No icon

Direktur PPS-IIQ Serahkan Mahasiswa Kelas Internasional kepada Depag

Direktur PPS-IIQ Serahkan Mahasiswa Kelas Internasional kepada Depag

/* Style Definitions mso-style-noshow:yes;mso-style-parent:"";mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;mso-para-margin:0cm;mso-para-margin-bottom:.0001pt;font-size:10.0pt;font-family:"Times New Roman";mso-ansi-language:#0400;mso-fareast-language:#0400;mso-bidi-language:#0400;}

Hari Senin, (29/12/2008) lalu, auditorium utama Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta terlihat tidak seperti hari-hari biasa. Pasalnya, di hari yang cerah itu Program Pasca Sarjana (PPS) IIQ Jakarta sedang menggelar acara temu alumni mahasiswa S-2 kelas Internasional dengan Ditjen Pendidikan Islam Depag RI. 

Acara yang dihadiri oleh Prof. Dr. Fakhrurrazi, MA., Prof. Dr. Ali Furqon, MA., Dra. Ida Nurqosim dan sejumlah pejabat teras IIQ Jakarta itu terlihat cukup khidmat. Wajah para mahasiswa program beasiswa itu juga tampak cerah dan berseri-seri. Betapa tidak, di hari  yang sangat monumental seiring dengan diperingatinya tahun baru Islam 1430 Hijriyah, para mahasiswa yang terjaring dalam program beasiswa Depag ini telah berhasil menyelesaikan studi mereka dengan lancar dan tepat waktu selama dua tahun, terhitung sejak 2 Januari 2007-27 Desember 2008.  

Program beasiswa ini ditetapkan dengan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor: Dj.II/550/2006 dan Dj.II/546/2006 tanggal 14 Desember 2006. Program ini berhasil menjaring 75 mahasiswa dengan latarbelakang daerah yang berbeda. Peserta program kemudian disebar di tiga perguruan tinggi Islam, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, dan Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta. Adapun mahasiswa yang dititipkan kepada PPS-IIQ Jakarta adalah sebanyak 25 orang.

Program beasiswa ini dikonsenterasikan pada satu jurusan yaitu Tafsir dan Ulum al-Qur’an. Selain itu, dalam rangka untuk mendukung keberhasilan program, proses perkuliahan diwajibkan menggunakan Bahasa Arab, penulisan makalah dan tesis juga berbahasa Arab. Di samping itu, mayoritas para tenaga pengajar juga lulusan Timur Tengah.

Adapun mata kuliah yang disajikan dalam program ini adalah Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, Ilmu Qira’at, Tarikh al-Qur’an, Qawaid at-Tafsir, Madzâhib at-Tafsîr wa Manâhijuhu, ad-Dakhîl fi at-Tafsîr, al-Balâghah al-Qur’âniyah, at-Tafsîr at-Tahlîlî, Tafsir Ayat Ahkam, at-Tafsîr al-Maudhû’i, Manâhij al-Bahts, dan Bahasa Inggris. Selain mata kuliah tersebut, mahasiswa juga diwajibkan untuk menghafal surat-surat pendek al-Qur’an seperti surat Yâsîn, al-Mulk, al-Wâqi’ah, as-Sajdah, al-Insân, dan juz 30.

Dengan diwisudanya mahasiswa kelas Internasional pada tanggal 27 Desember 2008 lalu, maka secara resmi para peserta program diserahkan oleh Direktur PPS-IIQ Jakarta, Prof. Dr. Huzaemah T. Yanggo, MA kepada Departemen Agama RI untuk selanjutnya diharapkan agar program tersebut ada tindaklanjutnya.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, secara resmi kami serahkan mereka (mahasiswa program beasiswa-red) kepada Depag untuk selanjutnya kami harapkan agar mereka dibina lagi dan program ini dapat ditindaklanjuti pada tahun-tahun yang akan datang,” demikian tutur Direktur PPS-IIQ Jakarta di sela-sela sambutannya. [MU]

 

Comment