Sambutan Rektor di Acara Wisuda S1 XV dan S2 VIII IIQ Jakarta

Bissmillahiramanirahim. Assalâmu’alaikum Wr. Wb.

Ibu Ketua Umum Yayasan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta yang terhormat. Seluruh Jajaran Pengurus Yayasan IIQ Jakarta yang terhormat. Bapak Menteri Agama RI. Bapak Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal RI. Bapak Dirjen Pendis Kemenag RI yang diwakili oleh Direktur Diktis. Bapak Kepala Biro Pendidikan Spiritual DKI Jakarta. Bapak KH. Ma’ruf Amin yang dimuliakan Allah SWT. Dewan Pembina IIQ Jakarta yang terhormat. Dewan Penyantun IIQ Jakarta yang terhormat. Ketua Umum dan Jajaran Pengurus Yayasan IIQ Jakarta yang terhormat.

Wisudawan-Wisudawati, para undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia.

Alhamdulillahi rabbil ‘âlamin, was shalâtu was salâmu ‘ala asyrafil anbiyâ’i wal mursalîn wa ‘ala alihî wa shahbihî ajma’în. Dalam kesempatan yang berbahagia ini ada beberapa hal yang perlu kami laporkan bahwa, jumlah sarjana yang diwisuda tahun ini adalah sebanyak 214 mahasiswa dengan rincian; Fak. Usuluddin  26 mahasiswa, Fak. Syariah 34 mahasiswa, Fak. Tarbiyah 77 mahasiswa dan Program Pascasarjana sebanyak 77 mahasiswa.

Wisudawan-wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Perlu diketahui bahwa IIQ adalah satu-satunya lembaga Pendidikan Tinggi Islam Swasta di Indonesia yang secara khusus mendidik kaum perempuan dan concern dalam bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an, khususnya dalam pendalaman dan pengembangan ilmu nagham, tahfizh, tafsir, rasm dan qira’at Al-Qur’an. Inilah dimensi keunggulan dan distingsi IIQ di tengah beragamnya PTAI di negeri ini.

Dengan segala keterbatasan dana dan sarana yang dimiliki, IIQ telah, sedang dan akan terus memberikan sumbangsih riil terhadap bangsa dan negara, terutama dalam melahirkan sarjana-sarjana perempuan yang hafal Al-Qur’an. Terhitung sejak berdirinya pada tahun 1977 hingga saat ini, IIQ telah banyak mengukir prestasi, antara lain:

Pertama, keberhasilan IIQ dalam menghasilkan alumni-alumni berkualitas dan mampu berkiprah di tengah masyarakat. Kedua, keberhasilan IIQ menjadikan dirinya sebagai salah satu lembaga di barisan terdepan dalam melestarikan ilmu-ilmu Al-Qur’an di tanah air, baik melalui kiikutsertaan dosen dan mahasiswa IIQ dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), baik tingkat nasional maupun internasional. Ketiga, keberhasilan IIQ dalam mengembangkan program pendidikan, dengan membuka program pascasarjana (S2), dan program-program unggulan (center of excellence), serta membangun networking, baik dalam maupun luar negeri, baik melalui kunjungan-kunjungan ilmiah dan juga kerjasama-kerjasama antar perguruan tinggi. Keempat: keberhasilan IIQ Jakarta mengeluarkan beberapa produk unggulan: Al-Qur’an Digital Pen yang meraih penghargaan MURI pada tahun 2010 dan Mushaf Maqamât yang meraih penghargaan MURI pada tahun 2013.

Wisudawan-wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

IIQ Jakarta dari masa ke masa terus berusaha untuk melakukan pembenahan diri, baik pada sisi akademik, pengabdian masyarakat, manajemen maupun sarana dan prasarana. Dari proses perbaikan tersebut, beberapa capaian yang diperoleh antara lain adalah:

Dalam bidang Akademik, Alhamdulillah Fak. Tarbiyah berhasil meraih nilai A dalam akreditasi, Fak. Syari’ah dan Ushuluddin berhasil meraih nilai B. Sementara Program Magister Ilmu Agama Islam juga sudah berhasil diakreditasi BAN-PT. Sekarang IIQ juga sedang berbenah diri menuju akreditasi institute.

