Hj.Maria Ulfah, MA

Hj. Maria Ulfah adalah salah seorang Qori’ah terbaik Indonesia sekaligus pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Pusat. Kemampuan beliau dalam melantunkan ayat suci al-Qur’an telah diakui di dunia internasional.

Hj. Maria Ulfa lahir di Lamongan, Jawa Timur, Indonesia pada tanggal 21 Desember 1955 dari ayah yang bernama H. Mudhoffar dan ibu Hj. Ruminah. Beliau merupakan anak ke sembilan dari dua belas bersaudara. Pada tahun 1981, ia menikah dengan Mukhtar Ikhsan, seorang dokter spesialis paru lulusan Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia tahun 1993 dan kini menjabat sebagai Ketua Komite Medik RS Bhinneka Bhakti Husada, Tangerang, serta jabatan-jabatan penting lainnya di dunia kedokteran. Atas pernikahannya dengan dr. Mukhtar Ikhsan, SpP(K), MARS ini Hj. Maria Ulfah dikarunia tiga orang putra, mereka adalah Ahmad Nabries, Mohammad Labib, dan Rifky Mubarak.

Hj. Maria Ulfah diperkenalkan ke dunia seni baca Al Qur’an oleh ayahnya, H. Mudhoffar. Ayanhnya sering mengadakan lomba membaca Al Qur’an di kampung halamannya untuk memberikan pengalaman kepada putrinya tersebut. Hj. Maria Ulfah mulai berlatih qiro’ah pada usia 6 tahun dengan berlatih bersama kakaknya. Minatnya dalam seni baca Al Qur’an tumbuh saat ia menghadiri sebuah pesantren yang mendorongnya untuk membacakan ayat suci Al Qur’an.

Pada tahun 2001, Hj. Maria Ulfah mendirikan Pesantren Baitul Qurro dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an di Jakarta. Selain pernah memimpin LPTQ Pusat, beliau juga merupakan seorang dosen dan menjabat sebagai Dekan Fakultas Ushuludin pada Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) Jakarta.

Sumber: http://pecintaqiroah.wordpress.com/2013/03/31/biografi-dra-hj-maria-ulfa/

Artikel Terkait