No icon

Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta 1435 H

Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban Institut Ilmu Al-Quran Jakarta 1435 H

Ahad, 05 Oktober 2014, Masjid Raudhatul Quran Pesantren Takhasus (PeTa) Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta menggelar shalat Idul Adha 1435 H pada pukul 07.00 WIB. Bertindak sebagai imam adalah pengasuh PeTa IIQ, DR. KH. Ahmad Fathoni, Lc. MA. Adapun yang menjadi khatib adalah Ustadz H. Muhammad Manshur, MA. Dari Cirebon.

Pukul 08.30 WIB, panitia kurban IIQ Jakarta mengadakan opening ceremony penyembelihan hewan kurban. Acara tersebut baru diadakan pada kali ini. Dengan dipandu Alaina Fadhilah (Presiden BEMF Tarbiyah periode 2014-2015) sebagai Master of Ceremony (MC) acara tersebut dibuka. Selanjutnya, sambutan oleh Ibu Rektor, Prof. Dr. Huzaimah Tahido Yanggo, MA.

Dalam sambutannya beliau mengatakan, Alhamdulillah pada ˜Idul Qurban tahun ini, IIQ mendapatkan amanah dari masyarakat sebanyak 10 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Hewan-hewan kurban tersebut antara lain sapi yang diperoleh dari Ibu Harwini Joesoef; Ketua Umum Yayasan IIQ, Bapak Iwan Valian Joesoef, putra Ibu Harwini Joesoef; Ibu Tien Usman; Bapak Rouf dari Kementrian Kelautan & Perikanan (KKP); Bapak Muhaimin Iskandar, Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi, BNI Syariah, dan lain-lain.

Sementara itu, kurban kambing diperoleh dari Ibu Maria Ulfah, Hj. Ririn Wahyuni, Siti Lestari, Bambang Budi Santoso, Bapak Subioto, BNI, dan yang lain berasal dari pengurus, alumni, serta sumbangan dari masyarakat sekitar.

Setelah opening ceremony selesai, dengan diiringi shalawat dari tim Lembaga Seni Budaya Mahasiswa (LSBM) IIQ, proses penyembelihan hewan kurban dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 dan dilanjutkan dengan pembagian dan penimbangan daging.Tepat pukul 13.00, daging qurban dibagikan kepada mahasantri IIQ di pesantren, karyawan IIQ, alumni yang terjangkau, santri TPQ, dan masyarakat sekitar. Bagi warga sekitar, cara pengambilan daging qurban harus menggunakan kupon yang sudah dibagi oleh panitia satu hari sebelum hari raya qurban.

Comment