Pidato Rektor dalam Acara Wisuda S-1 XVI, S-2 IX dan Dies Natalis ke-38 IIQ Jakarta

Bissmillahiramanirahim.

Assalâmu’alaikum Wr. Wb.

Bapak Menteri Agama RI yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam

Bapak Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI

Bapak Gubernur DKI Jakarta atau yang mewakili

Bapak Gubernur Provinsi Banten atau yang mewakili

Bapak Kepala Biro Pendidikan Spiritual DKI Jakarta

Bapak Koordinator/Ketua Kopertais Wilayah I DKI Jakarta

Ibu Dr. Hj. Faizah Ali Syibromalisi, MA

Dewan Pembina IIQ Jakarta yang terhormat.

Dewan Penyantun IIQ Jakarta yang terhormat.

Ibu Ketua Umum Yayasan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta yang terhormat.

Seluruh Jajaran Pengurus Yayasan IIQ Jakarta yang terhormat.

Wisudawan-Wisudawati, para undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia.

 الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين وعلى آله وصحبه أجمعين.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini kami selaku Rektor periode 2014 – 2018 secara singkat melaporkan bahwa Wisuda sarjana S1 yang ke-16 dan S2 yang ke-9 bertepatan dengan Diesnatalis  IIQ yang ke-38 tahun, (IIQ  lahir  pada 1 April 1977). Dengan melaksanakan Wisuda  sarjana sebanyak 197 mahasiswa dengan rincian; Fakultas Syariah 28 mahasiswa, Fakultas Usuluddin 42 mahasiswa, Fakultas Tarbiyah 71 mahasiswa dan Program Pascasarjana sebanyak 54 mahasiswa.

Selanjutnya, kami perlu sampaikan bahwa selain acara Wisuda, hari ini juga merupakan puncak Diesnatalis IIQ Jakarta ke-38. Sebelumnya, sejak Februari 2015, telah dilaksanakan berbagai pagelaran acara dalam rangka menyambut Diesnatalis tersebut. Bulan Februari lalu, sudah dilaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya, Fakultas Syari’ah menggelar Kuliah Umum bekerjasama dengan BNI Syari’ah dengan Narasumber Direktur BNI Syari’ah, Dr. Imam.BEM IIQ telah menyelenggarakan acara PraDiesnatalis dengan tema “IIQ Mencari Bakat” pada 2 April 2015 dengan bentuk acara perlombaan; mulai dari lomba pidato, bacaan Al-Qur’an murattal, qira’atul kutub, hingga lomba MC dan shalawat. Selanjutnya pada 24 April 2015, dalam rangka memperingati Harlah IIQ dan Hari Kartini, BEM juga menyelenggarakan Festival Hari Kartini.

Wisudawan/wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

IIQ adalah satu-satunya lembaga Pendidikan Tinggi Islam Swasta di Indonesia pada tingkat satuan pendidikan S1 yang secara khusus mendidik kaum perempuan dan konsen dalam bidang ilmu-ilmu Al-Qur’an, ilmu syari’ah, ilmu ushuluddin dan ilmu tarbiyah, khususnya dalam pendalaman dan pengembangan ilmu nagham, tahfizh, tafsir, rasm dan qira’at Al-Qur’an. Inilah dimensi keunggulan dan distingsi IIQ di tengah beragamnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di negeri ini.Pada tingkat satuan Pendidikan S2IIQ Program pascasarjana konsentrasi ulumul qur’an dan Ulumul Hadist,  IlmuSyariah, danIlmu Tarbiyah.

