Dr. H. Anshori, LAL

Alm. Anshori  lahir di Indramayu, 6 April 1957, menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah di Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta. Ia menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S1) di IKIP Jakarta, Jurusan Bahasa Arab, 2002. Melanjutkan S2 di IIQ dan mengambil Bidang Studi Ulumul Qur’an dan Hadis, kemudian menyelesaikan S3 Tafsir Hadis di UIN Syarif Hidayatullah Ja­karta (2006).

Sosok yang pernah meraih penghargaan Satyalancana Karya Sapta yang diberikan oleh Presiden RI pada tahun 2005 ini melahir­kan begitu banyak karya tulis ilmiah. Hampir 40 karya yang pernah diterbitkan, baik jur­nal maupun buku. Karya-karya beliau terkait dengan berbagai macam pembahasan yang dikemasnya secara apik menjadi bacaan yang menarik, juga tak jarang dijadikan sumber ru­jukan.

Sejak tahun 1993 beliau berkecimpung dalam dunia kepenulisan sebagai wadah pengembangan diri. Artikel pertama yang ditulisnya adalah “Peranan Wanita Muslimah Dalam Pembangunan Nasional” yang diter­bitkan oleh Majalah al-Furqan NO.1 Th.I-IIQ/1993.

Di antara karya-karyanya: “Pelaksanaan Aqiqah dan Qurban Menurut ajaran Islam” (1995); “Kemiskinan dan Penanggulangan­nya Menurut Ajaran Islam” (1996); “Pendidikan Menurut Pandangan Islam”; “Isim Fa’il dan Per­masalahannya”; “Ibdal dan ‘Ilal al-Dhoruri dan Ghairu al-Dhoruri Dalam Pandangan Shorof” (2002); “Shalat lima Waktu Tidak Dapat Diting­galkan Dalam Kondisi Apapun”; “Kepemimpi­nan Lelaki dan Perempuan Dalam Keluarga dan Masyarakat Menurut Islam”;

“Poligami Menurut Pandangan Islam”; “Saksi Perem­puan Dalam Persepektif Para Mufassir” (2006); “Pembelajaran Ilmu Takhrij al-Hadis untuk Mengetahui Status Hadis”; Tafsir Bi al-Ra’yi (2010) penerbit GP Press Jakar­ta; Modul Diklat “Pendalaman Materi Subtantif Mata Pelajaran Al-Qur’an- Hadis, Aspek Pemahaman Ilmu Tajwid dan Penerapannya Dalam Membaca dan Menghafal Surat-surat Pendek (2012) Pusdiklat Ke­menag RI, dan masih banyak lagi karya lainnya.

Beberapa jabatan penting yang pernah dan masih diem­bannya hingga kini adalah Kepala sekolah MTs. Mathlaul Anwar, Citayam, Depok dimulai dari ta­hun 1979–1982; Sekpri Rektor IIQ Jakarta 1987–1990; Dekan Fak. Tarbiyah IIQ Jakarta 1999–2003; Ketua Program Akta IV; Ketua LPPI; Kepala Biro Umum dan Keuangan; Pjs. Purek II IIQ Jakarta (2001); Dekan Fak.Tarbiyah IIQ (2007-2013).

Dosen IIQ Jakarta ini juga sangat aktif di sejumlah seminar, lokakarya, dan sim­posium. Beliau juga kerap menjadi peserta konferensi. Berikut sejumlah kegiatan yang diikutinya: Pemakalah dalam Annual Con­ference Kajian Islam 26–30 Nopember 2006 yang diselenggarakan oleh Dirjen Pendidi­kan Tinggi Islam Depag RI; Seminar Tawuran Pelajar Problematika dan Solusinya; Latihan Dasar-Dasar Penelitian Bagi Tenaga Edukatif; Seminar Sistem Pelaksanaan Ujian Negara Pada PTAIS DKI Jakarta yang diadakan oleh BKS PTAIS DKI Jakarta; Ketua Panitia Work­shop Kurikulum; Silabus dan SAP IIQ Jakarta; Sosialisasi Program Percepatan Sertifikasi Dosen dan Managemen Pengolahan Data PTAIS oleh IIQ Jakarta bekerjasama dengan Diktis; Seminar Internasional “The Role And Contribution Of Iranian Scholars To Islamic Civilization (2012); Workshop Penyusunan Ensiklopedi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah diselenggarakan oleh Puslitbang dan Diklat Kementrian Agama RI; Workshop Kompetensi Penilaian Jabatan Fungsional Dosen; Studi Banding para Dosen PTN dan PTS se Indonesia di Universitas Maroko se­lama 40 hari; dan Peserta ARFI “Developing Academics Competence of Islamic Higher Education selama satu minggu pada tahun 2012 oleh Kemenag RI.