Sekarang ini, dosen tetap IIQ  yang sudah terserftitifikasi Kementerian Agama RI ada 13 dosen. Beberapa dosen juga berhasil mengikuti Short Course yang diselenggarakan Kemenag RI, baik Short Course dalam negeri seperti short course filologi, PAR, gender, metodologi penelitian  atau luar negeri melalui kegiatan ARFI tahun 2012 dan Program Pendidikan Pos Doktoral (POSFI) tahun 2013. Pada tahun akademik 2011/2012 IIQ sudah memberlakukan kurikulum yang sudah disempurnakan pada workshop tahun 2010 lalu. Sekarang ini juga IIQ Jakarta sedang berbenah agar menjadi Perguruan Tinggi yang sesuai dengan PDPT (Program Data Base Perguruan Tinggi) yang dicanangkan pemerintah.

Untuk menunjang proses belajar mengajar, IIQ juga dilengkapi dengan berbagai perangkat teknologi modern. Di antaranya: Area kampus yang free internet dan hot spot, dilengkapi dengan website kampus (www.iiq.ac.id) dan website pesantren takhasussus IIQ (www.pesantreniiq.or.id). Ini sungguh sangat membantu menyebarkan informasi kegiatan-kegiatan IIQ, baik di kalangan internal maupun masyarakat umum. Juga Buletin KABAR IIQ yang dikelola Lembaga Pers Mahasiswa juga sangat membantu penyebaran informasi terkait IIQ, baik di kalangan mahasiswa, dosen maupun masyarakat pada umumnya. Sekarang ini baik S1 maupun S2 IIQ, telah menerapkan sistem pendaftaran online. Dengan sistem pendaftaran online ini, pendaftaran, pengisian kartu rencana studi dan kartu hasil studi atau nilai hasil studi bisa diakses oleh mahasiswa pascasarjana secara online

Dan menyadari tantangan ke depan adalah tantangan globalisasi, selain dibekali dengan berbagai ilmu ke al-Qur’an-an, mahasiswi-mahasiswi juga diberdayakan kemampuan bahasanya melalui Lembaga Bahasa IIQ. Di lembaga bahasa ini mahasiswa ditingkatkan kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggrisnya. Upaya peningkatan bahasa Arab dilakukan di antaranya dengan kursus bahasa Arab, pembinaan baca kitab kuning metode Amtsilati dan pengiriman mahasiswa untuk belajar intensif di Darul Lughah Pamekasan . Upaya peningkatan kemampuan bahasa Inggris dilakukan di antaranya dengan membentuk English Club (English Fun).

Selain lembaga bahasa, IIQ Jakarta juga memiliki lembaga-lembaga yang mendukung peningkatan mutu mahasiswa dalam belajar; yaitu: LTTQ (Lembaga Tahfizh dan Tafsiral-Qur’an) memiliki program utama pembinaan tahfizh, program yang menjadi ciri keunggulan IIQ; LTPM (Lembaga Tilawah dan Pengabdian Masyarakat); LPPI (Lembaga Penelitian dan Pengkajian Ilmiah); LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) dan PSW (Pusat Studi Wanita) serta Pesantren Takhassus IIQ. Di Pesantren Takhassus ini, selain ada pembinaan tahfizh al-Qur’an­ juga diselenggarakan Dawrah Maqra’ Qira’ât Sab’ah.

Untuk meningkatkan mutu akademik,  selain menyelenggerakan kuliah regular, IIQ juga menyelenggarakan kuliah-kuliah umum dan seminar-seminar ilmiah, baik nasional maupun internasional. Diantaranya adalah kuliah umum dalam bidang Tafsir al-Qur’an dengan Prof.Dr.Quraish Shihab pada 2011; Kuliah Umum dengan Syeikh Dr.Fadhil, cucu Syeikh Abdul Qodir Jaelani,dalam rangka bedah tafsir al-Jelani,pada tahun 2011. Dan akhir-akhir ini IIQ menyelenggarakan beberapa kuliah umum dan seminar berikut:  Kuliah Umum Fakultas Ushuluddin tentang belajar al-Qur’an di era digital dengan Dr.Luthfi Fathullah MA pada November 2013; Kuliah Umum Fakultas Syariah bersama Dr. Syafi’i Antonio pada Desember 2013;  Seminar Sehari dengan Syeikh Sa’id Jeddah pada Desember 2013; Seminar sehari dengan Syaikh Syaikh Abu Hasan Ahmadi Sakhrati  Iran di Februari 2014; Seminar Sehari “Tabayyun Beberapa Persoalan Keagamaan” kerjasama IIQ Jakarta dengan STID Gontor, pada Februari 2014; Seminar Internasional tentang Studi al-Qur’an dengan menghadirkan dosen Cairo University, Dr.Ali Mabruk, April 2014. Disamping itu juga, mahasiswi-mahasiswi IIQ, dibekali dengan berbagai pelatihan.

