No icon

Workshop Dan Review Kurikulum Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta

Workshop Dan Review Kurikulum Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta

Kamis, 07 Juli 2019 FakultasTarbiyah melaksanakan kegiatan Workshop dan Review Kurikulum KKNI ProdiPendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi  Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) diAula IIQ Jakarta. Perlunya kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu kurikulum, termasuk pada aspekkegiatan pembelajaran di prodi Fakultas Tarbiyah.Dan mengingat arus globalisasi dunia padasaat ini yang tidak dapat dielakkan lagi, khususnya dengan perkembanganteknologi yang semakin mutakhir, dan canggih, serta memasuki era revolusiindustri 4.0 dan Perubahan era 4.0 ini menekankan pada setiap lini kehidupan.Dan mengarah pada aspek digital economy, artificial intelligence,big data, robotic, atau dikenal dengan fenomena disruptiveinnovation.

Menghadapitantangan tersebut, pengajaran di perguruan tinggi pun dituntut untuk berubah,termasuk dalam menghasilkan dosen berkualitas bagi generasi masa depan. Untukmerepon arus dan pola perubahan era industri 4.0, Menristekdikti  tak henti-hentinya melakukan upaya pembenahandan perbaikan mutu pendidikan tinggi dalam bentuk kebijakan dan terbitnyanyabeberapa buku KPT, dan terakhir pada tahun 2019. Dengan demikian, FakulatasTarbiyah melaksanakan Workshop dan Review Kurikulum KKNI sebagaibentuk responsif dan update terhadap perubahan kurikulum KKNI saat ini.

Acara ini dihadiri oleh pimpinanIIQ Jakarta yaitu Warek 1 bidang  akademik, Ketua Biro AUK, ketua Ak. dan Staf,Dekan Fakultas Tarbiyah,  seluruh dosentetap Prodi PAI, PIAUD dan dosen undangan. Acara ini juga lansung dimoderatorioleh Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah.

Kegiatan ini dimulai dengansambutan dari Warek I yaitu Ibu Dr. Nadjematul Faizah, M.Hum yang memaparkansecara jelas, segala hal ihwal terkait perubahan yang terjadi pada kurikulum diPerguruan Tinggi saat ini. Dalam penuturannya, œSaat ini kita sebagai dosentidak boleh alergi dengan perubahan dan harus melek perkembangan zaman,termasuk harus update dengan segala bentuk kebijkan dan perubahan kurikulum, khususnyabagi Fakultas Tarbiyah, tidak usah sibuk mencari acuan, karena sudah ada standarbakunya yang dibuat oleh pemerintah. Dan hal ini tentunya sangat memudahkandalam menentukan dan merumuskan kurikulum KKNI. Selain itu, menurut Warek I,bahwa perubahan kurikulum ini KKNI dimulai dari Perpres tahun 2012 tentangKKNI, kemudian pada tahun 2014, 2016 dan muncul lagi adanya Capian PembelajaranLulusan (CPL) SN-Dikti Kemenag 2018 dan terakhir, pada 2019 ini adanya KPT ataubuku panduan kurikulum penddidikan tinggi di Era 4.0.

Pada sesi kegiatan, terdapat beberapaagenda yang dilakukukan yaitu: presentasi materi kurikulum KPT 2018/2019 Era4.0 yang awali dengan pemparan dari Dekan Fakultas Tarbiyah yang membahas polaperubahan kurikulum KKNI, termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Berlanjut pada presentasi dari Kaprodi PAI dan PIAUD. Kemudian, setelah presentasipara dosen dibagi kepada komisi-komisi untuk menlakukan review kurikulumKKNI. Pembagian beberapa komisi ini dilakukan agar para dosen yang mengampumata kuliah dapat mereview Silabus dan RPS sesuai dengan rumpun ilmu danlebih terfokus tentunya.

Acara ini berjalan dengan lancar,dan diakhiri dengan doa dan sesi foto bersama. (Rs)

 

 

 

 

Comment