No icon

PIAUD IIQ Jakarta Ikuti Rapat Akhir Tahunan Perkumpulan PIAUD Indonesia

PIAUD IIQ Jakarta Ikuti Rapat Akhir Tahunan Perkumpulan PIAUD Indonesia

PIAUD IIQ Jakarta ikuti Rapat Akhir Tahunan (RAT) Perkumpulan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPS PIAUD) Indonesia yang diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2020 via aplikasi zoom.

Asosiasi yang berkantor pusat di Yogjakarta ini merupakan perkumpulan tingkat nasional yang mewadahi aspirasi program studi dan dosen PIAUD di seluruh Indonesia yang berdiri sejak tahun 2016 silam.

Mengingat adanya wabah Covid-19 yang melanda Indonesia, acara Rapat Akhir Tahunan (RAT) yang semula dijadwalnya bulan April di Bandung akhirnya tertunda. Pada bulan Agustus 2020 ini dapat terealisasi meskipun melalui aplikasi zoom cloud meeting.

RAT ini dihadiri oleh 60 baik Kampus Negeri dan Swasta.PIAUD IIQ Jakarta sendiri mendelegasikan Kaprodi PIAUD IIQ yaitu Ibu Hasanah, M. Pd dan Ibu Nur Aini Zaida, M. Pd. yang merupakan dosen di IIQ.

Rangkaian acara pada hari pertama tanggal 3 Agustus, diisi dengan membahas laporan dan gambaran PPS PIAUD Indonesia. Hadir sebagai Narasumber yaitu Dr. Sigit Purnama, M.Pd yang menjabat sebagai ketua kepengurusan angkatan kedua yang dilantik tahun 2019 lalu. Beliau memaparkan tentang perubahan nama dari PPS PGRA menjadi PPS PIAUD Indonesia, perubahan AD/ART, perubahan struktur kepengurusan, rencana pembentukan pengurus wilayah.

Selanjutnya, pada tanggal 4 Agustus diisi dengan bahasan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Program Studi PIAUD. Dari keseluruhan SKS yang digunakan kampus, 60 SKSnya merupakan praktek lapangan, sisanya baru pembelajaran di kelas.

Selain itu disepakati juga Body of Knowledge (BoK) kurikulum PIAUD, yaitu Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak (Child Growth And Development), Hubungan Keluarga dan Komunitas/Masyarakat (Family and Communitu Relationship), Asesmen (Assesment), Lingkungan dan Kurikulum (Environment and Curriculum), Keselamatan, Kesehatan dan Nutrisi (Safety, Health and Nutrition), Profesionalisme dan Kepemimpinan (Profesionalism and Leadership), Administrasi dan Manajemen (Administration and Management) yang berbasis al-Qur’an, Hadits, Kearifan lokal dan Keindonesiaan.

Dari BoK ini diturunkan ke dalam materi pembelajaran. Pembahasan materi disepakati satu persatu hingga menemukan konsep kurikulum merdeka PIAUD yang pas untuk diterapkan di program studi PIAUD seluruh Indonesia.

Acara berjalan aktif karena peserta diberikan ruang dan waktu untuk memberikan pendapatnya masing-masing. Sukses selalu untuk PPS PIAUD Indonesia. (Nh)

 

Comment