Selain itu IIQ Jakarta sering kali menerima kunjungan Ilmiah dari perguruan tinggi, akademisi atau pihak-pihak yang konsen dengan al-Qur’an, baik dari dalam negeri maupun dalam negeri. Yang akhir-akhir ini di antaranya: Kunjungan Institut al-Qur’an (IQ) Trengganu Malaysia pada April 2013. Kunjungan kehormatan dari peneliti asing, anggota OSLO Coalition, Nelly Van Doorn pada Mei 2013; Kunjungan silaturahmi ilmiah al-Hai’ah al-Âlamiyah li Tahfîzh al-Qur’ân Mamlakah Sa’udi Arabiyah Oktober 2013; Kunjungan silaturahmi pengusaha Jeddah, Syeikh Sa’id pada Desember 2014; Kunjungan silraturahmi dari komunitas pengusaha muslim Cina, Januari 2014 dan Kunjungan silaturahmi kepala devisi kebudayaan kedutaan besar Iran, pada Januari 2014.

Selain dikunjungi, IIQ Jakarta juga melakukan kunjungan dan lawatan-lawatan ilmiah. Di antaranya: Lawatan Internasional Rektor IIQ Jakarta, 5 Maret 2013, ke Hongkong, di Komunitas TKI  Hongkong; Lawatan Internasional Rektor IIQ Jakarta, 26-30 Maret 2013 ke Arab Saudi, atas undangan Imam Ibnu Sa’ud al-Islamiyah, menghadiri seminar internasional dengan tema”Peranan Dialog dalam Menciptakan Perdmaian; Lawatan Internasional Rektor IIQ Jakarta ke Bahrain, 27-30 April 2013, menghadiri acara mu’tamar internasional tentang “Pengajaran al-Qur’an pada masa Nabi” yang diselenggarakan Lembaga Tahfizh Internasional di Jeddah Saudi Arabiah; Lawatan Internasional Rektor IIQ Jakarta ke Jeddah,8 Mei 2013, menghadiri undangan. Dan pada tahun 2014, Rektor IIQ juga mengadakan lawatan ilmiah ke Jâm’iah ‘Ulûm al-Qur’ân dan Jâmi’ah Ifriqiyyah al-Âlamiyah di Sudan dan menghadiri undangan mu’tamar al-Hai’ah al-Alamiyah li Tahfizh al-Qur’an di Jeddah. Beberapa dosen IIQ juga, untuk kepentingan peningkatan diri dan lembaga IIQ juga melakukan beberapa lawatan ilmiah ke luar negeri, ke Mesir, Maroko, Hongkong, Jepang dan Australia.

Sementara itu, mahasiswi-mahasiswi IIQ tercatat sebagai mahasiswi yang mengukir prestasi membanggakan, khususnya di perhelatan MTQ, baik tingkat nasional dan internasional.  Di antara prestasi mahasiswi IIQ adalah: Juara I tahfizh 30 juz pada MTQ Internasional Libya tahun 2006; Juara I tahfizh 30 juz pada MTQ Internasional Libya tahun 2007; Juara III tahfizh 20 juz pada MTQ Internasional di Jordania tahun 2007; Juara II tilawah pada MTQ Internasional Thailand tahun 2011; Juara I  tahfizh 10 juz dan tafsir bahasa Arab pada MTQ Internasional di Brunei; Juara II tilawah pada MTQ Internasional di Malaysia tahun 2012; Juara III tilawah pada MTQ Internasional di Maroko pada tahun 2013. Dan pada ajang MTQ-MTQ nasional, mahasiswi-mahasiswi dan juga kerap kali meraih prestasi gemilang.

