No icon

Pengalaman Seru Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IIQ Jakarta Ketika Lakukan Kunjungan In

Pengalaman Seru Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IIQ Jakarta Ketika Lakukan Kunjungan International ke Tiga Negara

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IIQ Jakarta lakukan perjalanan International dengan tujuan tiga Negara tetangga yaitu Singapura, Malaysia, dan Thailand selama hampir sepekan lamanya pada tanggal 21-26 Januari 2020.

Kunjungan ini menjadi penting untuk dilakukan sebagai upaya memperluas wawasan mahasiswa tentang perkembangan dan kemajuan negara-negara tersebut untuk menjadi acuan menjadi SDM yang berkualitas, menambah referensi Studi Master dengan visit campus, dan melihat secara langsung perkebangan peradaban Islam di negara-negara tersebut.

Diikuti oleh 34 mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IIQ Jakarta, kegiatan ini diprakarsai oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah (Dema-FS) IIQ Jakarta dan didukung oleh Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IIQ Jakarta. Dema-FS menjalin hubungan kerjasama dengan PT. Mahabbah Travel yang menjadi media partner pada kunjungan International ini.

Singapura menjadi Negara pertama yang dijajaki. Disana mahasiswa mendapat pengalaman seru karena dapat melihat dan menganalisa perkembangan dan kemajuan teknologi di negara tersebut. Negara yang mempunyai icon patung berbadan ikan dan berkepala singa atau dikenal dengan sebutan patung Merlion ini memang sangat terkenal dengan kemajuan teknologinya yang kian mutakhir. Tidak hanya unggul di bidang teknologi, Singapura juga merupakan negara yang bersih, bebas dari asap, dan lalu lintasnya tertib. Mahasiswa juga berkesempatan berkunjung ke salah satu Masjid Terbesar di Singapura, yakni Masjid Sultan.

Selanjutnya beralih ke Negara dengan icon Menara Kembar Petronas yakni Malaysia. Pengalaman mahasiswa di sini berkesempatan mengunjungi dua Universitas besar dan tertua, yakni University of Malaya (UM) dan International Islamic University of Malaysia (IIUM).

Kedatangan mahasiswa IIQ Jakarta disambut oleh pihak kampus University of Malaya dari Akademi Pengajian Islam (Islamic Studies Academy). Para mahasiswa berkempatan mengikuti seminar singkat tentang pendidikan master, program exchange dan short courses serta prosedur menjalin MoU di Universitas tersebut.

Selanjutnya, di International University of Malaysia (IIUM) disambut oleh ketua PPI Malaysia dan PPI IIUM. Di sana juga para mahasiswa berkesempatan mengikuti diskusi singkat mengenai perkuliahan dan kehidupan mahasiswa Indonesia di Universistas berstaraf Internasional ini.

Dengan mengadakan kunjungan ke dua Universtas besar tersebut, diharapkan kedepannya IIQ Jakarta dapat menjalin kerjasama untuk memudahkan mahasiswa IIQ Jakarta khususnya Fakultas syariah dan Ekonomi Islam untuk melakukan studi di sana, baik dengan program exchange, short course, ataupun tingkat Master.

Selanjutnya pengalaman perjalanan di negara tujuan terakhir yaitu Thailand. Para mahasiswa berkunjung ke daerah Songkla tepatnya di Thailand bagian Selatan dimana banyak penduduk muslimnya dan dapat melihat secara langsung bagaimana perkembangan Islam di negara yang terkenal dengan gajah putihnya. Rangkaian kegiatan mahasiswa IIQ Jakarta di sana yaitu ziarah ke makam Syeikh Abdusshamad al-Palembangi, salah satu syeikh masyhur yang berasal dari Palembang Indonesia, dan lanjut ke Asean Night Market salah satu pasar modern yang cukup terkenal di Thailand.

Rangkaian kegiatan ini membawa pelajaran, pengetahuan dan pengalaman seru bagi mahasiswa. Dengan pembelajaran yang di dapat tentang perkembangan teknologi, ketertiban dan kebersihan lingkungan, toleransi, serta sistem pendidikan baru. Semoga dengan kunjungan ini mahasiswa IIQ Jakarta khususnya Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam bisa menjadi SDM yang berkualitas guna menjadi generasi Change Maker untuk Indonesia lebih maju.

Comment