No icon

Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta Adakan Rapat Evaluasi Dosen, Pembahasan dan Sosialisasi Road Map Penel

Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta Adakan Rapat Evaluasi Dosen, Pembahasan dan Sosialisasi Road Map Penelitian

Kamis, 09 Januari 2020 fakultas tarbiyah melaksanakan program rutin per-semester yaitu rapat evaluasi dosen. Selain evaluasi dosen, kagiatan ini juga disertai dengan  pembahasan dan sosialisasi Road Map Penelitian.

Acara rapat ini dilaksanakan mengingat pada setiap semester perlu adanya evalausi, review Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan  penyamaan persepsi terkait Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Hal ini yang dijadikan pembahasan rapat pada kesempatan kali ini.

Selain membahas hal-hal tersebut di atas, fakultas tarbiyah juga melakukan pembahasan dan sosialisasi tentang Road Map penelitian dosen dan mahasiswa. Perlunya pembahasan dan sosialiasi ini dilakuakan agar penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa nanti mengarah dan mengacu pada Road Map tersebut dan tentunya selaras dengan visi misi fakultas tarbiyah.

Kegiatan rapat ini dihadiri oleh dekan fakultas tarbiyah Ibu Dr. Esi hairani, M.Pd, para dosen tetap, dosen lintas fakultas, Kaprodi PAI Ibu Reksiana, MA.Pd, Kaprodi PIAUD Ibu Hasanah, M.Pd.  Turut hadir warek III bidang kemahasiswaan yaitu Ibu Dr. Romlah Widayati, MA. Kegiatan rapat ini juga lansung dipimpin oleh dekan fakultas tarbiyah Ibu Dr. Esi Hairani, M.Pd

Acara ini dimulai dengan evaluasi kegiatan pembelajaran di semester ganjil 2019/2020. Pada tahap ini setiap dosen diminta untuk menyatakan bagaimana proses pembelajaran, problem selama satu semester dan bagaimana nanti solusinya dalam kegiatan belajar-mengajar yang akan datang. Dengan adanya evaluasi pembelajaran ini, pada akhirnya akan berimbas pada perbaikan RPS yang harus mengacu pada capaian pembelajaran berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS). Ini sebagai tuntutan kurikulum KKNI pada saat ini yang sedang diterapkan dan sudah beberapa kali revisi oleh pemerintah.

Banyak hal yang dibahas selain evaluasi, termasuk pembahasan terkait Tridarma Pendidikan Tinggi. Dekan fakultas tarbiyah  dan para kaprodi (PAI dan PIAUD) menyampaikan dan mengimbau para dosen untuk menghasilkan output Tridarma Pendidikan Tinggi yaitu karya ilmiah berupa jurnal, buku  yang nantinya bisa menjadi point untuk keperluan akreditasi dan untuk keperluan kepangkatan dosen sendiri.

Acara berjalan dengan lancar dan marak, lantaran pada rapat ini selain diskusi, dosen juga dipersilahkan untuk menikmati snack dan santap siang. Terakhir acara ditutup dengan foto bersama dan  do’a oleh Ibu Dr. Romlah Widayati, MA. (Rs)

 

 

Comment