Bidang Pengabdian pada Masyarakat, pada2012, 2013 dan tahun-tahun sebelumnya IIQ melalui program KKL, menempatkan mahasiswi di kelurahan-kelurahan di beberapa kecamatan di wilayah DKI  Jakarta. Pada tahun Maret-April 2014, IIQ Jakarta melaksanakan program KKL dengan menempatkan mahasiswa di tiga kecamatan: Kecamatan Cipayung, Pasar Rebo dan Ciracas di wilayah Jakarta Timur. Melalui program-program KKL yang diselenggarakan setiap tahun di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya ini, selain bermanfaat sebagai kegiatan pengabdian IIQ kepada masyarakat juga sebagai media penjaringan bibit-bibit unggul MTQ, guna mendukung kesuskesan DKI dalam perhelatan MTQ.  

Bidang Penelitian, Alhamdulillah, hingga sekarang ini beberapa penelitian dan penerbitan telah berhasil di laksanakan.. Pada tahun 2010 yang lalu IIQ Jakarta mendapatkan hibah penelitian Tematik Terpadu dengan tema besar “Qira’at Nafi’ riwayat Qalun”. Pada tahun-tahun selanjutnya beberapa dosen IIQ mendapatkan dana penelitian dan atau penerbitan dari kementerian Agama RI. Selain itu, untuk pengembangan kelimuan,  IIQ juga mendorong para dosen dan civitas akademika yang ada, untuk melakukan penelitian melalui program penelitian yang didanai oleh IIQ sendiri.

Selain itu, kegiatan ilmiah di IIQ juga, ditunjang dengan diterbitkannya beberapa jurnal ilmiah; Jurnal Nida al-Qur’an jurnal di tingkat institute; jurnal Mizan jurnal faultas Syari’ah; jurnal al-Fanâr jurnal fakultas Ushuluddin, jurnal Qiro’ah jurnal fakultas Tarbiyah dan jurnal Misykat jurnal Pascasarjana

Melalui program center of excellence, yang merupakan program mutliyears, dilakukan beberapa tahun secara berkseniambungan, IIQ berhasil meraih penghargaan MURI dua kali: Untuk Al-Quran Digital Pen dengan sistem sensor dan untuk profuk Mushaf Maqamât. IIQ juga memproduk  dan CD-CD nagham dan qira’at Al-Qur’an.

Beberapa buku juga berhasil diterbitkan, seperti buku tentang Qira’at, baik yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Arab (Mamba’ul Barokah fi Sab’ al-Qira’ah).

Wisudawan-wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Bidang Manajemen, Alhamdulillah, sekarang ini baik S1 maupun S2 IIQ, telah menggunakan sistem pendaftaran online. Dengan sistem pendaftaran online ini, pendaftaran, pengisian kartu rencana studi dan kartu hasil studi atau nilai hasil studi bisa diakses oleh mahasiswa pascasarjana secara online.

Bidang Kemahasiswaan, IIQ mendapatkan beasiswa dari Kemenag RI, Yayasan Beasiswa Banten, Baziz DKI, Bank Danamon Syariah, Bank BRI Syariah, Yayasan Orbit, Selain itu, ada juga beasiswa dari perorangan dengan sistem anak asuh yaitu dari Ibu Fatma Hakim, Ibu Dian Mardianti, Bapak Subagja, dan juga beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dari Ibu Hj. Hawinie Joesoef.

Selain itu, bidang kemahasiswaan juga telah mengalami kemajuan pesat, melalui berbagai kegiatan di BEM, baik BEM Fakultas maupun BEM Institut. Lebih-lebih setelah didirikannya Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) IIQ  yang mengelola KABAR IIQ, buletin bulanan IIQ Jakarta.

