No icon

Antisipasi Penyusupan Laki-laki, Rektor IIQ Jakarta Larang Mahasiswi Bercadar

Antisipasi Penyusupan Laki-laki, Rektor IIQ Jakarta Larang Mahasiswi Bercadar

Jakarta, NU Online Rektor Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta Hj Huzaemah Tahido Yanggo meminta semua mahasiswinya untuk tidak menggunakan cadar. Menurutnya, kebijakan ini diambil untuk menghindari potensi penyamaran laki-laki di Kompleks Pesantren Takhassus Al-Qur’an IIQ Jakarta.

Demikian disampaikan Prof Khuzaimah pada peresmian tiga gedung baru asrama mahasiswi IIQ Jakarta di Kompleks Pesantren Takhassus Al-Qur’an, Jalan Moh Toha Nomor 31 Pamulang Timur, Tangerang Selatan, Kamis (5/3) pagi.

Prof Khuzaimah yang juga guru besar perbandingan hukum Islam ini mengatakan bahwa ia tetap menghargai perbedaan pandangan ulama terkait pemakaian cadar bagi muslimah. Hanya saja, kebijakan terkait larangan bercadar bagi mahasiswi IIQ Jakarta diambil untuk mencegah potensi penyusupan laki-laki di dalam kompleks pesantren.

“Kami tidak mengizinkan mahasiswi mengenakan cadar sebab dikhawatirkan ada pria yang menyamar di balik cadar untuk mengganggu mahasiswi yang tinggal di asrama,” kata Prof Khuzaimah.

Prof Khuzaimah yang juga alumnus Universitas Al-Azhar, Cairo, kembali mengulangi pernyataannya terkait perbedaan pendapat ulama perihal pemakaian cadar. Tetapi menurutnya, ada kepentingan lebih besar yang hendak dituju dari kebijakan pelarangan pemakaian cadar di lingkungan asrama IIQ Jakarta.

“Di sini mahasiswi dilarang bercadar. Bukan karena kami tidak menghargai khilafiyah, tapi dikhawatirkan ada lelaki yang menyamar di balik cadar itu dan mengusik mahasiswi di sini yang isinya perempuan semua,” kata Prof Khuzaimah.

Tampak hadir Wapres RI (2019-2024) KH Ma’ruf Amin, Ketua MPR RI (1999-2004) Akbar Tanjung, Menakertrans RI Hj Ida Fauziyah, Menteri Agama (2014-2019) H Lukman Hakim Saifuddin, Wakil Ketua MPR RI (2019-2024) Jazilul Fawaid, Walikota Tangsel Hj Airin Rachmi Diany, dan Forkomda.

Artikel ini telah terbit di Nu Online, https://www.nu.or.id/post/read/117508/antisipasi-penyusupan-laki-laki--rektor-iiq-jakarta-larang-mahasiswi-bercadar pada  Kamis 5 Maret 2020 16:45 WIB

 

Comment