Sambutan Ketua Yayasan IIQ di Acara Wisuda S1 XIV dan S2 VII IIQ Jakarta

Yth. Bapak Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia;

Yth. Bapak Menteri Agama Republik Indonesia/ atau yang mewakili;

Yth. Bapak Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia;

Yth. Bapak Prof. Dr. Ahmad Mubarak, MA.;

Yth. Bapak Gubernur Provinsi DKI Jakarta/ atau yang mewakili;

Yth. Ibu Gubernur Provinsi Banten/ atau yang mewakili;

Yth. Ibu Walikota Tangerang Selatan/ atau yang mewakili;

Yth. Bapak H.R.S. Museno, SH. Selaku ketua Pembina Yayasan IIQ;

Yth. Bapak/Ibu para Pengurus Yayasan IIQ;

Yth. Bapak/Ibu para Pengurus Dewan Penyantun IIQ ;

Yth. Bapak Rektor beserta para Pimpinan dan seluruh Civitas  Akademika IIQ;

Yth.  Para Guru Besar,  Anggota Senat,  Dosen,  Undangan  dan Wali Wisudawan-Wisudawati;

Dan yang saya banggakan, para Wisudawan-Wisudawati, yang saat ini sedang berbahagia;

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Puji Syukur kehadirat Allah Subehaanahu Wata’aala, karena berkat karunia dan ridho-Nya,  sehingga pada hari ini kita dapat menyaksikan acara Wisuda Sarjana ke-14 Program Strata Satu dan ke-7 Program Pascasarjana Strata Dua Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta.

Solawat  teriring salam senantiasa kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi agung Muhammad Shollallaahu ‘Alaihi Wasallam,  beserta kepada para keluarga, sahabat dan pengikutnya sampai dengan akhir zaman. Amiin. Yaa, Rabbal ‘Aalamiin.

Bapak, Ibu, Hadirin  dan Hadirat yang kami hormati !

Sebagaimana tadi telah disebutkan bapak Rektor, bahwa IIQ Jakarta adalah Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Swasta yang konsen dalam bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an dan mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk menghafal Al-Qur’an.

Secara lebih khusus, IIQ berkonsentrasi untuk mencetak kader-kader ulama perempuan yang menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu, sejak berdiri pada tahun 1977 hingga saat ini, Program Strata Satu IIQ, dikhususkan untuk perempuan.

Seiring berjalannya waktu dan tuntutan perkembangan pendidikan, maka IIQ membuka Program Pascasarjana Strata Dua yang mahasiswanya tidak hanya perempuan tetapi juga laki-laki. Itulah sebabnya, pada acara wisuda hari ini kita dapat menyaksikan, bahwa wisudawan IIQ terdiri dari perempuan dan juga laki-laki. Dengan demikian diharapkan, secara menyeluruh, alumni IIQ mampu memberikan pencerahan ilmu-ilmu Al-Qur’an bagi seluruh lapisan generasi anak  bangsa Indonesia.

Bapak, Ibu, Hadirin  dan Hadirat yang kami hormati !

Setelah mencermati dengan seksama laporan yang disampaikan oleh bapak Rektor, maka kami selaku pengurus Yayasan IIQ berharap,  kiranya segala apa yang telah dirintis oleh para pimpinan IIQ, baik terkait dengan penguatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan manajemen, pengembangan program unggulan sebagai kekhususan IIQ, maupun kerjasamanya dengan berbagai pihak, pemerintah maupun swasta, dalam maupun luar negeri, kedepan harus terus ditingkatkan, sehingga dapat membawa lembaga tercinta ini menjadi lebih baik dan lebih maju sesuai dengan harapan dan cita-cita kita semua. Upaya-upaya tersebut tiada lain adalah untuk mewujudkan visi dan misi didirikannya IIQ, yang secara terus-menerus harus kita perjuangkan dan dipertahankan eksistensinya. Tentunya, setiap langkah dan upaya pengembangan IIQ ke depan, haruslah berpegang pada prinsip “mempertahankan apa yang sudah ada yang masih relevan dan baik, dan mengambil yang baru yang relevan dan lebih baik”.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, kami mengajak kepada seluruh pihak yang selama ini sudah berpartisipasi untuk memajukan IIQ, sebagaimana yang tadi sudah disebutkan oleh Bapak Rektor, hendaknya dapat meningkatkan partisipasi tersebut. Dan kepada yang belum, kami membuka kesempatan untuk bapak-bapak dan ibu-ibu, mari bergabung bersama kami di Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta. 

Kepada seluruh alumni  IIQ Jakarta,  tanpa terkecuali,  kami harapkan semuanya dapat mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh sesuai dengan kelulusan saudara-saudara saat ini, untuk menjadi cahaya yang tiada pudar bagi kebutuhan masyarakat, bangsa, dan agama.

Bapak Menteri, para Guru Besar dan tamu undangan yang kami muliakan!

Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan, Selanjutnya, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Bapak Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Bapak Gubernur DKI Jakarta, dan Bapak Prof. Dr. Ahmad Mubarak, MA atas kehadirannya di acara wisuda ini. Kami berharap, semoga kerjasama ini dapat terjalin secara berkelanjutan. Sebab bagaimanapun IIQ sangat membutuhkan dukungan dari Bapak-Bapak semua.

Dan secara khusus, atas nama Pengurus dan Keluarga Besar Yayasan IIQ Jakarta, kami merasa ikut bergembira dan bersyukur atas keberhasilan saudara-saudara sekalian, yang sekaligus merupakan keberhasilan bapak-bapak dan ibu-ibu orang tua, dan wali wisudawan-wisudawati.

Untuk itu,  kami mengucapkan “Selamat bersukacita”, semoga Allah Subhaanahu Wata’aala, senantiasa membimbing,  memberikan pertolongan dan ridha-Nya kepada kita semua. Amiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Jakarta, 15 September 2012   

KETUA UMUM YAYASAN IIQ JAKARTA

HJ. HARWINI JOESEOF

Artikel Terkait

  • Sambutan Menakertrans Pada Wisuda S1 XIV dan S2 VII IIQ Jakarta
  • Sambutan Gubernur DKI Jakarta dalam Wisuda S1 XIV dan S2 VII IIQ Jakarta 2012
  • Laporan Rektor Dalam Acara Wisuda S-1 XIV dan S-2 VII Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta
  • Sambutan Rektor di Acara Wisuda S1 XV dan S2 VIII IIQ Jakarta
  • Sambutan Ketua Umum Yayasan IIQ pada Acara Wisuda S1 XVI, S2 IX dan Dies Natalis ke-38 IIQ Jakarta