Wisudawan/wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

IIQ Jakarta secara berkelanjutan meningkatkan bidang akademik dan non akademik. Dari proses peningkatan tersebut, beberapa capaian yang diperoleh selama TA 2014/2015 dan TA 2015/2016 antara lain adalah:

Dalam bidang Akademik,penerimaan mahasiswa baru pada Tahun Ajaran 2014/2015 jumlah pendaftar 305 orang, yang diterima 275 mahasiswa baru. Tahun Ajaran 2015/2016, dari 400 pendaftar, IIQ menerima 346 mahasiswa baru. Meningkatnya jumlah mahasiswa baru IIQ dari tahun ke tahun ini adalah tanda bahwa kesadaran orang tua   mengirim anak-anak guna belajar agama di kampus  IIQ sebagai bentuk pengakuan dan kepercayaan pada lembaga IIQ. IIQ memiliki 3 Fakultas yaitu Fak. Syari’ah dengan Prodi Muamalah (terakreditasi B) dan Prodi Zakat Wakaf; Fakultas Ushuluddin dengan Prodi Tafsir Hadist (terakreditasi B) dan Prodi baru Komunikasi Penyiaran Islam; Fakultas Tarbiyah dengan Prodi Pendidikan Agama Islam yang meraih nilai akreditasi A dan pada tahun 2014. Tak lupa, Program S-2 Pascasarjana IIQ juga telah meraih nilai akreditasi A dari BAN-PT.

Masing-masing fakultas dan pascasarjana juga mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah. Sesuai dengan Undang-Undang dan regulasi tentang dosen, para dosen tetap IIQ telah memiliki sertifikat dosen. Jumlah dosen yang tersertifikasi dari tahun ke tahun terus bertambah. Dan tak lupa, IIQ juga sudah mengikuti aturan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) sesuai Regulasi Kemenristek dikti RI.

Selain  menyelenggarakan kuliah regular, IIQ juga menyelenggarakan kuliah-kuliah umum, diskusi-diskusi dan seminar-seminar ilmiah. Beberapa yang diselenggarakan periode 2014-2015 ini saja di antaranya: Seminar Internasional tentang ”Moderasi Islam: Upaya Untuk Menangkal Radikalisme Agama”, pada bulan Oktober 2014, kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Universitas Ahqaf Yaman.Pada bulan Mei 2015, Fakultas Tarbiyah  melaksanakan Kuliah Umum dengan narasumber Wali Kota Tangerang Selatan, dengan mengangkat tema ”Peran Pemerintah dalam Penguatan Kerukunan Hidup Umat Beragama”,.

IIQ Jakarta menerima kunjungan Ilmiah dari perguruan tinggi, akademisi atau pihak-pihak yang memiliki perhatian dengan kajian Al-Qur’an. Pada Februari 2015, Kunjungan-kunjungan silaturahim LPTQ DKI dan Dr. Abdullah Umar Bakri, Dr. Abdullah Ni’mah dan Prof. Dr. Absus Shalah dari Qatar. IIQ menerima kunjungan para ulama dan intelektual Islam Qatar ini bertujuan menjalin kerjasama dengan menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa IIQ yang berprestasi. Pada bulan Maret 2015, IIQ menerima lawatan ilmiah dari Jurusan Tafsir Hadits Institut Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura. dan kunjungan ilmiah para kader PKU STID Gontor.

Pada  16-20 Agustus 2015 ini Rektor IIQ Jakarta melakukan lawatan Internasional, ke Kairo, menghadiri undangan Mufti Mesir dalam rangka ”Muktamar Internasional tentang Fatwa mengenai berbagai problematika yang terjadi sekarang dan di masa yang akan datang”.

Wisudawan/wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Bidang Penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengkajian Ilmiah (LPPI) telah melaksanakan 10 (sepuluh) penelitian bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seminasi hasil dilaksanakan pada tanggal 23 Januari  2015. Pada September 2014 dan Juni 2015LPPI telah mengikuti kegiatan Workshop BIMTEK Pengembangan model Roadmap Penelitian Dosen Muda se Provinsi Banten. Penelitian bagi Dosen yang diseminasi setiap bulan dalam kegiatan Seminar Sehari Dosen, sesuai Rencana Induk Penelitian (RIP) IIQ.

