No icon

Dekan Fakultas Tarbiyah Menjadi Narasumber di Universitas Malaya Malaysia

Dekan Fakultas Tarbiyah Menjadi Narasumber di Universitas Malaya Malaysia

Dekan Fakultas Ushuluddin IIQ Jakarta, Dr. Esi Hairani M.Pd., menjadi narasumber pada pertemuan ilmiah internasional di universitas Malaya, Malaysia (27/2). Pertemuan dalam format International Roundtable Discussion tersebut dilaksanakan di Aula Seminar Akademi Pendidikan Islam Universiti Malaya (APIUM), Malaysia. Pertemuan ilmiah internasional tersebut mengusung tema “The Development of Innovative Teaching Practice in Islamic Education”. Pembicara lain yang turut berkontribusi pada acara tersebut adalah Dr. Romlah Widayati, Dr. Muhammad Azizan Fitriana, dari pihak IIQ Jakarta, dan Dr. Ahmad bin Yusuf dari pihak APIUM.

Dalam pemaparan materinya berjudul “Kartu Stimulan Kosakata Al-Qur’an untuk Anak Usia Nol Tahun” Dr Esi Hairani, M.Ag menekankan pentingnya pengajaran tahfidz Al-Qur’an pada usia dini bahkan sejak masa kehamilan. Esi memperkenalkan metode permainan kartu kosakata Al-Qur’an. “Meskipun permainan, kartu stimulan ini membutuhkan komitmen yang tinggi dari para orang tua” paparnya. Konsistensi dan komitmen orang tua dalam mendidik buah hati sangat dibutuhkan dalam permainan kartu stimulan ini. “Tidak perlu lama-lama, cukup tiga kartu dalam lima menit namun harus kontinyu dan selalu diulang-ulang” lanjutnya. Selanjutnya Esi menjelaskan bukti Efektifitas permainan kartu tersebut. “Dua anak saya dengan usia paling tua 9 tahun saat ini sudah hafal 8 juz” katanya.

Sementara itu, pembicara dari Universiti Malaya Malaysia, Dr. Ahmad bin Yusuf, memaparkan sejarah pengembangan inovasi pengajaran dalam pendidikan Islam di Malaysia. Ahmad lebih banyak menguraikan inovasi dari aspek alat atau media pembelajaran. Kegiatan tersebut ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Dr. Abdul Halim Soleh, MM. (AF)

Comment