No icon

Pelatihan Pembuatan Digital Learning Material Using Whiteboard Animation Fakultas Tarbiyah Institut

Pelatihan Pembuatan Digital Learning Material Using Whiteboard Animation Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta

Setelah melakukan kunjungan ke SEAMOLEC pada tanggal 24 September 2019. Fakultas Tarbiyah mengikuti pelatihan di SEAMOLEC dengan tema: “Pelatihan Pembuatan Digital Learning Material Using Whiteboard Animation”. Pelatihan ini dilaksanakan dalam tiga tahap dan pada setiap tahap memiliki koordinator masing-masing dari Fakultas Tarbiyah.

 

Tahap  Pertama, pada tanggal 2 dan 3 November dikoordinatori oleh Kaprodi PIAUD Ibu Hasanah, M.Pd dengan jumlah peserta 90 mahasiswa Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta. Tahap Kedua, pada tanggal 16 dan 17 November 2019 dengan jumlah peserta 60 mahasiswa yang dikoordinatori oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Ibu Esi Hairani, MA.Pd. Tahap Terakhir, atau Ketiga, pada tanggal 23 dan 24 November 2019 dengan koordinator Kaprodi PAI yaitu Ibu Reksiana, MA.Pd. dengan peserta 75 mahasiswa. Para peserta pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa Prodi PAIUD dari semester satu sampai akhir, dan Prodi PAI semester  III (tiga) dan V (lima).

Kegiatan pelatihan ini dilaksankan oleh Fakultas Tarbiyah mengingat pada saat ini Indonesia memasuki Era. 4.0 Era Digitalisasi termasuk dalam dunia pendidikan. Untuk  itu, hal ini menjadi sangat krusial guna membekali calon guru PAI dan PIAUD yang tak hanya memiliki empat kompetensi guru, bahkan memiliki kompetensi IT dan Literasi. Adapaun trainer dalam semua sesi kegiatan ini adalah dari pihak SEAMOLEC yaitu Bapak Agry Tiharapitra, Bapak Danang Purnomo, Bapak Milkul Musowwir Lubis dan Ibu Nia Kurniasih.

Sementara Materi yang  diajarkan sangat variatif dan komprehensif terkait  yaitu whiteboard animation seperti: Memperkenalkan Konsep Whiteboard Animation, Memperkenalkan Tahapan Pembuatan Media Ajar Berbasis Animasi Mulai dari Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi, Mengenal Tools Aplikasi Whiteboard Animation, dan Mengembangkan Bahan Ajar Digital Berbasis Whiteboard Animation Tematik sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

Semoga dengan mahasiswa mengikuti kegiatan pelatihan di SEAMOLEC ini nantinya mereka memiliki bekal untuk menjadi guru yang melek IT dan sesuai dengan perkembangan era pada saat ini yaitu Era 4.0 atau dikenal dengan Era Disrupsi (Disruption Era). (RS)

 

 

Comment