No icon

Hj. Maria Ulfa: Tilawah Al-Quran Berpengaruh Besar, Dapat Tingkatkan Iman dan Mampu Luluhkan Hati

Hj. Maria Ulfa: Tilawah Al-Quran Berpengaruh Besar, Dapat Tingkatkan Iman dan Mampu Luluhkan Hati

Tokoh Legendaris Tilawah Al-Quran Indonesia Hj. Maria Ulfa yang juga Dosen Institut Ilmu Al-Quran Jakarta mengatakan bahwa membaca Al-Quran dengan suara merdu dapat meningkatkan iman dan taqwa serta dapat meluluhkan hati non-muslim agar memeluk Islam.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi Narasumber dalam Kajian Online Ramadan (KORMA) IIQ pada hari Selasa, 19 Mei 2020 dengan Tema “Sentuhan Dakwah Melalui Tilawah Al-Quran”.

Diantara contoh kisah yang diungkapnya yaitu pada zaman dahulu ketika Islamnya rombongan jin setelah mendengar lantunan ayat Al-Quran yang dibawa oleh Rasulullah. Juga kisah bagaimana Umar bin Khattab ‘luluh’ dengan bacaan Al-Quran yang dilantunkan adiknya.

Pada zaman kekinian, Ibu Maria Ulfa menceritakan salah seorang pejabat di Madura yang mendapat hidayah setelah mendengar tilawah Al-Quran.

Melalui kajian daring ini, beliau berbagi pengalaman tentang perjalanan dakwahnya dengan tilawah Al-Quran. Barokah Al-Quran, beliau telah melanglang buana ke berbagai Negara dan mendapati masyarakat luar negeri antusias dengan tilawah Al-Quran.

Wanita kelahiran 21 November 1955 juga mengungkap pentingnya kegiatan Musabaqah, “Nah adanya MTQ itu sangat penting ya, MTQ ini dapat diterima oleh semua kalangan” Ujar beliau.

Maria Ulfa adalah nama yang tidak bisa dipisahkan dari penjelasan suara dan tilawah Al-Quran. Beliau tokoh legendaris sekaligus model ideal bagi qari-qariah di Indonesia. Dalam berbagai festival Alquran, Kariernya sebagai qariah dan juri terus melebar di penjuru Indonesia bahkan bahkan ia diakui internasional sebagai salah satu qoriah terbaik dunia.

Dalam presentasinya, beliau memberi penjelasan detail tentang seluk beluk tilawah Al-Quran, jenis-jenis lagu dan karakteristiknya. Dan yang menarik, beliau sembari mencontohkan dengan suara merdu lagu Bayyati, Hijaz, Shaba, Rast, Jihara, Shika, Nahawand dan lain-lain

Acara ini mendapat tanggapan positif dari warganet. (FP)

 

Comment