Lajnah Al-Quran dan IIQ Jakarta Gelar Diklat Tashih

( 16-09-2017 Pukul 15:18:35 WIB )

BERITA IIQ Online— Lajnah Pentashih Mushaf Al-Quran (LPMQ) Kementerian Agama RI dan Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta menyelenggarakan program pembinaan pentashihan mushaf Al-Quran untuk mahasiswa. Pembukaan pembinaan ini diadakan di aula “Pesantren Takhassus” IIQ Jakarta, Pamulang, Tangerang Selatan, dimulai sejak Sabtu 16/09/2017.

Pelatihan dibimbing langsung oleh ketua LPMQ Bapak Dr. Muchlis M. Hanafi, MA., serta tim dari LPMQ Kemenag RI. Pelatihan ini meliputi teknis-teknis penulisan mushaf, sejarah mushaf Indonesia, sampai kebijakan penerbitan mushaf di Indonesia. Rencananya pelatihan ini akan dilangsungkan dalam 12 sesi sampai dengan tanggal 24 September 2017 setiap hari Sabtu dan Minggu.

Dalam sambutan pembukaan oleh Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan alumni, Dr. Hj. Romlah Widayati, M.A., menyampaikan bahwa sejak penandatanganan MoU IIQ Jakarta dengan LPMQ, baru terlaksana kegiatan pembinaan pentashihan Al-Qur’an. Kegiatan ini diikuti oleh 55 peserta dengan kualifikasi memiliki hafalan minimal 10 juz dan diutamakan yang sudah menghafal 30 juz.

Ketua LPMQ, Dr. Muchlis M. Hanafi, MA. menyampaikan bahwa Lajnah Pentashih Mushaf Al-Quran (LPMQ) mulai tahun anggaran 2017 mempunyai program pembinaan pentashihan mushaf Al-Qur’an bagi mahasiswa. Ada 10 Perguruan Tinggi sudah menandatangani MoU dengan LPMQ. LPMQ menganggap penting penyelenggaraan pembinaan tersebut karena ke depan akan dibutuhkan tenaga baru yang layak, kompeten, teliti, cermat dan tekun dalam bidang pentashihan Al-Qur’an. LPMQ juga membuka kesempatan bagi mahasiswa IIQ untuk magang di kantor LPMQ yang beralamat di Bait Al-Qur’an Taman Mini. (RF)

Berita Terkait