No icon

SAMBUTAN REKTOR WISUDA KE 20 DAN DIES NATALIS 42 TAHUN 2019

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. Alhamdulillah, pada hari yang berbahagia ini, kita masih diberikan nikmat sehat dan kekuatan sehingga dapat hadir di Gedung Universitas Terbuka Convention Center ini, dalam rangka melaksanakan Wisuda Sarjana dan Pascasarjana IIQ Jakarta yang ke-20 dan Dies Natalis yang ke-42.

Pada usianya yang ke-42 ini, IIQ Jakarta terus berusaha untuk melakukan pembenahan dan perbaikan, baik pada sisi akademik, maupun non akademik. Cepatnya perkembangan dan perubahan zaman secara strategis mengharuskan IIQ Jakarta untuk dapat merespon peluang dan mengantisipasi tantangan yang sangat dinamis demi kepentingan terwujudnya visi IIQ Jakarta “Menjadi pusat studi dan riset Al-Qur’an terbaik dan terdepan di dunia”. Dari proses perbaikan tersebut, beberapa capaian yang diperoleh antara lain adalah: Program studi di IIQ Jakarta yang berhasil memperoleh peringkat akreditasi “A” antara lain: Prodi  S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah, Prodi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Prodi S1 Hukum Ekonomi Syariah memperoleh akreditasi “B”.

Pada penghujung tahun 2018 kemarin, IIQ Jakarta mendapat hasil Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) untuk pertama kalinya dengan peringkat Akreditasi Baik Sekali “B” dan Program Studi S2 Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) memperoleh peringkat “B”. Sedangkan pada tahun 2019 ini program studi baru yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) mendapatkan peringakat akreditasi “B” disusul program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang kemarin tanggal 21-23 Agustus baru saja dilaksanakan asesmen lapangan. Selanjutnya 4 program studi yaitu: Prodi S1 Manajemen Zakat Wakaf (MZW), Prodi S2 Hukum Ekonomi Syariah (HES), Prodi S2 Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Prodi S3 Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) yang saat ini masih dalam proses Akreditasi dan Reakreditasi. Kita berharap semoga semuanya mendapatkan nilai yang maksimal.

Selanjutnya prestasi para Mahasiswi IIQ Jakarta di tingkat nasional dalam bidang tilawah dan tahfiz: Ananda Wahyu Rumiati (juara I) dan Fatmah Muthi'ah, (juara III) Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) Tingkat Nasional di Pontianak 2019. Ananda Nila Wahyuni, Rafika Dewi dan Ameliatul Khoiriyah  (Juara III) pada Musabaqah Hafalan Al-Qur’an (MHQ) tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia 2019. Juara tingkat Internasional dalam bidang Tilawah dan Tahfidz adalah:  Ananda Rifda Farnida, mahasiswi Pascasarjana IIQ, mendapat juara II Musabaqah Tahfidz al-Qur’an di Jordan, dan ananda Kamisatudduha meraih juara I MTQ Internasional di Malaysia. Syair Arabi ananda

Selain prestasi dalam bidang ke Qur’anan, mahasiswi IIQ juga berprestasi dalam bidang lainnya, seperti juata Tae Kwon Do tingkat nasional, bidang seni syair Arabi.

Begitu juga dengan dosen-dosen IIQ Jakarta, setiap MTQ dan STQ nasional banyak dilibatkan dan ditetapkan oleh pemerintah c.q. Kemenag RI untuk menjadi dewan hakim, bahkan menjadi koordinator dewan hakim STQ tingkat nasional tahun 2019.

Pada tahun ini juga alhamdulillah 3 dosen IIQ Jakarta berangkat  ke Timur Tengah yaitu Dr. M. Ziyad Ulhaq, MA. mengikuti kegiatan Pelatihan Dai dan Imam di Universitas Al-Azhar Mesir, KH. M. Haris Hakam, MA. mengikuti program Daurah Ilmiah Internasional di Hadramaut Yaman dan Dr. M. Ulinnuha, MA. bertugas sebagai konsultan haji di Arab Saudi.

Hadirin yang terhormat

Pada kesempatan ini, perkenankan saya menyampaikan hal-hal sebagai berikut: Jumlah seluruh wisudawan tahun 2019 ini sebanyak 331 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Program sarjana (S1)  dan Program Magister (S2).

Kepada para wisudawan Program Sarjana (S1) sangat diharapkan untuk melanjutkan studinya pada program magister (S2) Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta dan kepada wisudawan program magister untuk dapat melanjutkan ke Program Doktor (S3) Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Alhamdulillah pada tahun akademik ini 2019-2020 IIQ Jakarta kembali dipercaya untuk menyelenggarakan Program Beasiswa Kader Ulama Perempuan Kemenag RI Program Doktor Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Konsentrasi Ilmu Qira’at. Hal ini merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya yang juga menyelenggarakan program beasiswa Kemenag RI Program Magister (S2) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) kelas khusus Internasional dengan pengantar bahasa Arab.