Kerjasama-Kerjasama; IIQ juga berhasil menjalin kerjasama-kerjasama, baik kerjasama luar negeri maupun dalam negeri.  Beberapa kerjasama luar negeri yang berhasil dilakukan antara lain: Pertamakerjasama dengan Universitas Ulumul Qur’an Sudan. Bentuk kerjasamanya adalah dimana Universitas Ulumul Qur’an Sudan ini banyak menerima orang-orang yang direkomendasikan oleh IIQ Jakarta. Sampai sekarang terhitung ada belasan yang diterima kuliah S2 dan S3. Kedua; Universitas Islam Internasional Afrika, Sudan. Dalam hal ini universitas ini sudah teken MoU dengan IIQ, bahwa mahasiswa dan dosen IIQ yang melanjutkan studi, akan dapat beasiswa. Ketiga, kerjasama (MoU) antara IIQ Jakarta dengan Darul Haditsh al-Husaini Maroko. Keempat, Universitas al-Azhar Kairo, yang 2010-2011 telah mengirimkan dosen Qira’at-nye ke IIQ. Keempat, TV al-Jazeera; Keempat; al-Hai’ah al-Âlamiyah li Tahfizh al-Qur’ân Mamlakah Sa’udiyah ‘Arabiyah. Dalam hal ini al-Hai’ah al-Âlamiyah li Tahfizh al-Qur’ân mengundang rektor IIQ untuk mengikuti mu’tamar yang diselenggarakan setiap tahun. Kelima;kerjasama dengan Institut al-Qur’an (IQ) Trengganu Malaysia, yang pernah berkumnjung ke IIQ April 2013.

Sedangkan kerjasama-kerjasama dalam negeri yang berhasil dilakukan antara lain kerjasama dengan; Pemda DKI, Pemda Siak, LPTQ DKI, Kementerian Agama RI, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kemenpera RI,  Kementerian PDT RI, Iqra’ Yogyakarta, ESQ Ginanjar, STIE Tazkia Syafi’i Antonio, Pusat Studi Hadits Dr.  Ahmad Lutfi Fathullah,  PBNU dan beberapa pesantren tahfizh. Selain itu, IIQ Jakarta juga teken kesepakatan (MoU) kerjasama dengan PTIQ, dalam hal penyelenggaraan kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Juga IIQ Jakarta telah sepakat (dengan teken MoU) bekerjasama dengan IIQ Kendari, dalam hal-hal akademis dan tenaga akademis.

Bidang Sarana Prasarana, Pada tahun 2010 IIQ telah mendapat bantuan dari Kemenpera sebuah bangunan Rusunawa yang terdiri dari  5 lantai. Pada tahun 2011, IIQ mendapat bantuan dana hibah dari Pemda DKI Jakarta untuk merenovasi gedung perpustakaan serta bus kampus. Pada tahun 2012 IIQ juga mendapat hibah dana dari Pemda DKI Jakarta. Dan yang paling mutakhir, pada tahun 2013 IIQ juga mendapat dana hibah dari Pemda DKI. Dana-dana hibah ini dikelola sesuai peruntukkannya.

IIQ Jakarta, sekarang ini telah mengalami perkembangan pesat dalam hal sarana prasarana, bangunan fisik dan nuansa akademik yang terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu.

Wisudawan-wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Pada kesempatan ini, kami atas nama Rektor dan keluarga besar IIQ Jakarta juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Pertama, Bapak-Bapak Menteri, terutama Menteri PDT  yang berkenan hadir dan memberikan kata sambutan pada acara wisuda ini. Harapan kami, semoga silaturahmi ini membawa berkah dan menjadi momentum awal untuk merajut sekaligus mengembangkan kerjasama antara IIQ dan Kementerian yang Bapak pimpin di masa-masa mendatang. IIQ siap mendukung program-program Kementerian.

Kedua, kepada Bapak Dirjen Diktis Kemenag RI, yang juga berkenan hadir dan memberikan kata sambutan. Perlu kami sampaikan kepada bapak Direktur bahwa sejak didirikan tahun 1977 hingga hari ini, IIQ adalah partner kerja Kemenag RI dalam berbagai bidang, khususnya dalam penguatan dan pengembangan pendidikan bidang ilmu-ilmu Al-Quran. Antara lain, IIQ menjadi salah satu center of excellence bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an sejak 2008-2012, pelaksana program beasiswa S-2 Tafsir & Ulmul Qur’an tahun 2006-2008, pelaksana program beasiswa S-2 Pendidikan Kader Ulama (PKU) bidang Ulumul Hadis, dua program tersebut dilaksanakan dengan baik dengan menggunakan pengantar dan tesis berbahasa Arab.

Ketiga, Terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak Kabiro Dikmental DKI Jakarta yang senantiasa mendukung program-program IIQ. Tanpa DKI, barangkali IIQ tidak akan eksis sampai hari ini. Dukungan Pemda DKI, baik berupa materi maupun non materi begitu sangat berharga bagi keberlangsungan IIQ k edepan. Semoga kerjasama yang harmonis ini terus terjalin dan tidak pernah putus walaupun dalam kondisi dan situasi yang berbeda di masa-masa mendatang.

