Sambutan Rektor Wisuda S1 XVIII S2 XI dan Dies Natalis 40 Tahun 2017


بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Yang terhormat:
• Menteri Agama R.I atau yang mewakili.
• Gubernur Provinsi Banten Bapak Dr. H. Wahidin Halim, M.Si.
• Bapak Direktur Diktis atau yang mewakili.
• Bapak Gubernur Provinsi DKI Jakarta atau yang mewakili.
• Ibu Walikota Tangerang Selatan atau yang mewakili.
• Bapak Kepala Biro Pendidikan Spiritual DKI Jakarta.
• Ibu Ketua Umum Yayasan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta beserta jajarannya.
• Dewan Pembina Yayasan IIQ Jakarta. 
• Dewan Penyantun IIQ Jakarta.
• Para Guru besar, Para Anggota Senat dan Dosen IIQ Jakarta.
• Orang tua/wali dan keluarga wisudawan.
• Wisudawan-wisudawati, para undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia.
الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف المرسلين وعلى آله وصحبه أجمعين، وبعد ؛
Puji syukur marilah  kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Alhamdulillah, pada hari yang berbahagia ini, kita masih diberikan nikmat sehat dan kekuatan sehingga dapat berkumpul di Gedung Graha Widya Bhakti PUSPIPTEK untuk melaksanakan Wisuda IIQ Jakarta ke-18 dan Dies Natalis ke-40.
Sehubungan dengan itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya menyampaikan hal-hal berikut:
Jumlah seluruh wisudawan dan wisudawati tahun 2017 ini sebanyak 206 mahasiswa. Masing-masing merupakan lulusan Fakultas Syariah Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) sebanyak 31 orang, Fakultas Ushuluddin & Dakwah Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 43 orang, dan Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam 77 orang. Mahasiswa Program Magister Program Studi Ilmu Agama Islam Konsentrasi Ulumul Qur’an dan Ulumul Hadis sebanyak 17 orang, Konsentrasi Ilmu Syariah 19 orang, dan Konsentrasi Ilmu Tarbiyah 19 orang.
Atas nama pimpinan dan segenap civitas akademika IIQ Jakarta, saya mengucapkan selamat dan sukses (alfu mabruk) kepada para wisudawan program strata satu dan strata dua atas keberhasilan menyelesaikan studi  di  IIQ Jakarta.  Kepada  orang tua, wali asuh, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan, saya sampaikan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jerih payah dan dukungan tanpa henti kepada putra-putrinya sehingga mereka berhasil menamatkan studinya. Ungkapan rasa syukur dan bahagia patut kita persembahkan kepada Allah atas keberhasilan putra-putri kita dalam menempuh jenjang studi mereka. Harapan kami, semoga ilmu, pengalaman dan keterampilan yang ditimba selama studi di kampus ini dapat menjadi bekal berharga dalam menyongsong kehidupan yang lebih baik pada masa mendatang. Terutama terkait dengan upaya-upaya mengembangkan ilmu-ilmu Al-Qur’an.
Kepada para wisudawan/i, saya berpesan agar senantiasa menjaga akhlakul karimah dan menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Qur’an di manapun anda berkiprah. Karena dengan hal tersebutlah kita akan sukses dan berjaya, sebaliknya dengan mengabaikan hal itu kita pasti akan rusak dan binasa. 
Karena itu, menjadi tugas kita bersama, baik kami yang berada di dalam kampus, maupun saudara-saudari yang berkiprah di luar, untuk selalu menegakkan akhlak mulia, menyebarkan risalah Islam rahmatan lil alamin dan menjaga nama baik almamater IIQ tercinta.
Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua Umum Yayasan, Ibu Hj. Harwini Joesoef dan segenap pengurus Yayasan IIQ Jakarta yang terus mendukung penyelenggaraan program-program IIQ Jakarta. Tak lupa, kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan, yang terus berkomitmen mencurahkan tenaga dan waktunya untuk melaksanakan tugas Tridharma Perguruan Tinggi hingga berhasil mengantarkan mahasiswa/i IIQ sampai pada puncak studinya. 
Hadiran yang berbahagia
Alhamdulillah, tahun ini IIQ genap berumur 40 tahun. Ini adalah usia kehidupan yang telah mencapai kematangan dalam berpikir dan bertindak, sebagaimana disebutkan dalam ayat Al-Qur’an Surah Al-Ahqaf ayat 15 dan kata sebuah pepatah  Life begin at fourty (kehidupan [sejati] dimulai pada umur 40).
Pada umurnya yang ke-40 ini, IIQ Jakarta terus berusaha untuk melakukan pembenahan dan perbaikan, baik pada sisi akademik, maupun non akademik. Dari proses perbaikan tersebut, beberapa capaian yang diperoleh antara lain adalah:
IIQ telah berhasil membuka Program Doktor (S3) Prodi Ilmu Al-Qur’an dan tafsir (IAT), dan telah diresmikan secara langsung oleh Menteri Agama RI, Bapak Lukman Hakim Saifuddin, pada acara wisuda dan Dies Natalis ke-39 tahun 2016 lalu. Pada tahun akademik 2016/2017 telah menyelenggarakan kegiatan pendidikan untuk angkatan pertama dengan jumlah mahasiswa 20 orang dan telah berjalan 2 (dua) semester. 
IIQ Jakarta juga dipercaya untuk menyelenggarakan Program Beasiswa S2 Calon Dosen Swasta khusus perempuan kerja sama Kementerian Agama dengan Pascasarjana. Alhamdulillah, sebanyak 13 orang mahasiswa penerima beasiswa kelas internasional dengan pengantar Bahasa Arab telah menyelesaikan semester 2 (dua), dan tahun ini akan segera memasuki semester 3 (tiga). 
