Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta - Kampus Penghafal  Quran
Asesmen Lapangan Prodi Zakat Wakaf, Rektor Berharap Mendapat Hasil Terbaik Asesmen Lapangan Prodi Zakat Wakaf, Rektor Berharap Mendapat Hasil Terbaik
Saturday, 27 Mar 2021 09:15 am
Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta - Kampus Penghafal  Quran

Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta - Kampus Penghafal Quran

Rabu, 24 Maret 2021 merupakan hari yang istimewa bagi Fakultas Syariah khususnya Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf. Karena selama dua hari ke depan pada tanggal 24 dan 25 Maret 2021 hadir dua asesor BAN PT untuk melakukan visitasi dalam rangka akreditasi Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf. Asesmen lapangan ini dilakukan secara online melalui zoom meeting setelah menunggu sejak Desember 2019. Seluruh elemen kampus turut hadir pada kesempatan ini baik secara online maupun offline.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) menugaskan dua orang asesor yaitu Dr. Imam Yahya, M. Ag. dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan Dr. Mochamad Sodik, S. Sos, M. Si.  dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rangkaian kegiatan hari pertama asesmen lapangan ini diawali dengan pembukaan yang berisi sambutan Rektor Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta Ibu Prof. Dr. Hj. Huzaemah Tahido Yanggo, MA, kemudian sambutan dari asesor dan dilanjutkan dengan penayangan video singkat tentang Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IIQ Jakarta.

Rektor IIQ Jakarta dalam sambutannya memaparkan secara singkat profil IIQ Jakarta. Juga turut menjelaskan jika Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf termasuk program studi baru di IIQ Jakarta sehingga masih mencari pengalaman dalam proses asesmen lapangan yang baru pertama kali dilakukan ini. Prodi MZW telah dijalankan berdasarkan Izin Operasional Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No. 361 Tahun 2015. Namun, meski tergolong baru diungkapkan bahwa upaya strategis dan semangat IIQ Jakarta untuk memajukan Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf ini begitu besar mengingat potensi zakat harus dikelola oleh orang yang professional. Tak lupa, beliau turut memberikan informasi terkait jalinan kerjasama IIQ dengan Baznas yang baru saja dilakukan.

Alhamdulillah, atas izin Allah SWT Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf IIQ Jakarta bisa bertahan sampai dengan hari ini dengan segala tantangan-tantangannya, alhamdulillah berkat dukungan dari berbagai pihak, Prodi MZW IIQ tetap bisa eksis. Upaya-upaya strategis terus kami lakukan untuk memajukan Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf dan meningkatkan animo masyarakat menjadi calon mahasiswanya. Alhamdulillah, pada Kamis tanggal 4 Maret 2021, Bapak Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA. Ketua BAZNAS RI beserta dengan seluruh Pimpinan Baznas RI, setuju atas semua usulan MOU yang IIQ sampaikan. Poin penting dari usulan-usulan tersebut adalah perlu adanya keberpihakan dan kerjasama stakeholder (Baznas) untuk memajukan SDM bidang Ziswaf melalui Prodi MZW.” Ungkapnya

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Pusat Kajian Strategis Baznas RI mengundang IIQ Jakarta untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD) membahas tentang Pendirian Laboratorium Manajemen Zakat.

Pada bagian akhir sambutannya, Rektor berharap mendapat hasil terbaik dan menyampaikan permintaan khusus kepada kedua Asesor BAN PT ini agar berkenan memberi arahan untuk mengembangkan program studi Manajemen Zakat dan Wakaf agar menjadi prodi yang unggul dan berprestasi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan singkat dari asesor BAN PT, Dr. Mochamad Sodik, S. Sos, M. Si yang memberikan apresiasi untuk IIQ Jakarta dan juga menyampaikan beberapa informasi.

Agenda hari pertama setelah pembukaan adalah sesi dengan pimpinan unit atau program studi terkait konfirmasi rencana pengembangan UPPS, system tata pamong, system pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan dan lain-lain. Selain itu sesi dengan pelaksana penjaminan mutu internal juga tim akreditasi, alumni dan pengguna ekstrnal.

Pada hari kedua agenda asesor adalah kerja mandiri tim asesor, penyampaian feedback dan penandatanganan berita acara Asesmen Lapangan dan juga Wrap Up. (FP)