No icon

Mahasiswi Tarbiyah IIQ Jakarta Juara Lomba Cerdas Cermat Syarah Talwin Ushul Asy-Syathibiyyah

Mahasiswi Tarbiyah IIQ Jakarta Juara Lomba Cerdas Cermat Syarah Talwin Ushul Asy-Syathibiyyah

Ahad, 04 Juli 2021 M yang bertepatan pada 24 Dzul Qo’dah 1442 H salah satu mahasiswi Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Choirunnisa, telah menjadi juara II pada ajang lomba Cerdas Cermat Syarah Talwin Ushul Asy-Syathibiyyah (tentang qiroat sab’ah) yang diadakan oleh Markaz Qiroat Indonesia (MQI) secara virtual.  Mahasiswi semester VIII ini sudah sejak semester II menunjukkan ketertarikan dan kecintaanya pada ilmu Qiroat, sehingga ia tidak berhenti menuntut ilmu itu di IIQ saja. Kemudian pada akhir tahun 2019 ia juga melanjutkan proses belajarnya melalui sebuah akun youtube atas nama UfiQatar Channel yang kemudian menghantarkannya pada sebuah daurah syarah talwin ushul asy-syathibiyyah yang berlangsung selama kurang lebih 4 bulan, di mana daurah tersebut dibimbing oleh Ustadz Mochamad Ihsan Ufiq, Lc. (Pembina MQI, Imam salah satu Masjid di Qatar dan Mujaz Qiroat Mutawatirah). Daurah tersebut diikuti oleh 40 peserta yang pada akhirnya terpilih 9 peserta terbaik untuk mewakili peserta lainnya dalam evaluasi pembelajaran melalui lomba cerdas cermat.

Lomba Cerdas Cermat Syarah Talwin Ushul Asy-Syathibiyyah (tentang qiroat sab’ah) dihadiri dan dinilai langsung oleh dewan penguji, adapun dengan penguji dalam lomba tersebut adalah:

  1. Dr. KH. Ahmad Fathoni, Lc., MA.

(Dosen Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Anggota Lajnah Pentashih Mushaf Indonesia, Penulis buku Metode Maisura dan beberapa buku bidang ulum al-Qur’an).

  1. Ustadz Mochamad Ihsan Ufiq, Lc.

(Pembina MQI, Imam salah satu Masjid di Qatar dan Mujaz Qiroat Mutawatirah).

  1. Syaikh Hisham Abdul Bari Ragih, Lc

(Mudir Akademik Al-Qur’an Bandaraya Islam di Kelantan Malaysia dan Mujaz Qiroat Mutawatirah). Di mana beliau khsusus menguji untuk peserta jamak qiroat.

Acara lomba ini juga dihadiri oleh tamu kehormatan yakni Ibunda Dr. Hj. Romlah Widayati, MA (Wakil Rektor III Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, Anggota Lajnah Pentashih Mushaf Indonesia dan Pimpinan Pusat Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffazh).

Dalam perlombaan Choirunnisa tidak berdiri sendiri, ia bersama dengan Fiiki Qomariyatul Jannah (Magetan-Jawa Timur) dan Ahmad Ashof (Daerah Istimewa Yogyakarta) dalam satu kelompok.

Untaian syukur dan bangga diucapkan oleh kerabat-kerabatnya di sosial media.

Comment