No icon

Fakultas Tarbiyah adakan Kegiatan Jadi Jurnalis Andal di Era Pandemic

Fakultas Tarbiyah adakan Kegiatan Jadi Jurnalis Andal di Era Pandemic

Minggu, 17 Oktober 2021 Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan Academic Writing Class dengan mengusung tema: “Menjadi Jurnalis Andal di Era Pandemic” melalui media zoom meeting. Kegiatan ini merupakan kegiatan berkala atau dilaksanakan per bulan  dan bekerja sama dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (DEMA-FT). Dan narasumber dalam kegiatan ini Bapak Drs. Nanang Saikhu, M.Si (Pimpinan Redaksi TV UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Kegiatan ini hadiri lansung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd, Kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA.Pd, Kaprodi PIAUD Ibu Hasanah, M.Pd, dosen fakultas tarbiyah. Dan seluruh mahasiswa yang menjadi peserta kegiatan Academic Writing Class mahasiswa  fakultas tarbiyah baik dari prodi PAI maupun PIAUD.

Pada sesi pembukaan, diawali dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd, yang menyampaikan bahwa “Academic Writing Class,” ini adalah skill yang harus di miliki setiap dosen dan mahasiswa.” Selain itu, dekan juga memberikan memotivasi agar kita semua menjadi the winner/pemenang tapi jangan menjadi pengeluh abadi.” Tutur dari Ibu tiga orang anak ini.

Selanjutnya, narasumber Drs. Nanang Saikhu,M.Si menyampaikan materi terkait tema: Menjadi Jurnalis Handal di Era Digital. Narasumber menjelaskan bahwa antara jurnalis dan penulis  ada perbedaannya. Menurutnya, “Jurnalis itu adalah basis nya hal-hal yang aktual dan objektif dengan langsung turun ke lapangan. Sedangkan, seorang penulis itu bersifat subjektifitas yang bersifat opini dan gagasan.

Lebih lanjut Pak Nanang menjabarkan dengan mengutip jurnalis asing dari Alvin Toffler yang berbunyi: “Siapa menguasai informasi akan menguasai dunia.” Tandas Ketua Pramuka di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut. Tak sebatas membahas materi, acara juga berlanjut dengan sesi diskusi. Acara ini belansung dengan marak dari awal sampai akhir. Dan dikahiri dengan do’a.  (R.S)

 

Comment