No icon

Rapat Perdana Persiapan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2021, Panitia Lakukan Persiapan Maksimal

Tanggal 16 Februari 2021 pukul 14.00 – 17.00, panitia PMB mengadakan Rapat Perdana Persiapan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan melakukan persiapan yang maksimal. Rapat tersebut dihadiri oleh 42 peserta, yang terdiri dari jajaran wakil rektor, para dekan, para ketua lembaga, para kaprodi, staf, juga pengurus pesantren melalui zoom meeting. Acara diawali dengan arahan dari Wakil Rektor I bidang Akademik, yaitu Dr. Nadjematul Faizah, M.Hum dengan memberikan motivasi kepada panitia untuk berperan aktif dalam mengemban amanah yang diberikan. Dilanjutkan dengan sambutan Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan, Dr. Romlah Widayati, MA, beliau mengarahkan tentang teknis ujian tes lisan dan memberikan rekomendasi evaluasi untuk pelaksanaan teknis ujian ditahun ini dan sambutan dan arahan terakhir disampaikan oleh Dr. Dawud Arif Khan, SE, M.Si, Ak, CPA membahas tentang program beasiswa seperti beasiswa tahfiz, beasiswa prestasi, beasiswa kurang mampu, dan penawaran beasiswa lainnya.

Arah pembahasan rapat seputar penetapan format ujian, kuota setiap fakultas, pembahasan job description panitia, strategi perbaikan dari rekomendasi panitia PMB tahun 2020/2021, strategi promosi. Untuk format ujian disepakati bahwa akan menggunakan format yang sama dengan tahun lalu, yaitu dengan mengirimkan portofolio, mengirimkan video bacaan Al-Qur’an juga wawancara seputar pengetahuan dan wawasan kebangsaan.

Ada 9 dokumen portofolio yang harus dilengkapi seperti KTP calon mahasiswa, Foto diri, ijazah, nilai rapot, KK dan lain sebagainya. Selanjutnya calon mahasiswa harus mengirimkan video berupa bacaan Al-Qur’an seputar juz 1-5 dan mengklarifikasi video tersebut di sesi tes lisan berupa wawancara. Sejumlah materi yang ditanyakan dalam wawancara yaitu pengetahuan keagamaan, wawasan kebangsaan dan motivasi kuliah. Pembahasan kedua mengenai kuota mahasiswa dari masing-masing fakultas. Strategi promosi juga dibahas,  diantara promosi yang dilakukan berupa pemberian beasiswa, memaksimalkan iklan di facebook, IG dan sosmed lainnya, membuat konten video kreatif dan lain sebagainya. Setelah berdiskusi panjang akhirnya rapat ditutup dengan doa. Alhamdulillahi robbil alamin. (Hs)

 

Comment