No icon

Kabar Baik, Sejumlah Mahasiswi dan Alumni IIQ Jakarta Menang MTQ Lagi, Rifdah Farnida Juara 1 Cabang

Kabar Baik, Sejumlah Mahasiswi dan Alumni IIQ Jakarta Menang MTQ Lagi, Rifdah Farnida Juara 1 Cabang 30 Juz

Sejumlah mahasiswi dan alumni Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta kembali meraih juara dalam kegiatan Musabaqah Hafalan Al-Quran dan Hadits (MHQH) Amir Sultan bin Abdul Aziz Alu Su'ud Tingkat Nasional ke-13 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama bekerja sama dengan Kedutaan Besar Arab Saudi. Acara ini dibuka oleh Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Essam Abid Althagafi, di Jakarta, Senin (22/3/2021).

Diantara sejumlah mahasiswi dan alumni IIQ Jakarta tersebut adalah Rifdah Farnida yang berhasil menyabet juara 1 pada lomba hafalan Al-Quran cabang 30 Juz. Nama Rifda Farnida mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, alumni IIQ Jakarta pemilik hafalan mutqin ini sebelumnya pernah viral karena berhasil mengharumkan nama Indonesia di Kancah International. Pada waktu itu Gubernur DKI Jakarta Bapak Anis Baswedan memberikan apresiasi yang tinggi untuknya, kemudian Rifda beserta keluarganya mendapat hadiah 5 kursi haji secara gratis dari Ulama Makkah. Saat ini, Rifdah mengabdi sebagai instruktur tahfizh dan dosen muda di IIQ Jakarta.

Selain Rifda, menyusul tiga nama lainnya yaitu Indana Zulfa yang berhasil meraih juara 3 MTQ pada cabang 30 Juz, beliau adalah mahasiswi semester 2 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

Kemudian mencuat nama Fatihah Azzahra, mahasiswa dengan prodi yang sama mendapat juara 3 pada cabang 10 Juz. Dan juga Fitriani alumni IIQ Jakarta yang berhasil meraih juara 3 pada Cabang MHQ 20 Juz. Untaian syukur dan bangga diucapkan oleh teman-teman di IIQ Jakarta melalui laman media sosial miliknya. Sebagai penghargaan atas prestasi yang luar biasa, semua peserta yang berhasil dalam musabaqah ini mendapat hadiah puluhan juta rupiah.

Kegiatan tahunan MHQH Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su’ud tingkat nasional 2021 ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, dan berlangsung selama empat hari yaitu pada tanggal 22-25 Maret 2021. Adapun cabang yang dilombakan terdiri atas hafalan 30 juz, 20 juz, 15 juz, dan 10 juz untuk putra dan putri. Sedangkan hafalan hadits hanya untuk putra dengan menghafal Kitab Hadits Umdatul Ahkam.

Dilansir dari website resmi Kementerian Agama, tercatat sebanyak 250 Hafiz dan Hafizah dari 34 provinsi di Indonesia yang mengikuti lima cabang perlombaan MHQH ke-13 ini. Mereka adalah hafiz Al-Qur'an dan Hadits terbaik dari berbagai daerah yang diutus oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi dan Pondok Pesantren,

. Selamat kepada para pemenang.

Comment