No icon

Pengurus BKKBM IIQ Jakarta Sudah Dilantik, Diharapkan Kompak dalam Bekerjasama

Pengurus BKKBM IIQ Jakarta Sudah Dilantik, Diharapkan Kompak dalam Bekerjasama

Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta menggelar Pelantikan Pengurus BKKBM (Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa) masa bakti 2021-2022 secara virtual, Sabtu (17/4/2021).

Acara pelantikan periode kali ini memiliki kesan yang berbeda, karena diadakan melalui telekonferensi aplikasi Zoom, serta media pendukung lain yaitu Youtube. Kendati demikian, acara pelantikan tetap berlangsung khidmat dan berjalan sesuai rencana, walaupun ada sedikit kendala sinyal pada beberapa peserta. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor IIQ Jakarta, para Warek, seluruh Dekan Fakultas, Kaprodi, Pimpinan dan Direktur Pesantren Takhasus IIQ Jakarta, serta para dosen pembimbing BKKBM.

Adapun menurut informasi dari ketua pelaksana pelantikan, Syisyi Nur Annisa (Tarbiyah/IV), acara pelantikan kali ini dihadiri oleh 191 mahasiswi beserta para dosen yang mengikuti melalui Zoom, dan 695 mahasiswi yang menonton melalui kanal Youtube.

Diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana, dan dilanjut dengan pembacaan Surat Keputusan Sema (Senat Mahasiswa), Dema (Dewan Eksekutif Mahasiswa) IIQ, serta UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) oleh Sekretaris Jendral Nazwatul Fadhilah (IAT/IV) berlangsung dengan khidmat. Para pengurus pada lembaga ini dilantik langsung oleh Warek III, Romlah Widayati. Adapun para pengurus Dema Fakultas dilantik langsung oleh Dekan Fakultas masing-masing, diantaranya Bapak Muhammad Ulinnuha Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Ibu Muzayyanah Dekan Fakultas Syariah, dan Ibu Esi Hairani Dekan Fakultas Tarbiyah. Agenda setelahnya yakni pengucapan ikrar pelantikan, yang dipimpin oleh Aminah Al-Khairy selaku Pimpinan Sema IIQ Jakarta, dan diikuti oleh seluruh pengurus BKKBM.

Rektor IIQ Jakarta, Prof. Hj. Huzaemah Tahido Yanggo, MA dalam arahannya mengatakan bahwa para pengurus diharapkan dapat bekerja sama dalam membuat program yang positif, serta aktif memberi masukan kepada Institut demi peningkatan kualitas mahasiswi IIQ Jakarta. Pada sambutannya kali ini, Ibu Huzaemah mengajak pengurus untuk terus bersosialisasi kepada masyarakat dan mahasiswi baru nanti, perihal bagaimana kegiatan selama perkuliahan, dan seperti apa hasil yang didapatkan oleh mahasiswi ketika menimba ilmu di IIQ. Hal demikian dilakukan guna menyebarluaskan ilmu-ilmu ke-Al-Qur’an-an yang menjadi ciri khas IIQ, serta menambah ketertarikan masyarakat terhadap IIQ Jakarta.

“Apalagi adanya penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini, kami mengharapkan dari semua pengurus yang sudah dilantik tadi agar menyampaikan, dan mensosialisasikan apa  yang telah dicanangkan oleh Pimpinan Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta tentang penerimaan mahasiswa baru ini. Dan memberikan penjelasan kepada mereka tentang bagaimana Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta”, kata Prof. Huzaemah.

Dalam arahannya, Prof. Huzaemah juga mengingatkan bagi para pengurus BKKBM untuk terus kompak dalam bekerja sama, konsisten dalam mengamalkan apa yang telah diikrarkan, dan tidak mengandalkan satu sama lain dalam menjalankan tugas.

“Karena kalau dalam bersatu itu sama dengan sapu lidi, kalau satu sapu lidi tidak bisa dipakai menyapu, tetapi kalau dikumpul menjadi satu sapu, maka semua yang berat akan menjadi ringan. Seperti dalam pepatah, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”, Jelas Ibu Huzaemah.

Kemudian, setelah berakhirnya sesi arahan dan sambutan dari Rektor IIQ, acara tersebut ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Romlah Widayati selaku Warek III.

Selain pelantikan, pengurus BKKBM juga diwajibkan untuk mengikuti kegitan upgrading. Menurut Presiden Dema IIQ, Shofwah Fahazehru (IAT/VI) diadakannya upgrading guna menambah wawasan bagi pengurus untuk memahami bagaimana siklus organisasi di IIQ, karena tidak semua pengurus terpilih, sebelumnya pernah menjadi bagian dari pengurus BKKBM.

Kegiatan upgrading tersebut dilaksanakan selama dua hari, terhitung setelah pelantikan, Sabtu siang (17/4/2021), kemudian dilanjut keesokan harinya, Minggu pagi (18/4/2021). Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini diantaranya, materi Akademik dan Kemahasiswaan oleh Iffaty Zamimah, materi Administrasi Kesekretariatan oleh Rahmatul Fadhil, dan materi Administrasi Keuangan oleh Nur Yunita.

Para pengurus sangat antusias dalam mengikuti kegiatan kali ini, banyak dari mereka yang bertanya perihal program dan kinerja apa saja yang wajib dilakukan oleh pengurus BKKBM IIQ. Hal demikian menandakan semangat baru mulai muncul dari para pengurus baru yang terpilih. Adanya pengurus BKKBM yang baru ini menjadi suatu harapan besar bagi seluruh civitas akademik serta para mahasiswi IIQ Jakarta.

Selamat menjalankan tugas para pengurus BKKBM periode 2021-2022, semoga tetap konsisten dalam mengemban amanah, walaupun dengan adanya pandemi kali ini menjadi tantangan yang berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.  

Comment