No icon

Kajian Online Ramadan IIQ, Dr. Ramlah Widayati Bahas Perempuan yang Ditampilkan dalam Al-Quran

Kajian Online Ramadan IIQ, Dr. Ramlah Widayati Bahas Perempuan yang Ditampilkan dalam Al-Quran

Kajian Online Ramadan (KORMA) IIQ Jakarta pada Senin, 18 Mei 2020 menghadirkan Narasumber Ibu Dr. Hj. Ramlah Widayati, MA yang menjabat sebagai Wakil Rektor III IIQ Jakarta.

Dengan mengangkat tema Perempuan dalam Al-Quran, beliau mengawali kajiannya dengan mengupas tuntas kisah Maryam.

Dikatakan bahwa Maryam adalah seorang perempuan suci yang menjaga dirinya juga perempuan ahli ibadah. Ia dilahirkan sesuai cita-cita dan harapan orangtua. Dr. Ramlah juga mengisahkan seluk beluk keluarga Maryam yang merupakan keluarga terhormat pada masanya.

“Bagi ibu-ibu yang sedang pra-natal ini bisa belajar dari Siti Maryam” Ungkap beliau.

Selain itu beliau juga mengisahkan tentang Ummi Musa. Bahwa saat mengasuh, Ibu Musa memberikan doa-doa dan harapan agar kelak menjadi orang yang bermanfaat.

Selanjutnya, sosok putri Nabi Syuaib juga ditampilkan yang mana ia merupakan profil perempuan pekerja. Selain itu kisah Ratu Balqis diceritakan tentang kesuksesannya menjadi seorang pemimpin.

“Kisah perempuan dalam Al-Quran semoga dapat dijadikan sebagai bahan renungan untuk kita semua, dan dalam rangka mengambil pelajaran dari apa yang disampaikan Allah dalam FirmanNya.” Ungkap beliau.

Acara berlangsung selama 1 jam 30 menit melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara Live melalui akun Youtube dan facebook Institut Ilmu Al-Quran Jakarta.

Dalam situasi Ramadhan yang tidak seperti biasanya ini, IIQ Jakarta berupaya untuk tetap mengadakan aktivitas bernuansa positif.

Kajian Online Ramadhan pada pekan sebelumnya diisi oleh Rektor IIQ Jakarta Ibu Prof. Dr. Hj. Huzaemah Tahido Yanggo, MA dan Dan diisi juga oleh KH. Ahsin Sakho Muhammad yang memaparkan perihal “Musibah dalam Al-Quran” (FP)

Comment