Selain itu, Program Magister yang sejak tahun 2008 hanya memiliki satu program studi yaitu Prodi Ilmu Agama Islam, sejak tahun 2016 lalu telah berkembang menjadi 3 tiga Program Studi yaitu; Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Hukum Ekonomi Syariah dan Pendidikan Agama Islam, berdasarkan SK Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 4743 tahun 2016.
Alhamdulillah pada tahun 2017 Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta juga telah memperoleh izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini berdasarkan SK Dirjen Pendis Kementerian Agama RI Nomor 541 tahun 2017. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta juga berhasil memperoleh peringkat Akreditasi A dari BAN-PT.
IIQ Jakarta juga terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri. Di antara MoU yang telah ditandatangani pada tahun 2016-2017 yaitu; Kerjasama dengan Universitas Islam Minnoseta, Amerika Serikat; MoU dengan Komisi Internasional Kemukjizatan Sains dalam Al-Qur’an dan Sunnah, Saudi Arabia; MoU dengan Pemerintah Kabupaten Siak Provinsi Riau; MoU dengan Pemerintah Kabupaten Pidie Provinsi Aceh, dengan Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur; dan dengan Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara.
Kepada para wisudawati program strata satu sangat kami harapkan untuk melanjutkan studinya pada program magister Pascasarjana IIQ dan kepada wisudawan/i program magister untuk melanjutkan ke program doktor Pascasarjana IIQ.
Pada kesempatan ini, saya juga menyampaikan kabar gembira kepada seluruh hadirin, khususnya bagi mahasiswa dan mahasiswi yang akan diwisuda, bahwa Program Pascasarjana IIQ akan memberikan beasiswa kepada sarjana terbaik S1 IIQ dan lulusan terbaik Program Magister untuk melanjutkan studi pada Program Pascasarjana IIQ Jakarta.
Di atas itu semua, hal lain yang cukup menggembirakan kita semua adalah, pada Tahun Akademik 2017/2018 ini, total jumlah pendaftar untuk program S-1 mencapai angka 500 orang, Angka ini adalah capaian terbesar sepanjang sejarah perjalanan IIQ Jakarta sejak berdiri hingga hari ini. Untuk Program Pascasarjana S-2 dan S-3 ada 60 mahasiswa dan sekarang pendaftaran mahasiswa baru untuk Program Pascasarjana masih dibuka.
Hadiran yang berbahagia
Peningkatan jumlah peminat IIQ ini tentu patut kita syukuri bersama. Karena sebagaimana kita ketahui, banyak lembaga pendidikan tinggi –terutama swasta- yang masih berusaha untuk mencari feeder dan calon mahasiswa. Sementara IIQ Jakarta kebanjiran peminat calon mahasiswa. Fakta ini, sekalian karena kerja keras semua pihak dan juga pertolongan Allah Swt, tentu faktor yang tak kalah penting adalah berkah Al-Qur’an yang menjadi distingsi dan ekselensi IIQ Jakarta.
Oleh karena itu, Pimpinan bersama dengan Yayasan dan segenap stakeholders IIQ Jakarta, dalam waktu dekat akan segera membangun gedung kampus yang megah dan representatif di area Ma’had Takhassus IIQ Cinangka Pamulang Timur. Pembangunan ini dirasa sangat penting karena proyeksi ke depan, peminat IIQ akan semakin banyak, dan seiring dengan banyaknya peminat, maka membutuhkan ruang kelas dan sarana prasarana yang semakin banyak.
Demikian juga Program Pascasarjana telah melakukan gerakan pengumpulan dana untuk membangun gedung Program Pascasarjana IIQ Jakarta. Alhamdulillah hingga kini telah terkumpul dana Rp. 511.163.931 (Lima Ratus Sebelas Juta Seratus Enam Puluh Tiga Ribu Sembilan Ratus Tiga Puluh Satu Rupiah) dan mendapatkan wakaf tanah dari KH. Syarif Rahmat, MA seluas 345 meter kubik di wilayah Pondok Cabe dan 280 meter kubik di wilayah Parung Bogor dari H. Abdul Hadi, MA.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya berharap agar hadirin sekalian berkenan untuk memberikan bantuan dan supportnya, baik yang bersifat materiil atau immateriil, agar niat tersebut segera terwujud. Ini semua tak lain dan tak bukan adalah demi mencetak dan menciptakan kader dan ulama-ulama khususnya perempuan ahli Al-Qur’an, yang handal dan mumpuni untuk membimbing sekaligus memimpin bangsa di masa mendatang.
Hadiran yang berbahagia
Sebelum kami menutup laporan ini, tak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu undangan atas perkenan hadir pada acara wisuda ini. Semoga kehadiran bapak/ibu/sdr sekalian lebih memberi semangat kepada anak-anak kita.
Demikianlah sambutan singkat yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi selamat dan sukses untuk wisudawan dan wisudawati. Semoga ilmu yang didapatkan di IIQ Jakarta membawa keberkahan dan kemanfaatan bagi agama, umat dan bangsa. Dan semoga hajat besar kita bersama untuk membangun kampus IIQ yang megah dan representatif diijabah oleh Allah Swt. Amin.
Akhirul Kalam, izinkan saya membacakan sebuah pantun:
Bila ada sumur di ladang, bolehlah kita menumpang mandi
Bila ada anak ingin belajar Al-Qur’an, silahkan kuliah di IIQ.

والله الموفق إلى أقوم الطريق، اهدنا الصراط المستقيم
ثم السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Jakarta, 26 Agustus 2017
Rektor,



Prof. Dr. Huzaemah T. Yanggo, MA.

Artikel Terkait

  • Pidato Rektor dalam Acara Wisuda S-1 XVI, S-2 IX dan Dies Natalis ke-38 IIQ Jakarta