Bidang Pengabdian pada Masyarakat (LPKM), pada 19 – 31 Desember 2014, LPKM IIQ melaksanakan  pencarian minat dan bakat di sekolah-sekolah di 5 wilayah DKI Jakarta. Menghasilkan mahasiswa asal DKI  Jakarta meningkat  61 orang (16 %)  yang masuk  kuliah ke IIQ Jakarta, pada TA 2015/2016. Pada 16-17 Desember 2014, menyelengarakan Pelatihan Pelatih Syarhil & Fahmil Qur’an di IIQ. Sedangkan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) IIQ diselenggarakan 10 Maret  sampai 8 April 2015, di Kecamatan Tanjung Priuk Jakarta Utara, diikuti oleh mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Ushuluddin. Mengampu Desa Binaan di Ciracas, Jakarta Timur bagi Guru-guru TPQ/TPA. Sementara itu mahasiswa Fakultas Tarbiyah, melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) yang dikordinir oleh Fakultas Tarbiyah bertempat di Perguruan Islam Darul Ma’arif Cipete, Jakarta Selatan. Pada 4 Februari 2015 menyelenggarakan dialog antar Kabiro Dikmental DKI Jakarta dengan mahasiswa S1 dan S2 asal DKI,

Wisudawan/wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Selain kurikulum nasional, IIQ memiliki kurikulum lokal yang merupakan ciri khas takhassus lembaga ini. Di antaranya adalah pendalaman dalam bidang tahfizh, tilawah, khat, tafsir, ilmu qira’at dan karya ilmiah Al-Qur’an.

Dalam Bidang Tahfizh, Lembaga Tilawah dan Qira’atul Qur’an (LTQQ) menjadi tulang punggung pelaksanaan Tahfizh di IIQ. Seluruh mahasiswa IIQ wajib tahfizh. Lulus tahfizh adalah syarat mutlak bagi mahasiswa untuk bisa ikut ujian akhir semester dan ujian akhir perkuliahan. Pembinaan tahfizh dilaksanakan secara reguler dan intensif, didampingi para instruktur tahfizh yang mahir dan profesional, yang dikoordinir oleh lembaga tahfizh dan Qiro’atil Qur’an (LTQQ).

Bidang Khath dan Tilawah, dikordinasikan dan dibina melalui Lembaga Khath dan Tilawah Al-Qur’an (LKTQ). Pembinaan Tilawah, dibedakan menjadi pembinaan untuk pemula, menengah dan mahir. Sementara pembinaan khath dibedakan menjadi pembinaan untuk pemula dan untuk yang sudah mahir.

Bidang Tafsir dan Karya Ilmiah Al-Qur’an, dikordinasikan oleh Lembaga Tafsir dan Karya Ilmiah Al-Qur’an (LTKIQ), kegiatannya meliputi pembinaan rutin tafsir bahasa Arab dan pembinaan karya ilmiah Al-Qur’an.

Pusat Studi Wanita (PSW), IIQ Jakarta sebagai kampus Al-Qur’an khusus perempuan untuk S1, telah mendahului untuk memperhatikan upaya pemberdayaan perempuan, sehingga IIQ  dapat disebut sebagai PUSAT STUDI WANITA. Sedangkan Lembaga PSW adalah lembaga penunjang praktis menanggapi isu-isu perempuan di luar perkuliahan yang berperspektif Islam. PSW menyelenggarakan Seminar Jender dan KB bekerjasama dengan BKKBN Tangerang Selatan dan DPR RI, menghadiri Seminar Nasional tentang Diskursus Jender di Bidang Hukum, Politik dan Ekonomi dalam Perspektif Syariah, yang diselenggarakan UIN Jakarta dan Majelis Alimat di Hotel Internasional Jakarta.

