No icon

Serah Terima Kunci Gedung Rusunawa IIQ Jakarta dari Kementerian PUPR

Serah Terima Kunci Gedung Rusunawa IIQ Jakarta dari Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan serah terima kunci dan hak pengelolaan serta hak penghunian rumah susun sekaligus tasyakuran kepada Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta pada Senin, 27 Desember 2021.

Pembangunan Rumah Susun mahasiswa IIQ Jakarta tersebut berlokasi di Jl. Moh Thoha, No. 31 Pamulang Timur, Pamulang, Tangerang Selatan Provinsi Banten. Rusun tipe 24 setinggi tiga lantai ini memiliki kapasitas hunian sebanyak 166 orang dan dilengkapi dengan meubleair. Setiap kamarnya terisi dua tempat tidur susun, empat buah meja dan kursi belajar, dua lemari pakaian, satu kamar mandi, serta tersedia balkon untuk menjemur pakaian.

Rumah susun mahasiswa yang diberi nama Gedung H.M. Joesoef ini adalah Gedung kedua yang telah dirampungkan oleh Kementerian PUPR sejak terjadinya kebakaran yang terjadi di asrama IIQ Jakarta. Pembangunan gedung pertama diresmikan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin pada 5 Maret 2020.

Pembangunan Gedung ini menggantikan Gedung lama yang biasa disebut dengan Gedung Asrama Tengah (asteng) yang telah didirikan puluhan tahun silam.

Sementara itu, bapak Firsta, ST, MUDD hadir mewakili Plt Direktur Rumah Susun Kementerian PUPR dalam sambutannya menyampaikan bahwa agenda prioritas pembangunan Nasional berdasarkan Renstra Kementerian PUPR tahun 2024 adalah meningkatnya penyediaan akses perumahan dan infrastruktur permukiman yang layak, aman dan terjangkau.

Lebih lanjut, Bapak Firsta mengungkap Kementerian PUPR telah membangun 10,5 tower rumah susun khusus bagi mahasiswa Perguruan Tinggi di Provinsi Banten, dan 3 diantaranya dibangun untuk IIQ Jakarta yang dilaksanakan pada tahun 2008, 2019 dan 2021. Beliau berharap semua pihak berkontribusi dan terlibat dalam pembangunan di bidang perumahan.

“Kami berharap agar Rumah Susun Yayasan Institut Ilmu Al-Quran ini agar dipelihara dan dirawat dengan baik dan dapat bermanfaat serta menjadi tempat pembentukan karakter bagi mahasiswa” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Yayasan IIQ Jakarta Ir. H. Rully Chairul Azwar mengucapkan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak terkhusus kepada Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat Republik Indonesia yang telah menghibahkan 2 buah gedung Rusunawa kepada IIQ Jakarta yang sangat bermanfaat digunakan untuk menampung para mahasiswi penghafal Al-Qur’an. Namun, Ketua Umum Yayasan IIQ Jakarta mengungkapkan bahwa IIQ Jakarta masih sangat membutuhkan tambahan sarana-prasarana, mengingat kecenderungan bertambahnya mahasiswa-mahasiswi baru yang terus meningkat.

“Harapan kami, semoga Kementerian PUPR RI akan berkenan kembali menyumbangkan gedung baru yang ke-3, yang insyaallah akan dipergunakan oleh kami untuk gedung rektorat dan tambahan ruang kelas baru” ungkapnya pria yang akrab disapa pak Rully.

Hadir dalam kesempatan yang berbahagia ini Kasubdit Perumahan Khusus Kementerian PUPR RI, Kepala Balai Besar DKI Jakarta & Banten Kementerian PUPR RI, Kepala Peningkatan Kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian PUPR RI, Dirut PT. Tiga Mas, Pengurus Yayasan IIQ Jakarta, Pjs. Rektor & Para Warek IIQ Jakarta, Pengasuh Pesantren Takhassus IIQ Jakarta, dan Ketua RW 09 Kelurahan Pamulang Timur Kecamatan Pamulang Drs. H. Qomaruddin.

Acara diakhiri dengan Doa yang disampaikan oleh Dr. KH. Ahmad Fathoni, Lc, MA. 

 

 

 

Comment