No icon

Kegiatan Academic Writing Class Fakultas Tarbiyah Dan DEMA-FT Mengusung Tema: Mengambangkan Makalah

Kegiatan Academic Writing Class Fakultas Tarbiyah dan DEMA-FT Mengusung Tema: Mengembangkan Makalah Mahasiswa Menjadi Artikel di Jurnal Sinta

Senin, tanggal 15 November 2021, Fakultas Tarbiyah bersama Dema-FT kembali menyelangggarakan Academic Writing Class secara daring melalui media zoom. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (Dema-FT) secara rutin per bulan. Tema yang diangkat pada sesi ini yaitu “Mengembangkan Makalah Mahasiswa Menjadi Artikel di Jurnal SINTA”. Tema ini diangkat untuk menumbuhkan minat dan bakat mahasiswa dalam membuat artikel di jurnal, dan sebagai tuntutan profil lulusan fakultas tarbiyah agar dapat menjadi peneliti dalam bidang pendidikan dan kependidikan. Narasumber dalam kegiatan ini Bapak Dr. Muhammad Aminullah, M.Hum sebagai peneliti dan aktivis.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA.Pd, Kaprodi PIAUD Ibu Hasanah M.Pd, Dosen Fakultas Tarbiyah, civitas akademika Fakultas Tarbiyah dan mahasiswa fakultas tarbiyah IIQ Jakarta. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA.Pd yang menyampaikan, “Terima kasih kepada narasumber yang telah berkenan untuk sharing ilmunya pada mahasiswa fakultas tarbiyah, dan diharapakan nanti kegiatan ini memberikan output yang positif bagi mahasiswa seperti dapat mengolah makalah menjadi artikel, syukur-syukur kalo bisa di Jurnal yang sudah terakreditasi SINTA.” Tandas dari Penilai Buku Pendidikan Agama Kemenag tahun 2021.

Pada sesi inti, narasumber bapak Dr. Muhammad Aminullah, M.Hum, menjabarkan terkait bagaimana teknik dalam mengambangkan makalah menjadi sebuah artikel di jurnal. Dalam penjebarannya bahwa, “Adik-adik sekalian dapat mengolah atau memodifikasi makalah di perkuliahan menjadi sebuah artikel. Namun, adik-adik sekalian harus memahami terlabih dahalu fokus dan gaya selingkungan pada jurnal yang akan dituju. Misalkan jurnal Qiroah miliknya fakultas tarbiyah, nah itu harus dilihat dulu fokusnya apa dan sebagainya.” Tegas dari Editorial jurnal Tajdid IAIM Bima Tersebut.

Banyak hal yang dijelaskan oleh narsumber, termasuk pada pembahasan persoalan umum dalam judul,  pendahuluan yang kerap tedapat dalam suatu tulisan ilmiah. Narasumber juga  memberikan trik dan cara sebaiknya dalam penulisan  artikel, khususnya pada makalah agar bisa menjadi artikel di jurnal. Acara berlanjut dengan sesi diskusi dan selesai pada pukul 20.30 disertai dengan penyerahan sertifikat oleh Ketua Dema-FT Miftahul Khoiriyah. Dan ditutup dengan foto bersama di zoom. (R.S)

 

 

 

Comment