Selain belajar berbagai ilmu ke Al-Qur’an-an, guna meningkatkan kemampuan bahasa melalui Lembaga Bahasa IIQ telah mengirimkan mahasiswa IIQ sebagai duta bahasa ke Pesantren Darul Falah Jepara untuk mengikuti Short Course Amtsilati selama bulan Ramadhan  2015. Para duta bahasa inilah yang disiapkan menjadi pengajar kitab kuning bagi mahasiswa lainnya.

Sesuai dengan regulasi pendidikan tinggi dan keharusan total quality management dalam meningkatkan daya saing mutu perguruan tinggi, IIQ Jakarta memiliki Lembaga Penjamin Mutu (LPM). Melalui LPM ini, IIQ menyiapkan berbagai Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai upaya perbaikan manajerial dan sistem akademik.

Di samping itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) melakukan penerapan komputerisasi perpustakaan. Di bawah kordinasi UPT, Perpustakaan IIQ juga telah mengirim staf untuk mengikuti Pelatihan Pengembanan Kepustakaan. Terhitung Juni 2015, jumlah koleksi perpustakaan IIQ adalah 9.077 eksemplar, dan untuk perpustakaan digital, ada 5000 file buku dalam bentuk pdf, yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas perkuliahan. Menyelenggarakan pelatihan IT, perbaikan sistem informasi akademik, penataan buku perpustakaan dan pengembangan sistem informasi dan pendaftaran online, baik S1 maupun S2. Dengan sistem pendaftaran online ini, pendaftaran, pengisian Kartu Rencana Studi dan kartu hasil studi atau nilai hasil studi bisa diakses oleh mahasiswa secara online.

Keunikan sistem perkuliahan di IIQ Jakarta adalah dilengkapi dengan Pesantren Takhasus IIQ. Di pesantren ini berbagai kegiatan dilaksanakan antara lain pembinaan Tahfizh, Sima’an Mingguan, Khatmil Qur’an, Pembacaan SurahYasin, Waqi’ah dan al-Mulk, kajian kitab kuning, pengajian metode Baghdadiyah, pelatihan tahsin tilawah dan kegiatan-kegiatan lainnya yang khas pesantren tahfizh. Ini semua dilaksanakan sebagai pendukung kegiatan di kampus IIQ Jakarta.

Selain itu, di pesantren takhashus ini pula, telah dilaksanakan beberapa kegiatan di antaranya: kegiatan Bhakti Sosial Ramadhan yang dilakukan BNI Syariah di pesantren IIQ pada Juni 2015. Selain itu, juga telah diselenggarakan Audiensi Serambi Islam TVRI pada Juni 2015. Dan banyak lagi kegiatan yang diselenggarakan, yang tidak bisa disebutkan satu persatu di sini.

Wisudawan/wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Bidang Kemahasiswaan. Dalam rangka pengembangan minat dan bakat mahasiswa, bidang kemahasiswaan bekerjasama dengan LPTQ DKI, Pesantren Takhasus dan BEM IIQ mengadakan beberapa kegiatan; 22 Juni sd 3 Juli 2015, menyelenggarakan pengajian Kitab Jazariyah dan Qira’at. BEM juga menyelenggarakan beberapa kegiatan seminar. BEM Fakultas Syariah menyelenggarakan seminar tentang kewirausahaan dengan tema “Membedah Peluang Usaha diusia Muda Menuju Kemandirian Bangsa. BEM Fakultas Ushuluddin  menyelenggarakan seminar dengan tema “Jejak Langkah Rasullah Penelusuran Sejarah Awal Kemunculan Perkembangan Hadis di Nusantara”. BEM Fakultas Tarbiyah  dengan tema “Sex Education Upaya membentuk generasi yang tangguh, sehat dan berakhlak”. BEM  juga mengirim mahasiswa untuk menghadiri undangan-undangan seminar dan berbagai kegiatan akademik lainnya. Mahasiswa melalui  Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) mengelola Buletin KABAR IIQ, guna membantu penyebaran informasi terkait IIQ, baik di kalangan mahasiswa, dosen maupun masyarakat pada umumnya. Pada Mei 2015 Bidang Kemahasiswaan Program Pascasarjana IIQ menyelenggarakan  Tabligh Akbar dan Pelantikan Ikatan Alumni Pasca IIQ.

