No icon

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan IIQ Jakarta di Masa Pandemi Berjalan Khidmat

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan IIQ Jakarta di Masa Pandemi Berjalan Khidmat

Dunia saat ini sedang berhadapan dengan wabah virus Covid-19 yang menyebabkan banyak kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka terpaksa harus dilakukan dengan daring, salah satunya PBAK Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

PBAK merupakan singkatan dari Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan. Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta menjadikan PBAK sebagai tempat untuk memperkenalkan almamater dengan segala ruang lingkup dan segala permasalahannya kepada peserta sebagai penyesuaian diri dalam upaya mendukung terciptanya tujuan Pendidikan IIQ Jakarta.

PBAK tahun ini berjalan khidmat dan cukup mengesankan. Pasalnya PBAK pada tahun-tahun sebelumnya terbiasa di isi dengan keriuhan dan kekompakkan peserta dengan gema yel-yel, terpaksa harus dilaksanakan secara daring. Hal ini karena Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta tidak ingin menjadi klaster baru di tengah wabah virus Covid-19. Pelaksanaan PBAK ini dilaksanakan pada hari ini 10 September 2020 sampai 12 September 2020, di rumah masing-masing melalui aplikasi Zoom Meeting.

PBAK ini diikuti oleh para Mahasiswi Baru Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) Jakarta tahun ajaran 2020/2021 dan Mahasiswi lama yang belum mengikuti PBAK di tahun sebelumnya.

Tema yang diangkat dalam PBAK IIQ Jakarta tahun ini adalah “Membentuk Karakter Mahasiswa yang Kreatif, Produktif, dan Optimis Berdasarkan Nilai-Nilai Al-Qur’an di Era New Normal”.

Pada hari pertama acara berlangsung dengan baik dan tertib. Semua peserta antusias dalam menerima materi dan aktif dalam bertanya.

Pembukaan PBAK 2020 dibuka oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Huzaemah Tahido Yanggo, M.A. selanjutnya doa dibacakan oleh Bapak Dr. H. M. Dawud Arif Khan, M.Si. Ak., CPA.

Hari pertama PBAK terdiri dari 5 materi diantaranya:

Materi pertama tentang "Fiqh Kontemporer" yang disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Hj. Huzaemah Tahido Yanggo, MA.

Materi kedua tentang "Ke-IIQ-an" yang disampaikan oleh Dr. Hj. Romlah Widayati, M.Ag.

Materi ketiga tentang "Wawasan Kebangsaan" yang disampaikan oleh Dr. Hj. Nadjematul Faizah, S.H., M. Hum.

Materi keempat tentang "Wawasan Moderasi Beragama" yang disampaikan oleh Dr. H. Muhammad Ulinnuha Khusnan, MA.

Dan materi terakhir tentang "Organisasi IIQ Jakarta dan Administrasi Keuangan" yang disampaikan oleh Dr. H. M.Daud Arif Khan,SE.,M.Si., Ak.,CPA.

 

Comment