No icon

Raudhotul Athfal Lab School Prodi PIAUD IIQ Adakan Wisuda Ke-4

Raudhotul Athfal Lab School Prodi PIAUD IIQ Adakan Wisuda Ke-4

Sabtu, 4 Mei 2019  Raudhotul Athfal (RA) Lab School Prodi PIAUD InstitutIlmu Al-Quran (IIQ) Jakarta melaksanakan pelepasan Siswa Raudhotul Athfal (RA)Jakarta tahun ajaran 2018/2019. Acara ini  sekaligus memperingati Har-Lah RA sendiri yangke-4, bertempat di Aula IIQ Jakarta. Sebanyak 23 siswa-siswi yang diwisuda ataudilepas oleh Raudhotul Athfal (RA) IIQ Jakarta. Acara dibuka oleh sambutanDekan Tarbiyah IIQ Jakarta yaitu Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd, yang padasambutannya menyampaikan motivasi œBahwa guru-guru RA untuk terus menimba ilmu agarnanti dapat mempersiapkan anak-anak menjadi generasi unggul menuju gerbangpendidikan selanjutnya. Kemudian, Dekan memberikan ucapan selamat kepada parawisudawan RA Lab School IIQ Jakarta atas keberhasilannya melewati jenjangpendidikan TK B.

Acara ini berjalandengan meriah dan sukses. Lantaran pada acara pelepasan (wisuda) inidimeriahkan oleh penampilan-penampilan anak-anak dari TK A dan B. Kemeriahanini dimulai dri penampilan dari siswa yang menghafalkan surat pendek denganlancar, kemudian para siswa melafalkan doa harian, dan tak lupa penampilan darisiswa yang mahir berpidato bahasa inggris. Terakahir, penampilan darisiswa-siswa RA dengan persembahan tarian tradisional yang sangat adorable, yang memukau semua hadirinyang hadir dalam acara pelepasan (wisuda) tersebut.

Sebagai informasibersama, bahwa Raudhotul Athfal (RA) ini merupakan Lab School Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta dari tahun2016 sampai saat ini dan sudah menjadi taun k-4 dari bagian Lab School ProdiPAIUD Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta. Dan salah satu guru dari Lab School iniadalah Neli Mardiyah mahasiswa dari Prodi PIAUD yang telah melewati prosesseleksi untuk menjadi guru RA tersebut.

Pada saat ini, ProdiPIAUD Fakultas Tarbiyah mengupayakan RA tersebut dengan perbaikan-perbaikan yangsimultan dan kontinu, baik dari bebagai aspek seperti: sarana dan pra-sarana,mutu kurikulum dan kualitas guru RA tersebut. Tak sebatas itu, upaya-upaya laindalam meningkatkan mutu seperti: Pelatihan Metode Bagdadi bagi para guru RA. Karenametode ini sebagai kekhasan dari kurikulum RA. Dan pelatihan pembuatan RPP RAKurikulum 2013 PIAUD.

Selain hal-haltersebut, RA ini juga memiliki kurikulum tambahan atau kekhaksan (kurikulumkhusus) dalam pembelajaran sehari-hari siswa yaitu: Metode Tahsin, (di dalamnya bagaimana melafalkan sifat danmakhrajul huruf Al-Quran) Tajwid dan Tilawahdan Metode Bagdadi. Dan al-hasil, para siswa-siswa RA ini dapat manjadisiswa yang hafal Al-Quran dengan fasih (sesuai makhrojul huruf dan sesuaibacaan tajwid dengan baik), bahkan sudah ada siswa-siswi RA yang sudah hafal 6juz Al-Quran dengan lancar.

Upaya-upayan ini terusdilakukan olah RA dan Prodi PIAUD sendiri. Hal ini untuk menjadikan RA sebagaiLab School yang bermutu dan berdaya saing, yang nantinya akan melahirkangenerasi emas bangsa. Di mana RA juga merupakan salah satu  bagian dari pendidikan dasar yang harusmenanamkan karakter-karater unggul dan islami. Dan tentunya hal ini sesuaidengan Visi Misi IIQ Jakarta sendiri yaitu mencatak generasi bangsa yang hafalAl-Quran dan memiliki etika keislaman.

Turut hadir dalam acaratersebut yaitu Warek III IIQ Jakarta, Dr. Romlah Widayati, M.Ag dan KaprodiPIAUD. Setelah prosesi wisuda berlangsung, salah satu orangtua juga memberikanapresiasi untuk para guru, bahwa mereka sangat bangga terhadap guru RALabschool IIQ Jakarta yang masih tergolong muda dan belia, tapi cinta kasihpara guru seperti cintanya seorang ibu terhadap anaknya dan orang tua merasabangga karena pencapaian anak mereka melebihi ekspektasi yang selama ini merekaharapkan.

Semoga dengan adanyaacara pelepasan atau wisuda yang ke 4 ini, para orang tua akan sadar betapapentingnya pendidikan Al-Quran di masa dini yang mengutamakan bacaan-bacaan Al-Quranyang baik dan berkulitas. Dan itu semua tentunya ada di Raudhotul Athfal (RA)Lab School Prodi PIAUD Institut Ilmu Al-Quran. Terus berjuang para guru RA LabSchool Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta. (R&A)

Comment