No icon

Warek III IIQ Jakarta Ikuti Kegiatan Pentashihan Mushaf 30 Juz Al-Quran

Warek III IIQ Jakarta Ikuti Kegiatan Pentashihan Mushaf 30 Juz Al-Quran

Warek III IIQ Jakarta Ibu DR. Hj. Ramlah Widyati, MA mengikuti kegiatan pentashihan Mushaf Al-Quran pada tanggal 26-28 November 2019 lalu.

Acara yang berlangsung di Bogor ini  diselenggarakan setiap bulan sekali. Kegiatan tashih yang diselenggarakan di luar kantor tersebut merupakan kegiatan tashih terakhir untuk tahun anggaran 2019.

Disampaikan oleh Ibu Ramlah, mushaf yang di tashih kali ini cukup banyak yang terdiri dari beberapa penerbit. Maka dari itu, setiap pentashih mendapat tugas mentashih sebanyak 30 juz. Pada kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Lajnah Pentashihan Al-Quran yaitu Bapak Dr. Muchlis M. Hanafi, MA.

Sebagaimana diketahui, proses tashih atau koreksi dilakukan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Kementerian Agama RI. Dalam proses pentashihan inilah seluruh kesalahan teknis lay-out, baik kesalahan yang fatal maupun kesalahan kecil, dikreksi dan diperbaiki. Proses pentashihan dilakukan dengan cara membaca naskah Al-Qur'an 30 Juz secara berulang-ulang oleh para pentashih yang hafiz Al-Qur'an.

Tashih ini bertujuan untuk memastikan bahwa Al-Quran yang dibaca oleh masyarakat Indonesia benar. Selain memastikan kesahihannya, mushaf yang beredar juga harus sesuai dengan kekhasan Indonesia yang sebagian masyarakatnya minim pengetahuan bahasa Arab. (FP)

 

 

Comment