Untuk menunjang belajar mahasiswa, IIQ Jakarta juga mengusahakan beasiswa. Pertama, ada beasiswa dari Pemda DKI, diperuntukkan bagi  mahasiswa asal DKI Jakarta, mahasiswa yang menjadi duta DKI pada MTQ/STQ nasional, mahasiswa luar DKI yang tahfizh 30 juz dan mahasiswa yang memang perlu dibantu. Beasiswa DKI ini pada semester genap 2014/2015 sudah diberikan pada 77 mahasiswa, pada semester ganjil 2014/2015 diberikan pada 58 mahasiswa dan, untuk semester genap 2015/2016, sekarang ini diberikan kepada 50 mahasiswa. Selain itu IIQ Jakarta juga mengusulkan Beasiswa Baznas untuk 10 mahasiswa, juga mengusahakan beasiswa dari Kementerian Agama melalui Kopertais Wilayah I DKI Jakarta

Mahasiswi-mahasiswi IIQ tercatat sebagai mahasiswi yang mengukir prestasi membanggakan, khususnya di perhelatan MTQ, baik tingkat nasional,  maupun internasional.  Pada tahun 2015, ada 10 (sepuluh) mahasiswa IIQ berhasil menjadi juara pada STQ Tingkat Provinsi DKI Jakarta yang diselenggrakan 29 s.d. 31 Mei 2015. Dari 10 (sepuluh) mahasiswa yang juara itu, 5 (lima) diantaranya berhasil meraih juara 1, pada lima cabang musabaqah, pada cabang 5 juz tialwah, cabang tahfizh 10 juz, tahfizh 20 juz, tahfizh 30 juz dan pada cabang tilawah dewasa. Pada bulan Agustus 2015, 5 (lima) mahasiswa IIQ berhasil meraih juara pada STQ Nasional sebagai peserta kafilah Provinsi DKI Jakarta.

Wisudawan/wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

BidangKerjasama: IIQ  telah berhasil menjalin kerjasama, baik kerjasama dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa kerjasama luar negeri yang telah berhasil dilakukan antara lain: Kerjasama dengan Universitas Al-Qur’an al-Karim dan al-Ulum al-IslamiyahSudan dan Universitas al-Azhar Kairo Mesir. Hasil kerjasama membuahkan lulusan S3 dan kembali mengajar di IIQ Jakarta. Sedangkan kerjasama dalam negeri yang berhasil dilakukan antara lain, kerjasama dengan; Pemda DKI, Pemda Tangsel, LPTQ DKI, Kementerian Agama RI, STAI  Pelita Bangsa Cikarang dengan Fakultas Syariah.

Wisudawan/wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Pada kesempatan ini, kami atas nama Rektor dan keluarga besar IIQ Jakarta juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Pertama, Bapak Menteri Agama yang diwakili Dirjen Pendis,  Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi atau yang mewakilinya yang  berkenan hadir dan memberikan kata sambutan pada acara wisuda ini. Harapan kami, semoga silaturahmi ini membawa berkah dan menjadi momentum untuk merajut sekaligus mengembangkan kerjasama antara IIQ dan Kementerian yang Bapak pimpin di masa-masa mendatang. IIQ siap mendukung program-program Kementerian.

Kedua, Terima kasih juga kami sampaikan kepada Gubernur DKI Jakartaatau yang mewakilinya yang selama ini telah melaksanakan program resiprokal Pemda DKI dan IIQ.Semoga kerjasama yang harmonis ini terus terjalin dan tidak pernah putus walaupun dalam kondisi dan situasi yang berbeda di masa-masa mendatang.

