No icon

IIQ Jakarta Helat Peringatan Nuzulul Qur’an dan Milad Ke-44, Anis Baswedan, Pimpinan MPR RI, Hingga

IIQ Jakarta Helat Peringatan Nuzulul Qur’an dan Milad Ke-44, Anis Baswedan, Pimpinan MPR, Hingga Wakil Presiden Beri Ucapan Selamat

Tangerang Selatan- Kamis, 29 April 2021, Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta memperingati Nuzulul Qur’an 1442 H sekaligus acara puncak Milad IIQ Jakarta yang ke-44 dengan mengusung tema “IIQ Hebat, Perempuan Bermartabat, Indonesia Kuat”.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan parade membaca Al-Quran oleh Qari’ah terbaik IIQ Jakarta, Khamisatudduha, Yanti Susanti, Siti Badi’atul Firdaus, Rahmawati Hunawa serta Qariah legendaris Indonesia yaitu Ibu Dra. Hj. Maria Ulfa, MA. Lantunan ayat suci Al-Quran dan shalawat yang disampaikan oleh para Qariah tersebut begitu menggetarkan hati bagi siapapun mendengarnya.

Sementara itu, KH Muhammad Haris Hakam, MA. ditunjuk sebagai pengisi tausyiah dengan tema Nuzulul Qur’an. Beliau merupakan da’i kondang TV ONE dan juga dosen IIQ Jakarta. Diketahui, setiap tanggal 17 Ramadan diperingati sebagai malam turunnya Al Qur'an untuk seluruh umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW.

Rektor IIQ Jakarta Ibu Prof. Dr. Hj. Huzaemah Tahido Yanggo, MA. dalam sambutannya menyampaikan kilas balik IIQ selama 44 Tahun berkiprah. Rektor juga menyampaikan terimakasih kepada para tamu undangan yang berkesempatan hadir, lebih khusus kepada Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak KH. Ma’ruf Amin yang bersedia memberikan sambutan selamat milad kepada IIQ Jakarta, ucapan ini direkam langsung dari Istana Wakil Presiden Republik Indonesia melalui video conference.

Selain itu, beberapa pejabat tinggi negeri dan tokoh Nasional juga turut serta memeriahkan hari lahir IIQ Jakarta yang Ke-44 ini dan memberikan ucapan selamat. Diantaranya adalah Menteri Ketenagakerjaan Ibu Dr. Hj. Ida Fauziyah, M. Si, kemudian Wakil Ketua MPR RI Bapak Dr. H. Jazilul Fawaid, SQ, MA, Gubernur DKI Jakarta Bapak H. Anies Baswedan, beliau juga bahkan mengirim karangan bunga untuk IIQ, Ustad Yusuf Mansur Da’i kondang Indonesia yang turut hadir pada kanal zoom, Bapak Nadirsyah Hosen yang menyapa dari Australia, Tokoh perempuan Ibu Prof. Zaitunah Subhan, juga Ibu Sri Safitri Direktur PT Telkom Indonesia. Dan masih banyak tokoh lain yang hadir pada kesempatan yang berbahagia ini. Begini ucapan selamat Milad dari para Tokoh Nasional:

Bapak Jazilul Fawaid, Wakil Ketua MPR RI yang juga alumni IIQ Jakarta,

“Assalamualaikum wr wb, saya Jazilul Fawaid, Wakil Ketua MPR RI, alumni Institut Ilmu Al-Quran Jakarta, mengucapkan selamat Hari Lahir Institut Ilmu Al-Quran Jakarta yang Ke-44 tahun. Semoga IIQ Jakarta di usia yang ke-44 tahun IIQ terus membaktikan diri, mencetak para hafidzoh para sarjana perempuan di Indonesia yang dapat mendorong peningkatan sumber daya manusia di Indonesia. Sekali lagi selamat Harlah yang Ke-44 Tahun Institut Ilmu Al-Quran, Semoga semakin maju, semakin berjaya.

Ucapan selamat Milad dari Ibu Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia,

“Assalamualaikum wr wb. Saya Ida Fauziah Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia mengucapkan Selamat Hari Lahir yang Ke-44 Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta. Kita semua tau IIQ Jakarta adalah Perguruan Tinggi Al-Qur’an yang memiliki reputasi baik, baik di dalam maupun di luar Negeri. Telah melahirkan banyak pakar dan sarjana Al-Quran. Semoga semakin bertambah usia, IIQ Jakarta makin maju dan makin mengharumkan nama Indonesia dalam kajian ilmu-ilmu Al-Qur’an.”

Ucapan selamat Milad dari Bapak Anis Baswedan,

“Assalamualaikum wr. wb. Mengucapkan selamat 44 tahun perjalanan Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta yang tak hentinya mencetak para pencerah dan pengamal kalamullah lintas zaman, lintas generasi. Seperti kita ketahui bahwa Al-Quran memuat semua ilmu, menjadi tuntunan dan menjadi petunjuk hidup bagi kita semua umat manusia. Karena itu, saya mengapresiasi IIQ Jakarta yang mengambil peran untuk membuka pintu bagi kita semua untuk mengenal, mempelajari, mendalami, dan mengambil manfaat dari pedoman hidup kita, Al-Quranul Karim. Sekali lagi selamat hari ulang tahun ke-44 IIQ. Salam hangat untuk kita semua.”

