No icon

Penutupan KKL IIQ Diisi Haflah Metode Baghdadi

Penutupan KKL IIQ Diisi Haflah

Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta di Pondok Cabe Ilir, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten ditutup pada Ahad (18/8). Para mahasiswa KKL IIQ yang terbung dalam kelompok 7, menutup kegiatan dengan mempersembahkan acara “Malam Perpisahan Kuliah Kerja Lapangan dan Haflah Metode Baghdadi”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Warga RW 01 Pondok Cabe Ilir. Malam penutupan KKL itu dihadiri oleh sekretaris kelurahan, ketua RW 01, ketua RW 07, jajaran RT, tokoh masyarakat, dosen pembimbing, dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan ini, Siti Nadlifah selaku ketua kelompok menuturkan semoga apa yang telah disampaikan selama program KKL berlangsung dapat bermanfaat. “Terlebih lagi, program unggulan dari kampus yakni Metode Baghdadi yang sangat dibutuhkan untuk mempelajari cara baca Alquran dengan cepat dan tepat,” kata Siti Nadlifah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (19/8).

Ia menjelaskan, haflah Metode Baghdadi merupakan penampilan peserta didik dari salah satu TPQ yang telah mengikuti pelatihan Metode Baghdadi selama kegiatan KKL. “Dalam acara ini, anak-anak membacakan surat al-Kautsar sampai an-Nas secara bersamaan, kemudian meng-i’rab ayat dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan audiens,” ujarnya.

Pada sesi tanya jawab, secara spontan para tokoh Kelurahan Pondok Cabe Ilir yang hadir, memberikan apresiasi. Mereka memberikan sejumlah uang, kepada anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan untuk meng-i’rab huruf Alquran.

Dosen Pembimbing, Saepullah MAHum menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berjalannya program KKL. “Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Lurah Munadi; Sekretaris Kelurahan, Prihadiyanto; Ketua RW 01, Abdul Hakim; Ketua RW 07, H Sumiat; Ketua Majlis Quran Abi Jaja dan Umi Yayah; Ketua Majlis Nurul Huda, Umi Nawiyah, tokoh-tokoh masyarakat, serta lembaga-lembaga di lingkungan Kelurahan Pondok Cabe Ilir, yang telah menerima berlangsungnya kegiatan KKL dan juga masyarakat Pondok Cabe Ilir,” kata Saepullah.

Sekretaris Kelurahan Pondok Cabe llir, Prihadiyanto menanggapi positif keberadaan mahasiswa KL IIQ di wilayahnya. “Meskipun KKL telah selesai, semoga tali silaturhim tetap terjaga,” ungkap Prihadiyanto.

Terbit di https://republika.co.id/berita/pwk9f6374/penutupan-kkl-iiq-diisi-haflah-metode-baghdadi, Pada Rabu 21 Aug 2019 07:30 WIB

 

Comment