Keempat, terima kasih juga kami sampaikan kepada guru kita KH. Ma’ruf Amin., karena di tengah kesibukan beliau, beliau berkenan hadir untuk memberikan orasi ilmiahnya yang sangat berharga bagi segenap civitas akademika IIQ. Semoga dukungan, bantuan dan bimbingan Bapak Kyai mendapat pahala yang melimpah dari Allah SWT.

Wisudawan-wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Beberapa capaian IIQ tersebut, tentu tak luput dari sokongan dan dukungan dari berbagai pihak. Karena itu, kami sangat berterima kasih kepada para pihak yang telah mendukung dan men-support IIQ selama ini, khususunya Ibu Ketua Umum Yayasan IIQ, Ibunda tercinta, Ibu Hj. Harwinie Joesoef, yang tak pernah jemu memberikan dukungan moril materiil, memberikan siraman, dorongan dan sesekali teguran kepada kami, demi kemajuan dan perbaikan IIQ kedepan. Semoga amal ibadah dan segenap keluarga beliau dibalas oleh Allah Swt.

Tidak lupa, kami sampaikan juga apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran pimpinan IIQ Jakarta dan segenap civitas akademika, atas jerih payah, dedikasi dan ide-ide konstruktifnya selama ini sehingga IIQ Jakarta terus mengalami kemajuan.

Semua pihak yang tak mungkin kami sebutkan satu-persatu dalam kesempatan yang singkat ini. Kepada semuanya, kami hanya bisa sampaikan apresiasi dan rasa terima kasih serta doa semoga menjadi amal jariyah.

Kami yakin sepenuhnya bahwa capaian yang diraih IIQ Jakarta hari ini, tidak akan pernah terwujud tanpa dukungan dan komitmen yang tinggi dari semua pihak. Karena itu, sekali lagi, kami sampaikan terima kasih, teriring dia; jazakumullah ahsanal jaza’.

Wisudawan-wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Di penghujung laporan ini, kami berpesan kepada para wisudawan: Pertama, bersyukurlah kepada Allah, kemudian kedua orang tuamu, yang telah mengantarkanmu ke jenjang pendidikan yang sekarang ini, kemudian kepada mereka yang berjasa kepadamu. Kedua, keberhasilanmu saat ini adalah awal dari perjuangan hidup di masa-masa mendatang yang semakin kompleks dan penuh tantangan. Hadapilah masa depan dengan penuh optimis serta selalu berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT. Ketiga, berjuanglah dalam rangka berkhidmat kepada Al-Qur’an dan dalam nilai-nilai Al-Qur’an. Yakinilah bahwa Al-Qur’an akan selalu membawa keberkahan dalam hidupmu. Keempat, berikan kontribusi yang positif kepada masyarakat dalam berbagai bentuknya. Itulah salah satu cara yang terbaik untuk menyebarkan semerbak keharuman bagi almamatermu.

Terakhir, kami sampaikan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan orang tua. Semoga ilmu yang dipelajari dan didapatkan dari Institut tercinta ini, bermanfaat dan dapat direalisasikan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semoga Allah Swt membalas dan memberikan kekuatan kepada kita semua. Amin.

Wallhu al-Muwaffiq Ilâ Aqwam at-Tharîq. Wassalamua’alikum Wr. Wb.

Jakarta, 25 Juni 2014

Rektor,

TTD.

DR. KH. Ahsin Sakho Muhammad, MA.

 

 

Artikel Terkait

  • Sambutan Menakertrans Pada Wisuda S1 XIV dan S2 VII IIQ Jakarta
  • Sambutan Gubernur DKI Jakarta dalam Wisuda S1 XIV dan S2 VII IIQ Jakarta 2012
  • Laporan Rektor Dalam Acara Wisuda S-1 XIV dan S-2 VII Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta
  • Sambutan Ketua Yayasan IIQ di Acara Wisuda S1 XIV dan S2 VII IIQ Jakarta
  • Pidato Rektor dalam Acara Wisuda S-1 XVI, S-2 IX dan Dies Natalis ke-38 IIQ Jakarta
  • Sambutan Ketua Umum Yayasan IIQ pada Acara Wisuda S1 XVI, S2 IX dan Dies Natalis ke-38 IIQ Jakarta