Terima kasih kepada Menteri Agama atas bantuan dan dukungan selama ini kepada IIQ Jakarta; termasuk santunan langsung oleh Menteri Agama RI kepada 238 mahasiswa terdampak musibah kebakaran IIQ, pada 12 Oktober 2018 serta bantuan sarana dan prasarana gedung asrama terdampak musibah yang dialami IIQ tersebut.

Dalam kaitan ini, saya sampaikan kabar gembira kepada seluruh hadirin, khususnya bagi mahasiswa dan mahasiswi yang akan diwisuda, bahwa Program Pascasarjana IIQ memberikan beasiswa kepada lulusan terbaik program sarjana S1 dan lulusan terbaik Program Magister untuk melanjutkan studi pada Program Pascasarjana IIQ Jakarta.

Pada kesempatan ini juga, atas nama pimpinan dan segenap civitas akademika IIQ Jakarta, kami ucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan program Sarjana strata satu dan program Magister atas keberhasilannya menyelesaikan studi di IIQ Jakarta. Kepada orang tua, wali asuh, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan, saya sampaikan selamat dan penghargaan atas jerih payah dan dukungan tanpa henti kepada putra-putrinya sehingga mereka berhasil menamatkan studinya. Syukur kepada Allah Swt, atas keberhasilan putra-putri kita dalam menempuh jenjang studi mereka, semoga ilmu yang didapat selama studi di kampus ini menjadi bekal berharga dalam menyongsong kehidupan yang lebih baik. Terutama terkait dengan upaya-upaya pengembangan kajian keislaman di bidang ilmu Al-Qur’an.

Kepada para wisudawan, saya berpesan agar senantiasa menjaga akhlakul karimah dan menjunjung tinggi nilai-nilai Al-Qur’an di manapun anda berkiprah. Karena dengan hal tersebutlah kita akan sukses dan berjaya, sebaliknya dengan mengabaikan hal itu, niscaya kita akan gagal dalam perjuangan di masyarakat. Oleh karena itu, menjadi tugas kita bersama, baik kami yang berada di dalam kampus, maupun saudara-saudari yang berkiprah di luar, untuk selalu menegakkan akhlak mulia, menyebarkan risalah Islam rahmatan lilalamin dan menjaga nama baik almamater IIQ tercinta.

Bapak dan Ibu yang kami hormati

Adapun jumlah pendaftar mahasiswa baru pada tahun akademik 2019-2020, sebanyak 738 orang, sedangkan jumlah yang diterima sebanyak 559 orang. Kepada para mahasiswa/i baru, kami ucapkan Ahalan wa Sahlan ke kampus Al-Qur’an Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ)  Jakarta tercinta, semoga anak-anakku semua mendapat ridha dari Allah swt, agar mampu juga menyelesaikan kuliahnya seperti kakak-kakaknya yang diwisuda pada hari ini.

Hadirin yang kami hormati

Alhamdulillah jumlah mahasiswa terus meningkat, begitu juga kebutuhan sarana dan prasarana IIQ Jakarta semakin bertambah, alhamdulillah kebutuhan tersebut terus difasilitasi oleh Yayasan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ).

Saya atas nama pimpinan dan seluruh sivitas akademika IIQ, menyampaikan terima kasih kepada Ketua Dewan Pembina Yayasan IIQ, Bapak H.R.S Museno, SH. Pembina Yayasan IIQ Ibu Hj. Harwini Joesoef, atas dukungannya selama ini kepada IIQ. Kepada Ketua Umum Yayasan IIQ, Bapak Ir. H. Rully Chaerul Azwar, M.Si, IPU serta segenap jajaran pengurus Yayasan IIQ Jakarta, yang terus mendukung program-program IIQ Jakarta. Kepada seluruh Dosen dan tenaga kependidikan, yang terus berkomitmen mencurahkan tenaga dan waktunya, untuk melaksanakan tugas Tridharma Perguruan Tinggi hingga berhasil mengantarkan mahasiswa/i IIQ untuk mencapai puncak prestasi akademiknya. Terima kasih kepada seluruh orang tua/wali mahasiswa yang telah mempercayakan IIQ sebagai wadah pendidikan bagi anak-anaknya diwisudakan hari ini, tamu undangan atas perkenan hadir pada acara wisuda ini. Terakhir terima kasih kepada Ibu Dr. Hurriyah El Islamy, Anggota Badan Pengelola Keuangan Haji yang akan menyampaikan orasi ilmiah dengan tema “Memperkokoh Dimensi Spiritual Qur’ani di Era Revolusi Industri 4.0” dalam rangka Wisuda dan Dies Natalis pada tahun ini, semoga dapat membantu program-program IIQ ke depan.

Demikianlah sambutan singkat yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan Wisuda dan Dies Natalis IIQ Jakarta ini para alumni baru dan civitas akademika IIQ Jakarta dapat berperan serta dalam pembangunan spiritual masyarakat Indonesia.

Comment