No icon

Pelatihan Penulisan Jurnal Terindeks Sinta Dan Scopus Bagi Dosen PAI Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta

Pelatihan Penulisan Jurnal Terindeks Sinta Dan Scopus Bagi Dosen PAI Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta

Kamis, pada tanggal 21 November 2019 prodi PAI Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang bertema: Pelatihan Penulisan Jurnal Terindeks SINTA dan Scopus Bagi Dosen. Acara ini menghadirkan narasumber yaitu Bpk. Nida’ Fadlan selaku editorial jurnal Studia Islamika terindeks scopus.

Acara ini diperuntukan khusus bagi dosen supaya nantinya para dosen tak hanya memiliki motivasi untuk menulis, bahkan memahami baik prosedur maupun teknik penulisan jurnal terindeks SINTA dan Scopus sekaligus dapat menulisnya.

Acara ini berjalan dengan cukup marak karena tak hanya Kaporid PAI (Ibu Reksiana, MA.Pd dan Kaprodi PIAUD (Hasanah, M.Pd), dosen fakultas Tarbiyah yang hadir, namun dosen lintas fakultas pun turut hadir untuk mengikuti acara pelatihan ini.

Acara dimulai dengan kata sambutan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah yaitu Dr. Esi Hairani M. Pd dan dimoderatori lansung oleh Ibu Dr. Syahidah Rena M. Ed (dosen tetap Pascasarjana).

Dalam pembahasannya pemateri menyampaikan “Jika pada saat ini kewajiban dosen bukan hanya pada lingkup pada Tridarma Pendidikan Tinggi saja, kewajiban dosen pada saat ini bertambah lagi pada lingkup publikasi ilmiah”. Tegas oleh salah satu anggota PPIM (Pusat Pengkajian Islam dan Msayarakat) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Dari keterangan tersebut lebih rinci dijelaskan oleh narasumber. Jika kewajiban dosen setelah menulis adalah mempublikasikan tulisan tersebut, menurutnya hal ini menjadi sangat esensial karena kualitas dosen pada saat ini dilihat salah satunya dari publikasi ilmiah.

Banyak hal yang disampaikan oleh narasumber pada hari ini secara eksplisit mulai dari motivasi menulis, langkah-langkah atau prosedur menulis dan bagaimana updating informasi, artikel, jurnal di SINTA dan Scopus. Beliau juga menjelaskan bagaimana melihat jurnal-jurnal yang sudah terindeks SINTA dan bagaimana langkah-langkah merujuk jurnal tersebut. Kemudian, terkait jurnal terindeks Scopus, beliau juga memaparkan bahwa “Jika pada saat ini jurnal lokal (Indonesia) yang sudah terindeks Scopus hanya beberapa saja termasuk di antaranya Studia Islamika, Aljami’ah dan lain-lain. Pungkas oleh Editorial Studia Islamika tersebut.

Setelah pemaparan materi, berlanjut kepada diskusi interaktif antara para dosen dan narasumber. Terakhir, acara ditutup dengan penyerahan ucapan terima kasih oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd, disusul dengan doa oleh Bpk. Dr. Ahmad Dimyati Badruzzaman, MA dan foto bersama. (Rs)

 

Comment