Ketiga, Terima kasih kepada Koordinator Kopertais Wilayah 1 DKI Jakarta yang telah hadir pada acara wisuda IIQ.

Keempat, terima kasih juga kami sampaikan kepada Ibu Dr. Hj. Faizah Ali Syibromailisi, MA., karena di tengah kesibukan beliau, beliau berkenan hadir untuk memberikan orasi ilmiahnya yang sangat berharga bagi segenap civitas akademika IIQ. Semoga dukungan, bantuan dan bimbingan Ustadzah mendapat pahala yang melimpah dari Allah SWT.

Wisudawan/wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Kami yakin sepenuhnya bahwa capaian yang diraih IIQ Jakarta hari ini, tidak akan pernah terwujud tanpa dukungan dan komitmen yang tinggi dari semua pihak. Kami sampaikan terima kasih, khususunya Ibu Ketua Umum Yayasan IIQ,  Ibunda tercinta, Ibu Hj. Harwinie Joesoef, yang tak pernah jemu memberikan dukungan moril dan materil, memberikan siraman, dorongan dan sesekali teguran kepada kami, demi kemajuan dan perbaikan IIQ ke depan.

Semoga amal ibadah dan segenap keluarga beliau dibalas dengan pahala yang berlipat ganda oleh Allah Swt. Terima kasih kepada jajaran pimpinan IIQ Jakarta dan segenap civitas akademika, atas jerih payah, dedikasi dan ide-ide konstruktifnya selama ini sehingga IIQ Jakarta terus mengalami kemajuan. Semua pihak yang tak mungkin kami sebutkan satu-persatu dalam kesempatan yang singkat ini. Kepada semuanya, kami hanya bisa sampaikan apresiasi dan rasa terima kasih serta doa semoga menjadi amal jariyah. jazakumullah ahsanal jaza’.

Wisudawan/wisudawati dan hadirin sekalian yang berbahagia

Terakhir, kami sampaikan terima kasih, kepada orang tua  yang telah memasukkan putri-putrinya untuk menempuh pendidikan di Institut Ilmu Al Qur’an. Kepada  wisudawan, orang tua serta sanak keluarga, kami ucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan menyelesaikan studi  dan menjadi sarjana S1 dan S2. Dengan selesainya studi ini makin bertambah lagi Wanita Indonesia yang siap membangun masa depan bangsa ke arah tata kehidupan yang maju dan modern, namun tetap berpijak pada nilai-nilai agama dan budaya bangsa. 

Selamat kembali ke daerah masing-masing dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama di IIQ Jakarta. Semoga ilmu yang dipelajari dan didapatkan dari Institut tercinta ini, bermanfaat dan dapat direalisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Apabila berkesempatan ke Jakarta, sudilah Ananda barang sejenak mampir ke IIQ, untuk sekedar bersilaturrahim atau memberikan masukan-masukan pemikiran bagi kampus IIQ tercinta. Dan bagi yang masih bercita-cita mendalami ilmu pengetahuan dapat melanjutkan studi S2 di Program Pascasarjana IIQ, pintu selalu terbuka. Semoga Allah selalu melindungi dan membimbing kita semua.

Wallhu al-Muwaffiq Ilâ Aqwam at-Tharîq

Wassalamua’alikum Wr. Wb.

Jakarta, 29Agustus 2015

Rektor,
TTD.
Prof. Dr. Hj. Huzaemah T. Yanggo. MA

Artikel Terkait

  • Laporan Rektor Dalam Acara Wisuda S-1 XIV dan S-2 VII Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta
  • Sambutan Rektor di Acara Wisuda S1 XV dan S2 VIII IIQ Jakarta
  • Sambutan Ketua Umum Yayasan IIQ pada Acara Wisuda S1 XVI, S2 IX dan Dies Natalis ke-38 IIQ Jakarta
  • Sambutan Rektor Wisuda S1 XVIII S2 XI dan Dies Natalis 40 Tahun 2017