Ucapan selamat Milad dari Ustad Yusuf Mansur,

“Assalamualaikum wr. Wb. InsyaAllah, mudah-mudahan seluruh keluarga besar IIQ mendapatkan keberkahan, kemuliaan, fadhilah, kehebatan, kemukjizatan dari Al-Quranul Karim, InsyaAllah, Amin. Percaya percaya, udah keliatan kok. Dimana saja keluarga besarnya InsyaAllah barokah hidupnya dunia akhirat, karena emang bersama Al-Quran. Selamat buat IIQ, dari saya Yusuf Mansur, maju terus, tambah buagus, nanti gedungnya tambah fasilitasnya, nambah sarana prasarananya, nambah gaungnya juga dan nambah kiprahnya juga, semua yang menjadi keluarga besar IIQ. Kehormatan buat saya menjadi keluarga besar IIQ”

Sambutan dan Ucapan Selamat Milad IIQ Jakarta dari Wakil Presiden RI

“Hadirin dan undangan sekalian, pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan ucapan selamat Harlah ke-44 IIQ Jakarta.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang tingkat sarjana S1 nya khusus untuk perempuan dan memiliki konsentrasi pada kajian-kajian ilmu-ilmu Al-Qur’an, keberadaan IIQ telah terbukti membawa kemaslahatan dan kemanfaatan besar bagi kehidupan kebangsaan, kemasyarakatan dan keagamaan di Indonesia.

IIQ telah terbukti berhasil menjadi tempat yang menyemai bukan saja para calon penghafal Al-Qur’an, hamilatul Qur’an, tetapi juga orang-orang yang memiliki pemahaman yang baik isi dan kandungan Al-Qur’an.

Kampus ini telah memerankan fungsinya menyiapkan para ahli agama khususnya ilmu-ilmu Al-Qur’an, sebagaimana Firman Allah swt dalam Al-Qur’an, yang artinya “Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semua ke medang perang, mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila telah kembali kepada-Nya, supaya mereka itu dapat menjaga diri-Nya.”

Lebih dari itu IIQ juga diharapkan dapat menyiapkan para lulusan yang mampu menjadi agen perubahan di masyarakat al-muslihuna wal muslihat.

Saya meyakini bahwa Al-Qur’an merupakan sumber kebaikan, manbaul khairat wal hasanat, yang apabila kita menggali dan mendalaminya maka akan diperoleh bekal yang cukup untuk melakukan perbaikan-perbaikan (istislaahat) dalam segala aspeknya,

Oleh karena itu, para alumni IIQ yang rata-rata hafal Al-Qur’an dan memahami maksud dan kandungannya saya yakin mampu menjadi agen perubahan baik dalam aspek keagamaan (al-umur al-diniyyah), aspek kemasyarakatan (al-umur al-ijtima’iyyah), maupun aspek kebangsaan (al-umur al-wathaniyyah).

Apa yang dilakukan IIQ sejalan dengan program pemerintah dalam menyiapkan SDM unggul, yaitu SDM yang sehat, cerdas, produktif, memiliki daya saing, mampu bersaing, memiliki semangat tinggi, dan memiliki wawasan kebangsaan serta memiliki akhlak yang mulia atau akhlak yang Qur’ani,

SDM yang tidak sekedar saleh dalam arti spiritual dan juga sosial, melainkan juga SDM yang mampu melakukan perubahan dan perbaikan-perbaikan (al-muslihun wal muslihat) pada masyarakat dan lingkungannya agar mereka menjadi masyarakat yang salihin dan salihat.

Karena menurut Al-Qur’an yang berhak mewarisi dunia ini adalah para hamba Allah yang saleh sebagaimana disebutkan dalam surat al-Anbiya ayat 105: “Dan sungguh telah kami tulis dalam kitab Zabur sudah tertulis di dalam al-dzikr (lauhul mahfudh), bahwa bumi ini akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang saleh,”

Sekali lagi saya menyampaikan Selamat Harlah ke-44 kepada seluruh civitas akademika dan keluarga besar IIQ Jakarta. Semoga semakin maju, berjaya, dan dapat menjadi pilar pendidikan tinggi keagamaan Islam di Indonesia yang berbasis Al-Qur’an.

Dengan tema ‘IIQ Hebat, Perempuan Bermartabat, Indonesia Kuat’ diharapkan kampus ini akan didapat semakin memberi kontribusi pada pembangunan nasional, khususnya untuk mempersiapkan SDM unggul, khususnya dari kalangan perempuan demi terwujudnya Indonesia maju yang kita cita-citakan

Semoga Allah swt senantiasa memberikan inayahnya dan meridhoi semua ikhtiar yang kita lakukan. Amin ya Rabbal Alamin.

Sebagai informasi, saat ini Institut Ilmu Al-Quran Jakarta sedang membuka penerimaan mahasiswa baru. Adapun waktu pendaftaran dan jadwal ujian sebagai berikut:

Pendaftaran Tahap I  dibuka pada tangga 11 Januari s.d. 9 Juli 2021, sedangkan Pendaftaran Tahap II dibuka pada 10 Juli s.d. 9 Agustus 2021. Untuk info selengkapnya silahkan hubungi bagian pendaftaran atau melalui www.pmb.iiq.ac.id

Institut Ilmu Al-Quran Jakarta memiliki mahasiswa dan alumni yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

 

 

 

 

Comment