No icon

DEMA IIQ Jakarta Sukses Selenggarakan Webinar Nasional IIQ Fest dengan Tema “Al-Quran, Generasi Muda

DEMA IIQ Jakarta Sukses Selenggarakan Webinar Nasional IIQ Fest dengan Tema “Al-Quran, Generasi Muda dan Wawasan Moderasi Agama”

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IIQ Jakarta sukses menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Al-Quran, Generasi Muda dan Wawasan Moderasi Agama” pada hari Minggu, (07/11/2021).

Webinar ini merupakan closing dari rangkaian kegiatan IIQ Fest 2021. Pada penyelenggaraan acara yang luar biasa ini, DEMA IIQ Jakarta bekerjasama dengan seluruh BKKBM IIQ Jakarta sebagai upaya untuk mewujudkan generasi Al-Quran yang berkualitas dan berintegritas tinggi.

Acara yang digelar secara virtual ini menghadirkan dua narasumber yang hebat yakni Habib Husein Ja’far Al-Hadar dan bapak Muhammad Hizbullah, S. Sos, MA yang kemudian membahas bagaimana generasi muda dalam perspektif Al-Quran, bagaimana generasi muda dalam implementasi moderasi beragama dan bagaimana agar generasi muda berprestasi ditengah laju kecepatan teknologi yang semakin tinggi.

Presiden Mahasiswa IIQ Jakarta Shofwah Fahazehru dalam sambutannya menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan IIQ Fest dan Webinar Nasional ini adalah untuk menjadi sarana uji kemampuan bakat muda mudi se-Indonesia. Menurutnya, hal ini penting untuk melihat sejauh mana keaktifan, kekreatifan serta kecintaan generasi muda Indonesia terhadap Al-Quran.

“Mudah-mudahan dengan adanya IIQ Fest 2021 dan Webinar Nasional ini diharapkan setiap mahasiswa IIQ Jakarta khususnya, peserta dan masyarakat pada umumnya dapat menikmati betapa indahnya mengamalkan Kitab suci Al-Quran dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan kualitas diri dan rasa cinta terhadap Al-Quran” Kata Shofwah.

Warek III IIQ Jakarta Dr. Hj. Romlah Widyawati, MA mengucapkan selamat atas kerja keras seluruh panitia pada kegiatan lomba festival IIQ tahun 2021 ini. Warek III mengungkap hal senada, bahwa tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk mengajak para siswa dan siswi agar mencintai kitab suci Al-Quran. “Diharapkan ilmu yang sudah di dapatkan ini akan menjadi bekal untuk mengkaji dan mengukur kemampuan-kemampuan anda” Ungkap Warek.

Selanjutnya, Rektor IIQ Jakarta Dr. Hj. Nadjematul Faizah, SH., M. Hum turut menyampaikan sambutannya. Rektor mengatakan bahwa mahasiswa Institut Ilmu Al-Quran, kata kuncinya ada pada Al-Quran. Sehingga hal ini memang menjadi kekhususan IIQ Jakarta.

Terkait dengan tema yang diusung, Rektor sangat mengapresiasinya. Menurut Rektor, Konsep moderasi beragama dapat diambil dari tasamuh etika wasathiyatul Islam di tengah kebinekaan. Bangsa Indonesia, menurut beliau adalah bangsa yang bersatu dalam keberagaman. Dan keberagaman ini tidak dapat dipungkiri sebagaimana tertuang pada QS. Al-Hujurat ayat 13. Namun, yang paling penting kata beliau adalah tentang bagaimana menyikapi keberagaman yang ada dan tidak mudah terpengaruh oleh oknum-oknum yang menyebar berita hoaks, melakukan ujaran kebencian dan mempolitisasi ayat-ayat Al-Quran.

Lebih lanjut, Rektor mengungkap bahwa IIQ Jakarta sudah menunjukkan dan melakukan moderasi beragama. “Yang harus kita ketahui adalah bahwa ketika Institut Ilmu Al-Quran ini didirikan kita sudah melangkah ke depan. Artinya para perempuan yang akan dididik. Ini menunjukkan bahwa kita sudah moderasi dalam beragama. Untuk itu kita harapkan lulusan Institut Ilmu Al-Quran berperan kepada masyarakat bagaimana memberikan wawasan moderasi beragama dan berbagi bagaimana indanya hidup bersama Al-Quran” Ujar Rektor.

Rektor juga menyampaikan bahwa kerukunan beragama sudah dilaksanakan. Bahkan kata Rektor, Indonesia disebut sebagai Negara Peace Kepper, yakni Negara penjaga kedamaian yang telah dilibatkan untuk membantu Negara-negara yang bertikai.

“Dan jangan sampai perbedaan pendapat yang seharusnya membawa rahmat tetapi malah menjadi masalah. Dengan perbedaan pendapat mengkayakan pengetahuan kita” Tandas Dr. Nadjemah yang kemudian membuka secara resmi acara Webinar ini.

Webinar Nasional ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudari Yanti Susanti yang dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya dan Mars IIQ Jakarta. Terlihat sebanyak 450 participant memenuhi kanal zoom. Kegiatan Webinar berlangsung secara aktif karena para peserta begitu antusias dan mengajukan pertanyaan kepada para narasumber.

Adapun perlombaan yang diselenggarakan pada IIQ Fest 2021 yaitu lomba MTQ, FSQ, MSQ, MMQ, dan Infografis dan perlombaan Video Pendek. Tema yang diangkat adalah “Wujudkan Generasi Qurani yang Berkompetensi Unggul di Era Revolusi 4.0” (FP)

 

Comment