No icon

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Adakan Review dan Sinkronisasi RPS

Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Adakan Review dan Sinkronisasi RPS

Selasa, 7 Januari 2020 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah menggelar acara “Review dan Sinkronisasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah” sebagai kegiatan rutinitas di tiap awal semester yang berlokasi di Aula IIQ Jakarta. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi serta melakukan penyesuaian muatan silabus mata kuliah yang akan dilaksanakan di semester genap ini. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Hj. Romlah Widayati, M.A. (Warek III Bid. Kemahasiswaan), Dr. H. Ulinnuha, Lc., M.A. (Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah) beserta jajarannya, Hj, Muzayyanah, M.A. (Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam), Dosen Tetap Fakultas Ushuluddin dan Dakwah serta para dosen yang memiliki kelebihan di bidang keal-Qur’anan.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan FUD yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian peserta menjadi dua komisi. Komisi A beranggotakan para dosen tetap prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir serta para dosen pengampu mata kuliah yang terkait dengan disiplin ilmu keal-Qur’anan, seperti Dra. Hj. Maria Ulfah, M.A., Dr. Hj, Umi Khusnul Khotimah, M.Ag, Dr. H. Ahmad Dimyati dan lain sebagainya. Pembahasan pada komisi A yang dipimpin oleh Dekan sendiri ini, secara khusus menelaah kembali beberapa mata kuliah yang terindikasi memiliki kesamaan muatan materinya dengan mata kuliah lainnya serta memberikan sentuhan diferensiatif agar memperjelas scope dan sequence mata kuliah tersebut. Sedangkan komisi B berjalan secara lancar dengan dipimpin oleh H. Haris Hakam, M.A. (Kaprodi KPI), yang diperuntukkan bagi para dosen tetap prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Bagi prodi KPI, hal ini merupakan hal yang penting karena memperjelas arah capaian pembelajaran prodi KPI yang akan didapatkan oleh para mahasiswa.

Kegiatan ini diakhiri dengan sidang pleno yang merupakan penetapan hasil diskusi dari kedua komisi yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dalam hal ini, Dekan berharap : “kegiatan semacam ini bisa terus dilaksanakan di setiap liburan semester menjelang perkuliahan dimulai. Hal ini dilakukan agar muatan materi yang terdapat pada seluruh mata kuliah menjadi materi yang selalu up to date serta tidak terjadi pengulangan materi di mata kuliah yang lain” ujarnya. (MN)


Comment