Index Berita

Menag buka Doktoral dalam acara Wisuda IIQ

- Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) Jakarta, lembaga pendidikan tinggi yang menggabungkan sistem pendidikan pesantren dan perguruan tinggi dengan orientasi mencetak ulama wanita yang hafal Al-Quran, intelek, berwawasan luas dan ahli di bidang Ulumul Quran kini resmi memiliki program Doktoral (S-3) jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir.

Menag Apreasiasi Rencana IIQ Jakarta Buka Program S3

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi keinginan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) yang akan membuka program doktoral (S3). Terlebih jika persyaratan-persyaratan untuk membuka program doktoral (S3) sudah terpenuhi.

Penutupan Kegiatan Ramadhan

Usai melaksanakan tujuh agenda intensif Ramadhan selama 15 hari, Pesantren Takhasus IIQ Jakarta menutup acara dengan doa khotmil Qur`an dan buka bersama di Taman Rusunawa. Acara dimulai dengan penampilan hadrah IIQ, dilanjut dengan acara inti, yakni penutupan oleh Dr. Hj. Romlah Widayati, M.Ag., Wakil Rektor (Warek) III bidang kemahasiswaan. Doa khotmil Qur`an dipimpin oleh Dr. KH. Ahmad Fathoni, Lc., MA., Pengasuh Pesantren IIQ Jakarta. Acara penutupan tersebut juga dihadiri oleh Dr. H. M. Dawud Ali Khan, M.Si., Ak., CPA., Warek II beserta keluarga dan Hj. Muthmainnah, MA., Ketua Lembaga Tahfizh dan Qiraat Al-Qur`an (LTQQ). Agenda acara yang belum selesai adalah Kajian Shahih Bukhari yang memang diagendakan selesai pada 26 Juni 2016. Akan ada agenda-agenda rutinan Ramadhan tiap tahunnya untuk mahasantri IIQ Jakarta. Sehingga mahasantri tidak perlu repot mencari kegiatan di luar lingkungan Pesantren.

IIQ Jakarta Gelar Kegiatan “Ramadlan Bersama IIQ”

 IIQ Jakarta kembali menggelar program “Ramadhan Bersama IIQ”. Kegiatan ini menjadi program rutin tahunan IIQ Jakarta selama bulan Ramadhan.

IIQ Jakarta Teken Kerja sama dengan Univ. al-Qur’an al-Karim Sudan

Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta dan Universitas al-Qur’an al-Karim wa Ulumul Islamiyah Sudan menandatangani kerja sama dalam pengembangan institusi pendidikan yang meliputi student exchange, bantuan pengajar, dan penelitian.

Olimpiade nasional di IIQ Jakarta 2016

Cinangka, 11 April 2016—Taman Rusunawa kembali menjadi pusat perhatian, baik dari mahasiswi IIQ Jakarta maupun peserta Olimpiade Nasional dari berbagai kalangan. Minggu malam merupakan malam penutupan Olimpiade Nasional dan pengumuman pemenang lomba olimpiade tersebut.

Pelatihan Metode Baghdadi Fakultas Syariah dan Ushuluddin

Pelatihan Metode Baghdadi tersebut merupakan pelatihan bagi sebagian mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Syariah sebagai bekal sebelum diberangkatkan ke tempat Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Simaan Al-Quran dan Seminar Al-Quran

Forum Mahasiswa Pecinta al-Quràn Se-Jabodetabek memulai agenda awalnya dengan mengadakan simaan al-Quràn di Masjid Raudhatul Quràn Pesantren Takhassus (PeTa) IIQ Jakarta dan Aula Rusunawa PeTA IIQ Jakarta. Majlis dibagi menjadi dua forum, yakni simaan putra dan simaan putri. Namun karena membludaknya jumlah pembaca, maka forum dibagi menjadi tiga majlis.

Temu Alumni IIQ Jakarta 2016

Ikatan Sarjana IIQ Jakarta (ISAI) mengadakan temu alumni di Auditorium IIQ Jakarta. Sebelum acara berlangsung, kegiatan dimulai dengan khotmil Qur`an oleh para alumni IIQ Jakarta. Acara tersebut dimeriahkan dengan penampilan murid-murid Raudhatul Athfal (RA) Raudhatul Qur`an IIQ dengan mendemonstrasikan Metode Baghdadi melalui beberapa lagu-lagu metode tersebut. Selain itu, acara tersebut juga disemarakkan dengan berbagai lomba bagi anak-anak alumni. Di antaranya lomba menyanyi, mewarnai, dan Musabaqah Hifdzil Qur`an (MHQ).

LPPI IIQ: Diskusikan Ayat Poligami Melalui Keragaman Qira’at al-Quran

JAKARTA, Jum’at, 05/02/2016, Lembaga Penelitian dan Pengkajian Ilmiah (LPPI) IIQ Jakarta, menyelenggarakan Seminar Sehari dengan menghadirkan dua narasumber, Dr. Hj. Romlah Widayati MA dan Dr. KH. Ahmad Fathoni MA

Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> Jumlah Data : 347 Semua