No icon

IIQ Jakarta Lakukan Vaksinasi Program Jaga Kyai Dari Baznas

IIQ Jakarta Lakukan Vaksinasi Program Jaga Kyai Dari Baznas

Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta mengadakan kegiatan vaksinasi program jaga kyai dari Baznas untuk mahasiswa dan masyarakat yang bertempat di Pesantren Takhassus IIQ Jakarta, Jl. Moh. Thoha No. 31, Pamulang, Tangerang Selatan pada Rabu, (22/09/2021).

Kegiatan hari ini merupakan vaksinasi pertama bagi IIQ dengan bantuan Kemenag dan Baznas yang sedang gencar melakukan program kita jaga kyai.

Program Kita Jaga Kyai ini diharapkan dapat mempercepat capaian vaksinasi secara nasional dan melindungi para kyai dan warga di lingkungan pondok pesantren agar lebih sehat dan kuat di masa pandemi.

Kegiatan Vaksinasi ini sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19 di lingkungan IIQ Jakarta dan turut ikut mendukung upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Jenis vaksin yang dipergunakan dalam kegiatan ini adalah astrazeneca. Dalam penyediaan dosis vaksin, Rumah sehat Baznas juga dibantu oleh pihak Puskesmas Pamulang.

Pada tahap pertama pelaksanaan vaksin di asrama IIQ ini ditargetkan 100 orang. kegiatan vaksinasi ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa, namun juga terbuka bagi masyarakat umum.

Menurut dr. Yose Rijal yang mengawal kegiatan ini, vaksinasi dilakukan bukan untuk mengobati tapi untuk mencegah pada saat terpapar virus covid, agar tidak sampai mengarah ke gejala sedang sampai berat. “Dengan adanya program vaksin ini diharapkan terbentuknya antibody untuk virus covid-19 ini.” Kata dr. Yose Rijal

Pada acara ini ada dua dokter yang menangani yaitu dr. Dewi Hapsari, dan dr. Yose Rijal sebagai penanggung jawab screening dan injeksinya. Selain itu, dibantu dengan tenaga perawat, bidan, dan tenaga administrasinya.

“Intinya kita harus sehat, prokes harus di jaga, jaga jarak pake masker, cuci tangan” Tutur dokter Rijal.

Selain di IIQ, pada program Jaga Kyai ada Pesantren 105 yang daftar yang tersebar di berbagai wilayah.

Sementara itu, Ketua Satgas covid 19 bapak Rahmatul Fadhil, MA mengucapkan terimakasih  kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam terselenggaranya kegiatan vaksinasi ini. "Alhamdulillah kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar. InsyaAllah vaksinasi tahap kedua bagi peserta yg vaksinasi hari ini akan dilaksanakan kembali di Pesantren Takhasus IIQ Jakarta 3 bulan ke depan" tandasnya

Pada saat proses vaksinasi, mahasiswa akan melewati empat tahap. Pada tahap pertama, akan dilakukan validasi data registrasi, kemudian dilanjutkan dengan skrining kondisi kesehatan, vaksinasi, dan observasi, untuk mengetahui ada tidaknya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

Adapun syarat dan ketentuan penerima vaksin sebagai berikut; Usia peserta diatas 18 tahun, membawa foto copy KTP dan Pulpen, fotocopy KK bagi yang belum memiliki KTP, No Hp yang aktif untuk penerimaan sertifikat, dan mematuhi protokol kesehatan.

Comment