No icon

Rapat Kerja dan Anggaran Tahun Akademik 2020/2021 IIQ Jakarta di Lakukan Virtual Selama Dua Hari Bah

Rapat Kerja dan Anggaran Tahun Akademik 2020/2021 IIQ Jakarta di Lakukan Virtual Selama Dua Hari Bahas Rencana Strategi dan Kontrak Kerja

Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta telah menyelenggarakan Rapat Rencana Kerja dan Anggaran Tahun akademik 2020/2021 yang dilakukan selama dua hari pada awal tahun 2021 dari Sabtu (02/01/2021) hingga Minggu (03/01/2022). Dengan mengusung tema “Akselerasi Pencapaian Target Kerja IIQ Jakara Tahun 2021 di Tengah Pandemi Covid-19”, Kegiatan yang diadakan secara virtual melalui kanal zoom meeting ini mengundang seluruh tenaga kependidikan IIQ Jakarta.

Semua pihak berarti tidak ada yang dikecualikan dan termasuk di dalamnya Pimpinan IIQ Jakarta seperti Rektor, Wakil Rektor, Perwakilan Anggota Senat, serta seluruh jajaran termasuk para Dekan Fakultas, Ketua Prodi, Ketua Lembaga, Pengasuh Pesantren Takhassus IIQ serta Direktur Program Pascasarjana dan jajaran di bawahnya. Juga hadir seluruh staff lembaga-lembaga dan seluruh unit kerja yang ada di lingkungan IIQ Jakarta.

Rektor IIQ Jakarta, Prof. Dr. Hj. Huzaemah Tahido Yanggo, MA. menyampaikan dalam sambutannya bahwa rapat kerja yang terlaksana selama dua hari ini bertujuan untuk membahas rencana strategi dari tingkat fakultas hingga dari tiap-tiap lembaga dan menyepakati kontrak kinerja selama satu tahun ke depan untuk kepentingan IIQ Jakarta yang lebih maju. Selain untuk meningkatkan mutu pengelolaan perguruan tinggi, upaya ini juga dilakukan untuk penyelarasan terhadap standar pengelolan perguruan tinggi yang baik sebagaimana ditentukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Dalam Rapat Kerja ini, kita berharap dapat menghasilkan program-program yang searah dengan Rencana Operasional IIQ Jakarta dan Renstra IIQ Jakarta guna untuk mencapai renstra tersebut. Sedangkan Unit Kerja diharapkan dapat memunculkan rencana kegiatan, ukuran kinerja dan target-target untuk realisasi dari program yang digariskan oleh Pimpinan IIQ Jakarta, sehingga dengan demikian aspek top-down dan bottom-up dapat tercapai dengan baik.” Pungkasnya.

Lebih lanjut, Prof. Huzaemah mengatakan bahwa meskipun selama ini kemajuan IIQ telah tertib dan terkendali dengan berbagai program dan pembenahan yang digalakkan namun diharapkan kemajuan tersebut justru harus memacu untuk meningkatkan lagi segala sesuatunya sehingga semua pihak puas terhadap hasil-hasil yang harus kita capai.

“Sistem penyusunan RKAT IIQ harus dibangun dengan akuntabilitas yang baik, sehingga salah satu misi IIQ Jakarta ”Melaksanakan tata kelola Institusi yang baik (good governance)” dapat dicapai dengan cepat. Kemajuan-kemajuan IIQ selama ini dengan berbagai program yang mencakup keuangan, personil, logistik dan program-program pembenahan lainnya telah membawa IIQ menjadi lebih tertib dan terkendali lebih baik. Hal ini juga telah membawa IIQ kepada efesiensi dan efektivitas program yang lebih terukur. Tetapi kemajuan-kemajuan tersebut justru harus memacu kita semua untuk meningkatkan lagi segala sesuatunya sehingga semua pihak puas terhadap hasil-hasil yang harus kita capai. Semua pihak berarti tidak ada yang dikecualikan.”Ujarnya.

Pada hari pertama kegiatan ini dilanjutkan dengan pengarahan program kerja untuk mencapai visi, misi dan tujuan serta Renstra IIQ Jakarta dan pemaparan acuan program kerja yang searah dengan standar BAN-PT. selain itu, penyampain Rencana Kerja dan Anggaran Bagian Akademik, Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, juga penyampaian rencana anggaran kerja dari masing-masing fakultas S1 dan S2.

Kemudian hari kedua yang dimulai pada pukul 10.00 WIB agenda diisi dengan pemaparan program kerja dari masing-masing lembaga seperti penyampaian Rencana Kerja dan Anggaran dari lembaga LPPI, LPKM, LTQQ, LKTQ, Perpustakaan, UPT, Pesantren Takhassus IIQ Jakarta, Bagian AUK, dan LPM. Semua unit merumuskan program kerja terbaiknya untuk kemajuan IIQ Jakarta ke depan.

Banyak sekali tanggapan, saran dan usulan yang disampaikan oleh anggota rapat. Diantara hasil keputusan akhir dalam rapat tersebut adalah perlunya menentukan program-program skala prioritas, rutinitas dan incidental. Pentingnya road map penelitian dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD), perlunya memusatkan pendanaan penelitian di LPPI, perlunya mengembangkan dan meningkatkan peran lembaga-lembaga yang ada di IIQ Jakarta, perlunya menindaklanjuti perjanjian kerjasama (MoU), perlunya mengupayakan kemudahan akses perpustakaan, menambahkan konten tracer study untuk mengetahui kiprah alumni, dan melakukan pengadaan intercom serta memberikan informasi dan peluang-peluang beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu.

Agenda rapat yang dipimpin oleh Dr. H. M. Dawud Arif Khan, S.E.,Ak.,M.Si.,CPA yang menjabat sebagai Warek II, Bidang Administrasi Umum dan Keuangan IIQ Jakarta ini dihadiri oleh 68 anggota. Dalam penutupan kegiatan RKAT tahun 2021, Rektor IIQ Jakarta menilai program-program kerja dalam raker ini sudah bagus dan akan melihat mana kebutuhan mendesak yang akan diprioritaskan. Semoga semua terlaksana dengan baik. (FP)


 

Comment