No icon

Ujian Promosi Doktor Ke-6 IIQ Jakarta, Judul Disertasi Dari Masa Ke Masa: Metode Pembelajaran Al-Qur

Ujian Promosi Doktor Ke-6 IIQ Jakarta, Judul Disertasi Dari Masa Ke Masa: Metode Pembelajaran Al-Qur'an di Indonesia

Tangerang Selatan, 30 Desember 2021. Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta kembali melahirkan seorang Doktor Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir yang ke-6. Doktor atas nama Sofian Efendi, M.Ag. berhasil mempertahankan hasil penelitiannya dalam ujian promosi yang dilaksanakan tanggal 30 Desember 2021 di hadapan dewan penguji yang terdiri dari Prof. Dr. KH. Sayid Aqil Husen Al-Munawwar, MA, Prof. Dr. H. Darwis Hude, MA, Dr. KH. Ahsin Sakha Muhammad, MA, Dr. H. Muhammad Azizan Fitriana MA, Dr. HM. Ulinnuha Husnan, MA. Pimpinan sidang promosi ini adalah Pjs Rektor IIQ Jakarta, Dr. Hj. Nadjematul Faizah, SH., M.Hum.

Berdasarkan hasil penelitian Sofian Efendi bahwa metode pembelajaran Al-Qur'an di Indonesia berjumlah 260 metode. Geneologi Metode tersebut bermula dari metode Baghdadiyah yang masyhur sejak masa dinasti Abbasiyah. Secara teoritis penulis menjelaskan ada dua macam metode dalam pembelajaran Al-Quran secara genealogi yaitu metode induk dan metode turunan. Sedangkan dalam penulisannya terpolakan menjadi 2 hal yaitu, pertama, metode yang teknis penyusunannya di awal disusun dengan satu jilid/buku ajar tunggal, kemudian berkembang jadi berjilid-jilid. Kedua, sumber literatur 260 metode tersebut adalah berasal dari kalangan pesantren, akademisi, lingkungan sekolah, ormas, lembaga terkait dan lain sebagainya.

Sofian Efendi merupakan doktor k-6 dari lulusan program studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir program pascasarajana IIQ Jakarta.

Disertasi yang ditulis sebanyak 844 halaman ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu dan metode pembelajaran Al-Qur'an di Indonesia. (AS)

Comment