Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta - Kampus Penghafal  Quran
Wisuda Digelar Virtual, IIQ Jakarta lepas 228 Sarjana Baru Wisuda Digelar Virtual, IIQ Jakarta lepas 228 Sarjana Baru
Saturday, 12 Sep 2020 00:00 am
Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta - Kampus Penghafal  Quran

Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta - Kampus Penghafal Quran

Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta melepas 228 sarjana baru dalam acara wisuda dan Ke-21 dan Dies Natalis Ke-43 yang dilangsungkan secara daring (online) pada Sabtu, (12/09/2020). Meskipun digelar berbeda dari biasanya, pelaksanaanya tetap berjalan khidmat dan penuh kebahagiaan.

Rektor IIQ Jakarta Prof. Dr. Hj. Huzaemah Tahido Yanggo, MA. dalam sambutannya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada para wisudawan karena telah menjadikan IIQ sebagai tempat kepercayaan untuk menyemai ilmu pengetahuan.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama seluruh civitas akademika Institut Ilmu Al-Quran Jakarta, mengucapkan selamat kepada wara wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Institut Ilmu Al-Quran Jakarta” Ungkapnya.

Selain itu, Rektor IIQ Jakarta menyampaikan petuah penting kepada para wisudawan yang sudah dikukuhkan dan dilepas untuk tetap menjaga nama baik almamater IIQ Jakarta,

“Saya berpesan agar senantiasa menjaga akhlakul karimah dan menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Quran dimanapun anda berkiprah. Karena dengan hal tersebutlah kita akan sukses dan berjaya.” Ungkap wanita lulusan Al-Azhar Mesir ini.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan IIQ Jakarta Ir. H. Rully Chairul Azwar, M.Si, IPU menyampaikan hal yang senada. Beliau turut bergembira dan bersyukur atas keberhasilan para wisudawan yang sekaligus merupakan keberhasilan para orangtua.

“Insya Allah, masyarakat akan selalu memerlukan sarjana IIQ di manapun mereka berada” Ujarnya.

Hadir dalam acara ini Direktur PTKI Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Bapak Prof. Dr. Arskal Salim, GP, M. Ag menyampaikan sambutannya. Belia berharap agar para wisudawan dapat berkontribusi yang sebesar-besarnya demi kemajuan Bangsa dan Negara. Beliau juga berharap agar wisudawan ini dapat membuka lapangan kerja dan menjadikan wabah pandemi sebagai pemantik kreativitas.

“Wisuda IIQ di tahun ini merupakan wisuda yang istimewa yang dilakukan di masa pandemi. Dan mahasiswa yang lulus pada hari ini juga adalah wisudawan yang istimewa. Ini akan menjadi sebuah momentum, sebuah titik sejarah perjuangan wisudawan yang tidak biasa. Saya berharap para wisudawan ini dapat berkreasi dan berinovasi meski dalam era pandemi. Buka pikiran, berikan pandangan, luruskan arah dan tujuan untuk mencari peluang dan potensi-potensi alternatif yang dapat dikembangkan di masa depan”Ungkapnya.

 

Adapun tema yang diusung pada Wisuda dan Dies Natalis Ke-43 Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta kali ini yaitu Meneguhkan Peran Akademik, Sosial dan Moral Pendidikan Tinggi Al-Quran di Masa Pandemi Covid-19 dengan konsep pelaksanaan wisuda prosesi digelar secara tatap muka di Aula Kampus IIQ Jakarta sedangkan peserta wisuda berada dirumah masing-masing seraya memakai toga dan mengikuti melalui kanal zoom. Acara ini disiarkan secara live di media sosial Youtube Institut Ilmu Al-Quran Jakarta.

Jumlah peserta yang diwisuda sebanyak 228 lulusan yang terdiri atas 39 mahasiswa prodi Hukum Ekonomi Syariah, 70 orang mahasiswa prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, 9 mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam dan 88 mahasiswa dari prodi Pendidikan Agama Islam. Selanjutnya dari pascasarjana program studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir sebanyak 13 orang dan prodi Hukum Ekonomi Syariah sebanyak 8 orang.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, IIQ Jakarta kembali memberikan penghargaan berupa beasiswa kepada lulusan terbaik program sarjana S1 dan lulusan terbaik program Magister untuk melanjutkan studi pada Program Pascasarjana IIQ Jakarta. Dua mahasiswa IIQ Jakarta yang meraih predikat sarjana teladan tahun akademik 2019/2020 yaitu Khoirotun Nisa, S. Ag, menyandang IPK 3, 88 dan mahasiswa Pascasarjana Nina Herliana, MH. Dengan IPK 3,80.

Selain Direktur PTKI Kementerian Agama RI, Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M. Ag., hadir juga dalam kesempatan ini Koordinator Kopertais Wilayah I Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, MA, Dewan Pembina dan Pengawas Yayasan IIQ Jakarta, Ketua Yayasan IIQ Jakarta Ir. H. Rully Chairul Azwar, M. Si., IPU. beserta jajarannya, Dewan Penyantun IIQ Jakarta, Para Guru Besar, Para Anggota Senat dan Para Dosen IIQ Jakarta dengan jumlah 254 participant.