnya eksistensi pemira di masa online. Nadya menuturkan beberapa waktu lalu panitia menerima kritik dan saran dari mahasiswa, yang mana mereka menanyakan soal keeksitensian pemira dan memberikan saran kepada panitia untuk terus meluaskan informasi pemira serta terus mengajak seluruh mahasiswi IIQ Jakarta untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Adanya apresiasi dari mahasiswi ini justru memberikan dampak positif bagi panitia yaitu manambah semangat panitia untuk mengeksistensikan kegiatan pemira online ini. Karena Pemira dengan menggunakan metode e-voting ini pertama kali dilaksanakan IIQ Jakarta panitia perlu ektra beradaptasi dengan kegiatan pemira yang dilakukan secara online. (Mst)

Comment