No icon

Webinar How To Write An Interesting CV And Facing A Job Interview, Nurtria Meiradiani: Belajar Dan M

Webinar How To Write An Interesting CV And Facing A Job Interview, Nurtria Meiradiani: Belajar Dan Mempersiapkan Diri Itu Penting

Webinar How to Write an Interesting CV and Facing a Job Interview, yang dirangkaikan dengan Launching Website Pusat Alumni dan Karir IIQ Jakarta 2021 pada Sabtu (18/12/2021), berisi materi tentang pembuatan CV dan cara menghadapi interview ketika melamar pekerjaan.

Acara yang diselenggarakan secara virtual tersebut, diisi oleh pemateri Nurtria Meiradiani yang merupakan HR Director H&M Indonesia. Nurtria Meiradiani yang biasa disapa Ria, memaparkan pengalamannya di bidang HRD (Human Resources Development), serta membagi kiat-kiatnya dalam membuat CV (Curriculum Vitae) yang menarik.

“Kalau kita membuat CV jangan seperti membuat novel atau skripsi. Karena HRD di perusahan memiliki waktu yang terbatas untuk menyeleksi pelamar. Maka darinya kita harus membuat CV yang betul-betul menggambarkan perjalanan kita secara profesional,” ujar Ria mengingatkan.

Berikut beberapa tips membuat CV yang menarik dari Ria, pertama harus simple dan eye cathching untuk menarik perhatian pembaca. Kedua, perlunya menulis posisi yang akan dilamar. “Untuk fresh graduate biasanya masuk ke management trainee, dan perusahaan tidak akan melihat fakultas, tetapi kepada pendidikan dan yang paling utama disortir adalah IPK. Serta tidak semua perusahaan mempunyai standar IPK yang sama,” ujar Ria.

Kemudian yang ketiga, perkenalan diri dengan singkat. Keempat, pengalaman kerja tertulis dengan lengkap dan relevan. Terakhir, menulis skill (kemampuan) yang dimiliki.

“Teman-teman bisa mencantumkan aktivitas kemahasiswaan yang diikuti, karena ada beberapa perusahaan yang justru senang melihat fresh graduate tersebut aktif,” kata Ria menambahkan. Selanjutnya Ria juga memaparkan bagaimana caranya menghadapi interview, khususnya untuk fresh graduate.

Dalam pemaparannya ia berujar, ketika interview pelamar harus memupuk rasa percaya diri, karena hal tersebut sebagai nilai jual terhadap perusahaan. Ia juga menyampaikan, sebelum melamar pekerjaan perhatikan posisi yang relevan dengan kemampuan, serta mencari tahu bagaimana bentuk pekerjaan dari posisi yang diinginkan.

“Teman-teman diharapkan untuk terus praktek dan mempersiapkan diri, karena confidence atau kepercayaan diri itu akan kita dapatkan jika kita rajin belajar,” ujar Ria mengingatkan, sekaligus menutup pembicaraan.

 

Comment