Selain itu, pengabdiannya kepada ma­syarakat pun patut diacungi jempol. Tak jarang beliau menjadi khatib dan pence­ramah di masjid lembaga negeri maupun swasta dan masyarakat (1987–2009); cera­mah “Safari Ramadhan” selama 20 hari di KBRI Abu Dhabi; khuthbah Jum’at di KBRI Maroko tahun 2012; panitia penerimaan dan penyaluran kurban IIQ Jakarta; pem­bimbing PPL Mahasiswa Fak.Tarbiyah IIQ Jakarta; pembimbing PPKT Mahasiswa FITK UIN Jakarta; pembimbing KKN Mahasiswa IIQ Jakarta. Selain itu, organisasi profesi atau il­miah yang digelutinya adalah sebagai Sekjen di beberapa organisasi seperti BKS PTAIS DKI Jakarta tahun 2000-2010; ICMI Orsat Ciputat 2000-2010; Asesor BAN PT dari tahun 2007 sampai sekarang.

Dosen di beberapa kampus seperti IIQ, UIN, dan Trisakti ini juga menggeluti ber-bagai pelatihan-pelatihan profesional sejak tahun 1975. Beliau pernah mengikuti pe­nataran khatib selama 72 jam tahun 1975; penataran guru-guru madrasah tsanawiyah dalam Bidang IPA selama 72 jam tahun 1978; penataran guru-guru madrasah tsanawiyah dalam Bidang studi Matematika selama 100 jam tahun 1979; penataran guru-guru mad -rasah tsanawiyah dalam Bidang Studi Ba­hasa Indonesia selama 90 jam tahun 1979; pelatihan kependudukan untuk guru-guru aliyah selama 84 jam tahun 1982 yang diada­kan oleh Kanwil Depag DKI Jakarta; pelatihan penelitian edukatif tingkat nasional PTAIS se­lama 100 jam tahun 1994; workshop PAR bagi Dosen PTAI Se-Wilayah Barat Indonesia (5-8 Juni 2007); pelatihan Metodologi Penelitian Sosial Keagamaan selama 6 bulan (12 Pebru­ari-12 Juli 2007) di sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta.

Selain itu, beliau juga berprofesi sebagai pengajar embibitan dan Orientasi Studi Ke Universitas Al-Azhar (3-24 September 2007); Pembicara Pengembangan Kurikulum Pen­garusutamaan Gender Persepektif Qur’an Hadis 22 Desember 2007; Instruktur Pelati­han Metode Riset Dosen PTAI (1-15 Febru­ari 2008) yang diselenggarakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Islam Depag RI, dan se-bagainya

Bapak yang beralamatkan rumah di Jln. Pinang Rt.02/Rw.02 Pamulang Timur terse­but membimbing atau membina skripsi mahasiswa, membimbing KKN, aktif sebagai pembimbing qiraat dan ibadah di Jurusan Bahasa Arab FITK UIN Jakarta (1998-2007), dan sebagai Pembimbing Tesis Mahasiswa Pascasarjana IIQ Jakarta 2008-sekarang.

Sejumlah penelitian dilakoninya sejak 1990. Peneliti Individual Prestasi Bahasa Arab Mahasiswa Fak. Syariah dan Ushuluddin Di IIQ Jakarta; Kopertais wil. 1 Jakarta; Persepsi Siswa SLTA DKI Jakarta terhadap PTAIS Jakar­ta sebagai Sekretaris Penelitian, Hubungan Prestasi Tahfidh al-Qur’an terhadap prestasi mata kuliah Mahasiswi IIQ Jakarta dari Ang-garan Pemda DKI Jakarta, Penafsiran ayat-ayat gender (Tanggapan Mahasiswi IIQ Ja­karta terhadap kontroversi penafsiran Klasik dan Kontemporer), Kajian Penanganan Anak Putus Sekolah Anggaran Kementerian Pe-ranan Wanita RI. (Fifin Pratiwi)

Meninggal Bulan Agustus 2014

Artikel Terkait