Lebih dari 200 Mahasiswa Pascasarjana IIQ Ikuti Pelatihan Riset

( 14-01-2017 Pukul 18:56:49 WIB )

Pascasarjana IIQ Jakarta memberi pelatihan penulisan proposal tesis/disertasi dan jurnal kepada mahasiswa tingkat Magister (S2) dan Doktor (S3). Kegiatan ini dilaksanakan hari Sabtu (14 /1/17) di Aula IIQ Jakarta dengan menghadirkan narasumber ahli Prof. M Arsekal Salim, Gp., M.A., Ph.D, peneliti senior dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta.

 

Dalam sambutan pembukaannya, Direktur PPs IIQ Jakarta Dr. KH. Ahmad Munif Suratmaputera, M.A., menyampaikan, pelatihan ini diberikan sebagai pembekalan bagi para mahasiswa PPs IIQ dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah, baik dalam bentuk artikel, jurnal maupun proposal tesis/disertasi. “Kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa dan kami harapkan dapat melahirkan karya-karya ilmiah yang qualified sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah” ujarnya.

 

Kaprodi Magister Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Dr. Muhammad Azizan Fitriana, M.A. menambahkan, “PPs IIQ Jakarta sengaja menghadirkan narasumber ahli di bidang penelitian untuk mendorong mahasiswa agar dapat menyelesaikan penelitian dengan cepat dan tidak mengabaikan koridor ilmiah yang ditetapkan” paparnya ketika memoderatori acara tersebut.

 

Prof. M Arsekal Salim, Gp., M.A., Ph.D, membuka presentasinya dengan sebuah kalimat menantang yang mebangkitkan semangat para peserta. “Jangan pernah mengaku sebagai mahasiswa kalau tidak pernah meluangkan waktu untuk penelitian” papar alumni Universitas Melbourne ini. Ia menegaskan bahwa tak ada jalan lain dapat menyelesaikan penelitian kecuali dengan terus mengikuti perkembangan terkait topik yang diteliti secara konsisten. “Cara ini tentu menuntut kita untuk meluangkan waktu secara khusus di tengah berbagai kesibukan kita masing-masing. Peneliti juga harus menguasai tehnik-tehnik penulisan dengan baik, dari satu chapter ke chapter yang lain”.

 

Pemaparan materi oleh narasumber disampaikan dengan sangat interaktif sehingga para peserta mengikuti dengan penuh semangat dan antusias dari awal sampai akhir selama kurang lebih 5 jam. Setiap selesai menjelaskan sebuah teknik penulisan, peserta langsung diberikan kesempatan untuk bertanya dan mendiskusikan masalahnya masing-masing dalam penelitian yang relevan dengan teknik yang sedang dibahas.

 

Kegiatan pelatihan ini dihadiri lebih dari 200 mahasiswa PPs IIQ tingkat Magister (S2) dan Doktor (S3), jumlah ini melebihi perkiraan panitia yang hanya menargetkan 150 mahasiswa. Turut hadir dalam dalam kegiatan ini, Prof. Dr. Hj. Huzaemah T. Yanggo, MA, Rektor IIQ Jakarta, Dr. Hj. Nadjematul Faizah, SH, M.Hum, (Warek I), Dr. Hj. Faizah Ali Syibromalisi, MA, (Kaprodi S3 IAT), dan seluruh sivitas akademika PPs IIQ Jakarta. (RF)

 

 

Berita Terkait