Ketua Umum MUI Beri Kuliah Umum di Pascasarjana IIQ Jakarta

( 02-10-2017 Pukul 15:54:27 WIB )

BERITA IIQ Online — Program Pascasarjana (PPs) IIQ Jakarta menggelar kuliah umum yang bertajuk Makharij Fiqhiyyah sebagai Jawaban Problem Hukum Ekonomi Syariah. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin, ketua umum Majelis Ulama Indonesia sebagai narasumber.

Kuliah umum yang dibuka oleh Rektor IIQ Jakarta Prof. Dr. Hj. Huzaemah T. Yanggo, MA, dan diikuti sedikitnya 150 orang dari kalangan sivitas akademika PPs IIQ Jakarta serta tamu undangan, dilaksanakan pada, Senin (02/10/2017), bertempat di Aula IIQ Jakarta.

Pada kuliah umum yang dimoderatori Dr. Hasanudin, M.Ag tersebut, Kiyai Ma’ruf dalam penyampaiannya mengatakan bahwa, Makharij Fiqhiyyah sebenarnya dapat digunakan tidak hanya dalam masalah ekonomi, namun dapat digunakan juga dalam semua masalah; sosial, politik dan budaya. Kenapa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) baru mengeluarkan fatwa dengan metode makharij fiqhiyyah hanya dalam bidang ekonomi seperti fatwa e-money? dikarenakan permintaan fatwa yang masuk ke DSN-MUI baru tentang e-money. Makharij fiqhiyyah digunakan ketika permasalahan atau permintaan fatwa yang datang kepada DSN-MUI tidak bisa didekati dengan cara biasa atau konvensional maka baru dilakukan dengan cara makharij fiqhiyyah.

Antusiasme peserta yang hadir pada acara kuliah umum cukup besar, hal ini tampak dari pertanyaan-pertanyaan selama diskusi berlangsung baik dari pihak mahasiswa maupun dari pihak dosen.

Penutupan dan doa  kuliah umum disampaikan oleh Direktur Pascasarjana IIQ Jakarta, Dr. KH. Ahmad Munif Suratmaputra, MA. Turut hadir pada kesempatan ini, Dr. Dawud Arief Khan (Warek II), Dr. Hj. Romlah Widayati, MA, (Warek III), seluruh Dekan dan Ketua Program Studi di IIQ Jakarta. (RF)

Berita Terkait

  • Visitasi BANPT ke Pascasarjana IIQ Jakarta
  • Pengumuman Kelulusan Mahasiswa Baru Pascasarjana IIQ Jakarta
  • Ketua DPR RI Kasih Kuliah Umum di IIQ Jakarta
  • Kuliah Umum Program Pascasarjana IIQ Jakarta
  • Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA Beri Kuliah Umum di Pascasarjana IIQ Jakarta