No icon

Workshop Online, Desain Kurikulum Program Studi PIAUD berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Workshop Online, Desain Kurikulum Program Studi PIAUD berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Saat ini PPS PIAUD Indonesia terlihat begitu eksis, mulai dari mengadakan webinar nasional dan internasional dan menyelenggarakan kegiatan online yang bermanfaat untuk peningkatan SDM dan akreditasi program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Kegiatan terbaru kali ini merupakan realisasi dari bidang I yaitu bidang pendidikan (inovasi pembelajaran dan kurikulum), yaitu workshop online “Desain Kurikulum pada Program Studi PIAUD berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka”

Tujuan diadakannya workshop online ini adalah diharapkan prodi PIAUD berkembang, aktif dan dinamis. Program studi PIAUD dapat terlihat update dalam pengembangan kurikulum. Ketua Umum PPS PIAUD Indonesia menyampaikan dalam sambutannya bahwa penyusunan kerangka kurikulum harus menyiapkan perangkat, CPL, BoK, bahan kajian dan sudah menetapkan mata kuliah dan besaran SKS. Perangkat tersebut tadi merupakan acuan dari desain kurikulum. Konsep belajar merdeka berciri khas memberikan keleluasaan untuk mengambil mata kuliah di dalam kampus maupun diluar kampus. Implementasi kampus merdeka, tidak dirugikan secara akademis dan teknis. Mahasiswa bisa mengambil mata kuliah Kita belajar bagaimana cara berkomunikasi, belajar bagaimana ilmu psikologi anak, belajar bagaimana kesehatan anak..bisa mengambil SKS dari prodi yang berbeda.

Kegiatan ini dilakukan dari tanggal 21-24 Desember 2020. Hari pertama dan kedua sesi sharing knowlaege berupa presentasi dari para pakar kurikulum. Hari pertama terdapat 3 narasumber, Dr. Munifah Bahfen, M.Pd dan Dr.Sigit Purnama, M.Ag dan Dr. Diah Andika Sari, M.Pd.. Hari berikutnya diisi oleh Bunda (Cand) Dr. Maulidya Ulfah dan bunda Laili Ramadhani. Dua hari berikutnya adalah penyelesaian tugas pembuatan konsep kurikulum merdeka prodi PIAUD dan RPS salah satu mata kuliah keprodian. IIQ Jakarta mendelegasikan semua dosen tetap PIAUD untuk mengikuti workshop ini. kegiatan ini sangat bermanfaat untuk seluruh Prodi PIAUD di Indonesia pada umumnya dan PIAUD IIQ pada khususnya.

 

Comment