No icon

IIQ Jakarta Beri Pembekalan Perhakiman MTQ Bagi Mahasiswa Peserta KKL

IIQ Jakarta Beri Pembekalan Perhakiman MTQ Bagi Mahasiswa Peserta KKL

Ciputat, Tanggal 12 Juli 2019 IIQJakarta mengadakan serangkaian kegiatan pembekalan bagi mahasiswa peserta KKL,termasuk kegiatan pelatihan perhakiman hari ini yang merupakan bagian dari serangkaiankegiatan pembekalan yang bertempat di Aula IIQ Jakarta.

Serangkaian kegiatan pembekalan olehIIQ Jakarta ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun sebelummahasiswa berada di tengah-tengah masyarakat untuk pelaksanaan KKL.

Pelatihan perhakiman MTQ pada hariini terdiri dari dua sesi dan diikuti sebanyak 235 peserta KKL yang terdiridari tiga fakultas: Syariah, Ushuluddin, dan Tarbiyah dan dimoderatori olehKaprodi PAI Fakultas Tarbiyah Ibu Reksiana, MA.Pd.  Sesi pertama di narasumberi oleh Dr. Hj. RomlahWidayati, MA yang merupakan pakar dalam bidang Ilmu Qiroat dan juri STQ danMTQ tingkat nasional. Materi yang disampaikan pada  sesi ini adalah tahfiz dan syarhil Al-Quran.Pada tahap ini narasumber memaparkan segala hal ihwan terkait  teknis dan aspek-aspek pada penilaian tahfizdan syarhil bagi dewan juri atau dewan hakim pada STQ dan MTQ.

 œMahasiswa harus dapat menilai setiapaspek-aspek pada form penjurian bidang tahfiz dan syarhil Al-Quran,termasuk pada beberapa aspek seperti: tajwid, fasohah dan wakaf (tanda baca).Tutur salah satu pengisi Aswaja TV ini.

Narasumber memaparkan materi dengangamblang, lantaran pada akhir sesi memuat simulasi (paktik reflikasi)  terkait materi tahfiz dan syarhil Al-Quran.Dalam hal ini beberapa mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menjadi simulatorpada bidang tahfiz dan syarhil. Pentingnya simalasi ini lantaran hal ini merupakancontoh kongkret bagi peserta KKL dan dapat memudahkan mereka dalam menguasaimateri yang disampaikan oleh narasumber.

Selanjutnya pada sesi kedua,pelatihan perhakiman MTQ, membahas materi terkait tilawah dan tartil Al-Quran.Adapun  narasumber pada sesi kedua iniadalah  Ibu Hj. Maria Ulfa, MA selakupakar bidang tilawatil Al-Quran, qori internasional dan diakui oleh dunia.Pada sesi ini Ibu Hj. Maria Ulfa, MA membahas materi terkait penjurian dalambidang tilawah dan tartil Al-Quran dengan eksplisit. Pasalnya narasumber lansungmemberikan contoh atau praktik di setiap penjelasan yang dibahas.

œMahasiswa  IIQ harus mengerti, dan paham, serta mampumemberikan contoh pada masyarakat terkait bacaan Al-Quran, karena IIQ Jakarta adalahCenter of Exellence dalam bidang Al-Quran, dan masyarakat sudah mafhum akanhal tersebut. Jika pada bidang pertanian Indonesia memiliki kampus ITB danIPB. Namun, jika terkait bidang Al-Quran Indonesia memilik kampus IIQ sebagaiikonnya.

Sesi kedua dalam kegiatan ini, samahal dengan sesi pertama, karena pada akhir pembahasan diisi simulasi danmemberikan kesempatan pada peserta KKL untuk mempraktikan materi-materi yangdibahas pada sesi ini.

Semoga dengan adanya pelatihanperhakiman MTQ ini, dapat memberikan wawasan, referensi dan bekal bagimahasiswa peserta KKL 2019. Agar nantinya mereka dapat melaksanakan KKL denganoptimum, dan tentunya memberikan ouput pada program KKL yang telahdicanangkan oleh IIQ Jakarta.

Kedua  rangkian acara hari ini berjalan dengan lancardan marak dan ditutup dengan sesi foto bersama dengan kedua narasumber. (Rs)

 

Comment