No icon

International Program Of Tarbiyah Faculty IIQ Jakarta At Malaysia, Singapore And Thailand

International Program Of Tarbiyah Faculty IIQ Jakarta At Malaysia, Singapore And Thailand

Sabtu, 11 Januari 2020 Fakultas Tarbiyah merealisasikan kegiatan program internasional yang bertema: “Program Academic Study, Short Course, Presentation, an Publication”. Realisasi kegiatan ini pada tiga negara yaitu: Malaysia, Singapore dan Thailand. Sebelum mahasiswa melakukan kegiatan tersebut mahasiswa terlebih dahulu diberikan pembekalan dan diantar ke bandara Sekarno Hatta oleh dekan fakultas tarbiyah yaitu Ibu Esi Hairani, M.Pd dan Kaprodi PAI yaitu Ibu Reksiana, MA.Pd.

Kegiatan Fakultas Tarbiayah ini diselenggarakan atas kerja sama fakultas dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (Dema-FT). Dema-FT merupakan mediator yang mewadahi aspirasi dan kegiatan ini. Kegiatan ini diikuti oleh 31 peserta yang berasal dari program studi PAI Fakultas Tarbiyah IIQ Jakarta. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal, 11 - 17 Januari 2020.

Selama melakukan kunjungan ketiga negara tersebut, mahasiswa melaksanakan beberapa kegiatan sesuai dengan tema yang diusung yaitu ”Program Academic Study, Short Course, Presentation, an Publication”. Kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah Program Academic Study di negara Malaysia. Di negara ini para mahasiswa di sambut oleh dekan fakultas pendidikan Universitas Malaya. Kemudian mahasiswa diberikan ke sempatan untuk presentasi tentang kampus, program IIQ dan Program fakultas tarbiyah serta sesi tanya jawab. Setelah itu, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan Academic Study, Short Course di Internasional Islamic University of Malaysia, di sini para mahasiswa disambut oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), mereka disambut dengan hangat oleh pelajar Indonesia yang di sana dan melakukan sharing informasi pengalaman belajar. Selanjutnya, kegiatan tersebut juga dilaksanakan di negara Singapore dan Thailand.

Kegiatan-kegaiatan ini direalisasikan pada tiga negara. Selain melaksanakan kegiatan tersebut di atas, mahasiswa juga melakukan kunjungan ke Percetakan Al-Qur’an  yang bernama Nasyrul Al-Qur’an di Malaysia. Kemudian ke KBRI Malaysia. Sementara di  Singapore, mereka juga melakukan kunjungan ke makam Habib Noh dan kunjungan ke mesjid terbesar di Singapora. Dan untuk negara Thailand mereka melakukan kunjungan ke makam Syaih Abdussamad Al-Palimbani.

Banyak hal  yang dapat dilakukan oleh mahasiswa fakultas tarbiyah dengan melaksanakan kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan”Program Academic Study, Short Course, Presentation, an Publication” ini para mahasiswa tak hanya mendapatkan keilmuan terkait ilmu-ilmu kependidikan, pun demikian, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman, dan pemahaman terkait budaya (culture) tentang tiga negara tersebut. (R.S)

 

Comment