No icon

Optimalkan Bentuk Perhatian Kampus, IIQ Jakarta Launching Website Pusat Alumni Dan Karir

Optimalkan Bentuk Perhatian Kampus, IIQ Jakarta Launching Website Pusat Alumni Dan Karir

Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta menggelar Webinar How to Write an Interesting CV and Facing a Job Interview, dirangkaikan dengan Launching Website Pusat Alumni dan Karir IIQ Jakarta 2021, secara virtual pada Sabtu (18/12/2021).

Acara yang dimulai pukul 15.00 WIB ini dihadiri secara online oleh PJS Rektor Nadjematul Faizah, Wakil Rektor III Romlah Widayati, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Iffaty Zamimah, Kepala UPT Syakur, Ketua Lembaga Penjamin Mutu Isman Iskandar, Dekan Fakultas Syari’ah Muzayyanah, Ketua Program Studi S1 Hukum Ekonomi Syari’ah Nur Izzah, serta sejumlah dosen dan mahasiswa IIQ Jakarta.

Launching Pusat Alumni dan Karir tersebut dibuka oleh PJS Rektor Nadjematul Faizah. Website Pusat Alumni dan Karir yang disingkat “Pusaka IIQ” merupakan titik informasi karir mahasiswa IIQ Jakarta, dan sebagai pusat pelayanan kampus terhadap alumni serta mahasiswanya.

Iffaty Zamimah selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan, bahwa website yang dirilis, merupakan upaya IIQ Jakarta untuk memberi perhatian lebih kepada mahasiswa dan alumni.

“Sesuai peraturan Permendikbud Nomor 3 tentang SN Dikti bahwa dalam akreditasi perguruan tinggi, layanan kemahasiswaan dan alumni yang berbentuk tracer study menjadi perhatian khusus bagi perguruan tinggi di Indonesia. Maka kami Bagian Kemahasiswaan dan Alumni di bawah koordinasi Wakil Rektor III mencoba memberikan pelayanan lebih kepada mahasiswa dan alumni dengan launchingnya Website Pusat Alumni dan Karir IIQ Jakarta,” ujar Ibu Iffaty.

Adapun menurut Syakur selaku Kepala UPT, bahwa isi dari Website Pusat Alumni dan Karir IIQ Jakarta mencakup data alumni, berita tentang alumni, serta informasi seputar lowongan kerja yang dapat diakses seluruh mahasiswa beserta alumni IIQ Jakarta, melalui link http://alumni-karir.iiq.ac.id/.

Kemudian, Nadjematul Faizah selaku PJS Rektor IIQ Jakarta mengatakan bahwa tracer study atau studi pelacakan jejak alumni, yang terdapat dalam website tersebut, merupakan input balik bagi peningkatan mutu perguruan tinggi. Hal demikian juga sebagai bentuk pencapaian kampus terhadap karir mahasiswa IIQ, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

“Hari ini menjadi catatan sejarah bagi Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, bahwa kita melakukan layanan kepada calon alumni dan juga yang sudah menjadi alumni. Sesuai amanat undang-undang bahwa setiap perguruan tinggi harus memiliki pusat karir, setelah mereka belajar, mereka juga harus kita bantu dan layani dalam meniti karir mereka kedepannya,” ujar Nadjematul Faizah selaku PJS Rektor IIQ Jakarta.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Wakil Rektor III, Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, serta Kepala UPT, karena telah bekerjasama dalam membuat website ini.

Selanjutnya, Romlah Widayati selaku Warek III berharap agar seluruh mahasiswa IIQ dapat menggunakan pelayanan ini secara maksimal, serta mendukung program tersebut.

“Kami mengharapkan seluruh mahasiswa mendukung program ini, khususnya bagi mahasiswa yang akan menjadi alumni nanti, untuk memberikan masukan dan turut menggunakan website ini,” ujar Romlah sekaligus menutup acara.

 

Comment