No icon

Evaluasi Pembelajaran Dosen Fakultas Tarbiyah, Berharap Dosen Implementasikan Tridarma Pendidikan Ti

Fakultas Tarbiyah IIQ Adakan Evaluasi Pembelajaran Dosen, Harapkan Para Dosen Implementasikan Tridarma Pendidikan Tinggi

Senin, 04 Januari 2021, fakultas tarbiyah IIQ Jakarta melaksanakan kegiatan evaluasi pembelajaran dosen semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kegiatan evaluasi ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap awal semester, sebelum kagiatan pembelajaran dimulai.

Kegiatan evaluasi ini dihadiri oleh Warek 1 bidang  akademik yaitu Ibu Dr. Nadjematul Faizah, S.H, M.Hum, dekan Fakultas tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd Kaprodi Pendidikan Agama Islam Ibu Reksiana MA.Pd, Kaprodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Ibu Hasanah, M.Pd yang sekaligus menjadi moderator kegiatan ini, dan seluruh dosen fakultas tarbiyah yang mengajar pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Dan tak lupa para staf akademik fakultas tarbiyah IIQ Jakarta. Adapun aganda yang dibahas selain evaluasi dosen terkait pembelajaran, juga membahas dua aspek dalam tridarma pendidikan tinggi yakni penelitian dan pengabdian masyarakat, serta sosialisasi tentang pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II secara daring.

Pada kesempatan ini warek 1 membuka agenda evaluasi ini dengan memberikan arahan jika para dosen diharapkan benar-benar dapat mengimplementasikan tridarma pendidikan tinggi. Hal ini mengingat nanti para dosen harus mengejar kepangakatan jabatan fungsional dengan tidak hanya melakukan pengajaran di dalam kelas saja, namun juga harus melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu, mengingat prodi PAI akan sebentar lagi re-akreditasi pada tahun 2021 ini. Selanjutnya, dekan fakultas tarbiyah memberikan sambutan sekaligus memberikan waktu untuk para dosen untuk menjelaskan bagaimana pengalaman dan kendala dalam mengajar pada semester ganjil kemarin tahun akademik 2020/2021. Hal ini dimulai dari komentar dan sharing dari para dosen PAI dan berlanjut dengan dosen prodi PIAUD.

Berlanjut dengan dekan fakultas tarbiyah dan para kaprodi secara bergantian memberikan arahan dan penjelasan terkait bagaimana kondisi dari masing-masing prodi. Dekan fakultas tarbiyah menjalaskan visi-misi dari fakultas tarbiyah dan visi-misi prodi PAI dan Prodi PIAUD dan mengarahkan dosen untuk benar-benar melaksanakan evaluasi pembelajaran nanti untuk semester genap tahun akademim 2020/2021. Kemudian Kaprodi PAI menambahkan bagaimana para dosen harus dapat melakukan penelitian berbasis pembelajaran di kelas, dan menyosialisasikan Standard Operating Procedure (SOP) tentang pelaksanaan kegiatan PLP II yang nanti akan dilaksanakan secara daring.

Kaprodi PIAUD turut memberikan tambahan terkait bagaimana pembelajaran daring dan menyontohkan dosen fakultas tarbiyah yang telah melakukan pembelajaran daring dengan menggunakan berbagai aplikasi seperti Quiziz untuk UTS dan UAS. Aplikasi ini dapat digunakan oleh dosen kepada mahasiswa agar kegiatan UTS dan UAS menjadi lebih interaktif. Tandas ibu dari 3 anak ini.

Banyak hal yang telah dibahas dalam agenda evalusi dosen semester ganjil tahun akademik 2020/2021, dan sekaligus agenda ini menjadi wadah silaturahmi dosen dan pimpinan fakultas, serta sebagai bahan untuk persiapan mengajar pada semester genap 2020/2021. Tentunya juga supaya dosen lebih memiliki kesiapan diri dan materi dalam mengajar di dalam kelas. Semoga dengan adanya kegaitan rutin ini akan menambah semangat para dosen dan membuat kegiatan  belajar dan mengajar fakultas tarbiyah dapat mencapai target dan tujuan pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah. Sehingga output fakultas tarbiyah sesuai dengan visi-misi IIQ , fakultas tarbiyah dan prodi. (R.S)

 

Comment